--> Skip to main content
Menu

Pengertian Doa Qunut Subuh, Bacaan Dan Tata Cara

Doa merupakan suatu permohonan dari seorang hamba yang ditujukan kepada Allah SWT. Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak doa yang sering kita panjatkan kepada Allah SWT misalnya Doa melihat sesuatu yang indah, doa keluar rumah, doa naik kendaran dan lain-lain. Bahkan doa sering kita panjatkan ketika sholat, misalnya doa qunut. Do’a qunut ini biasanya sering dibaca ketika sholat subuh. Lalu seperti apa doa qunut subuh? Bagaimana bacaannya dan bagaimana tata caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Doa Qunut Subuh

Pengertian Doa Qunut Subuh

Doa qunut pada dasarnya merupakan doa yang dibaca pada saat melaksanakan sholat, terutama ketika sholat subuh dan sholat witir pada akhir bulan ramadhan yang disunnahkan membaca doa qunut. Keberadaan doa qunut, selain sebagai pelengkap dalam sholat, juga bisa dianggap sebagai doa memohon ampunan, berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Bacaan doa qunut dalam sholat dibacakan sambil berdiri tegak dengan tangan menengadah. Meskipun sebagian besar masyarakat Indonesia saat sholat subuh membaca doa qunut sehingga seakan-akan hal yang wajib. Namun sebenarnya hukum membaca doa qunut adalah sunnah.

Menurut penjelasan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “qunut” berarti doa khusus yang biasa dibaca ketika posisi I’tidal pada rakaat terakhir ketika sholat, misalnya dalam sholat subuh. Selain itu do’a qunut ini juga bisa dibaca karena adanya suatu bahaya, musibah atau malapetaka yang sedang menimpa masyarakat.

Bacaan Doa Qunut Subuh

Setelah mengerti tentang pengertian doa qunut subuh, maka selanjutnya adalah tentang bacaan doa qunut yang dibaca ketika sholat subuh. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut ini:

Doa Qunut Subuh

Latinnya:

Allaahum-mah-dinii fii-man hadait, wa-‘aafinii fii-man ‘aafait, wa tawallanii fiman tawal-lait, wa baariklii fii-maa a’thait, wa qini syar-ra maa qa-dhait, fainnaka taq-dhii wa-laa yuqdhaa ‘a-laik, wa-innahuu laa yadzillu man-waa-lait, wa laa ya-‘izzu man ‘aa-dait, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait, falakal-ham-du ‘alaa maa qadhait, astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallal-laahu ‘alaa sayyidinaa muhammadi-nin-nabiyyil-ummiyyi wa-‘alaa ahlihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagai mana orang yang telah engkau beri petunjuk, berilah kami akan kesehatan sebagai mana orang yang telah engkau beri kesehatan, berilah kekuasaan pada kami sebagai mana orang yang telah engkau beri kekuasaan, berilah berkah pada barang yang telah engkau berikan kepada kami, jagalah kami dari keburukan barang yang telah engkau pastikan, sesungguhnya engkau dzat yang menetapkan dan tiada seorangpun yang menetapkan engkau, sesungguhnya tidak ada kehinaan bagi orang yang engkau beri kekuasaan, dan tidak akan mulia orang yang engkau musuhi, maha berkah engkau dan maha luhur engkau, bagi engkau segala puji atas barang yang telah engkau pastikan, aku memohon ampunan dan taubat kepada engkau, semoga Allah member berkah dan keselamatan kepada Nabi Muhammad yang ummi serta kepada segenap keluarga dan sahabatanya.

Tata Cara Doa Qunut

Tata cara membaca doa qunut yaitu sebagai berikut:

1. Mengangkat Kedua Tangan

Tata cara yang dilakukan ketika membaca doa qunut saat sholat dianjurkan untuk mengangkat kedua tangan.

2. Tidak Disunnahkan Mengusap Wajah

Setelah doa qunut selesai dibaca, baik itu imam, makmum maupun munfarid tidak dianjurkan mengusap wajah dengan kedua tangan. Jadi setelah baca doa qunut langsung turun untuk sujud.

3. Disyariatkan Membalikkan Telapak Tangan

Ketika membaca doa qunut ada tambahan doa untuk menolak bala, maka ketika membaca doa tolak bala tersebut disyariatkan membalikkan telapak tangan. Sementara apabila hendak meminta atau memohon suatu permintaan kepada Allah SWT, maka yang benar adalah mengangkat tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Demikian penjelasan tentang pengertian doa qunut subuh, bacaan dan tata caranya semoga dapat bermanfaat.