--> Skip to main content
Menu

Pengertian Loker Dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja ada istilah loker merupakan istilah yang sering di dengar, informasinya sering kali ditempel dimana-mana bahkan disebar luaskan melalui sosial media. Loker ini biasanya banyak di cari oleh mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Nah, apa yang dimaksud dengan loker? Bagi kamu yang belum tahu maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang apa itu loker mulai dari pengertiannya, cara pengisian loker hingga ciri-ciri loker palsu.

Pengertian Loker Dalam Dunia Kerja

Pengertian Loker

Loker adalah lowongan pekerjaan dimana dalam hal ini tempat kerja seperti perusahaan atau instansi sedang membutuhkan seseorang karyawan atau pekerja, penjaga dan lain-lain. Dapat juga didefinisikan bahwa lowongan kerja adalah posisi kosong yang belum terisi sehingga instansi atau perusahaan mencari seseorang untuk menempati posisi tersebut.

Lowongan kerja bisa ada, biasanya terjadi karena terjadi rotasi dalam dunia kerja, baik itu karena adanya suatu perubahan yang terjadi pada perusahaan maupun karena adanya ekspansi perusahaan. Di lain sisi, mungkin posisi telah diisi karena siapa pun yang memegangnya dapat dipromosikan dalam organisasi. Kemungkinan juga orang yang berhenti kerja itu untuk mengejar peluang kerja baru yang lebih baik, atau bisa juga memang sudah pensiun.

Pada saat sebuah perusahaan yang sedang berkembang, maka tidak ada keraguan untuk menarik staf baru dengan membuka loker. Misalnya sebuah bank yang sedang membuka kantor cabang baru di jogja maka memerlukan staf untuk dipekerjakan di sana sehingga akan membuka loker jogja. Dimana dalam hal ini setiap perekrutan pekerja memerlukan tingkat pengalaman tertentu. Sebagai contoh, posisi manajer, perusahaan akan memerlukan seorang dengan tingkat pendidikan tertentu dan pengalmaan kerja dengan lama waku tertentu.

Cara Pengisian Loker

Terdapat 2 cara yang dapat dilakukan dalam pengisian loker (lowongan kerja):

Internal

Pengisian loker secara internal merupakan proses pengisian loker dengan menggunakan tenaga kerja yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Pengisian loker secara internal ini dapat menjadi cara yang tepat dalam mengisi posisi pekerjaan dengan cepat. Terkadang perusahaan melakukan perekrutan internal itu untuk mengisi posisi dalam bisnisnya yang paling sesuai untuk memiliki pengetahuan dan pandangan orang dalam serta mendorong keinginan untuk maju dan loyalitas bagi karyawan. Dalam sebuah perusahaan, perekrutan secara internal menjadi aspek yang sangat penting karena bisa lebih menghemat waktu, uang dan sumberdaya apabila dibandingkan dengan cara pengisian loker secara eksternal.

Eksternal

Pengisian loker eksternal adalah proses pengisian loker dengan menggunakan tenaga kerja yang berasal dari luar lingkungan perusahaan. Setiap perusahaan memerlukan staf yang berasal dari lingkungan eksternal ketika di lingkungan internal (karyawan perusahaan) tidak ada yang cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Lingkungan eksternal perusahaan yang dimaksud yaitu bisa berupa agen tenaga kerja, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan maupun masyarakat umum. Pada saat perusahaan sedang memperluas bisnisnya dan meningkatkan kebutuhan tenaga kerja, maka outsourcing juga diperlukan.

Ciri-Ciri Info Loker Palsu

Terdapat beberapa ciri info loker palsu atau fiktif, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Menjanjikan gaji yang besar dan tidak masuk akal.
  • Biasanya terbuka untuk seluruh jurusan, padahal hanya untuk satu posisi.
  • Alamat perusahaan yang tidak jelas.
  • Lamarannya memiliki persyaratan yang terlalu “ringan”.
  • Menyuruh melakukan interview di luar kota.
  • Memiliki alamat email perusahaan yang tidak kredibel.
  • Meminta sejumlah uang baik itu secara langsung maupun via transfer untuk keperluan yang tidak masuk akal (contohnya untuk biaya pendaftaran, biaya admin, dan lain-lain).
  • Tidak mengadakan tes kerja.

Demikian penjelasan tentang pengertian loker dalam dunia kerja, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.