--> Skip to main content
Menu

Pengertian Genset, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Harga Genset dapat diketahui dengan bertanya secara langsung kepada penjualnya, atau lebih mudahnya bisa juga mencari informasinya secara online di internet misal dengan mengakses situs distributor genset hartech.co.id. Mengetahui harga genset ini sangat penting bagi yang mereka yang memang membutuhkan genset terutama bagi pemilik industri yang kesehariannya bergantung pada pasokan listrik. Berbicara tentang genset, lalu seperti apa sih genset itu? Apa saja manfaat genset? Dan apa saja jenis-jenis genset? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Genset

Pengertian Genset

Genset merupakan singkatan dari generator set. Genset adalah sebuah perangkat atau mesin yang terdiri atas generator atau pembangkit listrik dengan mesin penggerak yang dirangkai menjadi satu kesatuan untuk dapat menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu. Biasanya mesin yang digunakan untuk pembangkit kerja pada sebuah genset dapat berupa motor yang melakukan pembakaran secara internal, atau mesin disel yang bekerja menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Jadi secara singkatnya genset adalah alat penghasil listrik, prinsip kerjanya yaitu mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik.

Manfaat Genset

Kehadiran genset tentu dapat memberikan berbagai manfaat. Adapun beberapa manfaat dari genset diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Daya Listrik Cadangan

Jika di kawasan tertentu sering mengalami pemadaman listrik, maka kehadiran genset bisa menjadi sumber daya listrik cadangan. Dengan menggunakan genset, maka berbagai aktivitas yang menggunakan listrik bisa tetap berjalan normal meskipun sedang ada pemadaman listrik secara berkala. Tentunya ini sangat penting saat sedang mengadakan suatu acara, tetapi pasokan listrik untuk menjalankan berbagai peralatan kurang memadai, maka bisa dibantu dengan genset.

2. Sumber Daya Listrik Darurat

Genset bisa menjadi sumber daya listrik darurat agar peralatan tetap bisa tetap digunakan meskipun dalam kondisi darurat. Misalnya di rumah sakit, tanpa adanya genset maka rumah sakit tidak akan bisa beroperasi dalam kondisi yang darurat dan itu bisa membahayakan pasien.

3. Mencegah terjadinya Kerusakan Alat Elektronik

Bebeberapa peralatan elektronik seperti kulkas dan cooler box dapat mengalami kerusakan jika daya listrik yang digunakan sering terputus. Untuk mencegah hal itu, maka bisa menggunakan genset yang mempunyai delay waktu yang rendah untuk memastikan alat elektronik tidak kehilangan daya listrik ketika ada pemadaman listrik.

4. Listrik untuk Berbagai Keperluan Rekreasi

Genset bisa digunakan untuk berbagai keperluan rekreasi. Misalnya saat sedang kemping, menggunakan genset portable dapat memberikan daya listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu, hingga melakukan pengisian ulang baterai yang digunakan untuk perangkat elektronik.

Jenis Jenis Genset

Berdasarkan cara kerjanya genset terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis genset diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Genset Bahan Bakar Bensin

Jenis genset bahan bakar utama bensin ini mempunyai kapasitas 1000 watt. Umumnya jenis genset ini digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah dan bisnis.

2. Genset Bahan Bakar Diesel

Genset disel umumnya bisa menghasilkan energi 5000 watt. Jenis genset bahan bakar disel merupakan jenis genset yang banyak dijual dipasaran karena sangat banyak peminatnya. Mungkin karena harganya yang cukup bisa dijangkau dan menghasilkan energi yang cukup untuk berbagai kebutuhan.

Harga Genset 5000 Watt bisa anda ketahui dari distributor genset seperti hartech.co.id. Genset berdaya 5000 watt ini bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik beberapa rumah. Begitu pula untuk sebuah kantor, daya tersebut masih dapat dimanfaatkan supaya aktifitas pekerjaan kantor masih bisa berjalan lancar.

Genset Bahan Bakar Gas

Genset jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar gas seperti Liquid Petroleum Gas (LPG), Compressed Natural Gas (CNG), dan lain-lain. Sebenarnya jenis genset ini tidak umum dipasaran, karena harganya yang lebih cenderung mahal, tetapi memiliki kualitas yang lebih baik.

Genset Portable

Sesuai dengan namanya, genset ini mengusung nilai kepraktisan karena mudah untuk dibawa kemana-mana. Genset ini memiliki ukuran yang minimalis dengan bobot yang ringan. Biasanya genset ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan outdor seperti piknik, kemping atau stand makanan.

Genset Turbin

Genset jenis turbin mempunyai kapasitas besar hingga 2 juta watt, genset jenis ini dapat digunakan untuk kebutuhan rumah sakit, instansi pemerintahan, gedung perkantoran dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Demikian penjelasan tentang pengertian genset, manfaat dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.