--> Skip to main content
Menu

Pengertian Data Engineer dan Tugasnya

Di era Teknologi digital seperti sekarang ini, penggunaan data sudah menjadi hal yang sangat penting. Mulai dari penggunaan data untuk pengambilan suatu keputusan hingga penggunaan data untuk diolah menjadi suatu inovasi atau solusi terbaru. Akan tetapi penggunaan data dengan baik, tentu tidak lepas dari peran penting seorang data engineer. Nah, apa si data engineer itu? Bagi kamu yang belum tahu berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian data engineer dan tugasnya.

Pengertian Data Engineer

Pengertian Data Engineer

Data engineer adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola, memproses maupun menyimpan data dalam jumlah yang besar. Keberadaan data engineer dalam dunia bisnis sangat diperlukan karena mereka dapat membantu suatu perusahaan dalam membangun maupun menjaga infrastruktur data agar lebih terorganisir dan efisien.

Dapat dikatakan bahwa data engineer merupakan seorang software engineer yang memiliki peran utama untuk menyiapkan data yang dikoleksi dari berbagai macam sumber informasi dengan membangun sistem atau infrastruktur data supaya data tersebut bisa dengan mudah dianalisa dan bisa digunakan untuk mendukung kebutuhan suatu perusahaan.

Tugas Data Engineer

Tugas utama sebagai seorang data engineer adalah memastikan bahwa data dalam suatu perusahaan dapat terkelola dan terorganisir dengan baik. Adapun penjelasan lebih lengkap tentang beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang data engineer diantaranya yaitu sebagai berikut:

Mengelola dan memproses data

Seorang data engineer memiliki tanggung jawab yang besar untuk menggelola dan memproses data, termasuk membangun, memelihara pipeline data dan menyimpan data ke dalam sebuah sistem yang tepat. Selain itu, seorang data engineer juga harus dapat memastikan bahwa data bisa terstruktur dengan baik sehingga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis.

Membangun dan memelihara infrastruktur data

Seorang data engineer harus mampu membangun maupun memelihara infrastruktur data yang diperlukan oleh perusahaan, misalnya database, sistem penyimpanan data, maupun server. Selain itu mereka juga harus dapat memastikan infrastruktur data bisa menangani jumlah data yang besar dan membuat kinerja sistem menjadi lebih optimal.

Mengembangkan dan mengimplementasi solusi data

Seorang data engineer harus dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan bisnis kemudian mengembangkannya menjadi solusi data yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu mengimplementasikan solusi tersebut secara baik dan memastikan solusi tersebut dapat berfungsi dengan benar.

Berkolaborasi dengan tim data scientist

Seorang data engineer dan data scientist harus dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa data bisa dipakai untuk keperluan analisis maupun keperluan bisnis yang lain. Data engineer harus dapat memastikan bahwa data yang tersedia bisa mudah diakses oleh data scientist dan dapat membantu mereka dalam membuat model analisis.

Menjaga sistem keamanan data dengan baik

Seorang data engineer juga memiliki tanggung jawab yang besar tentang keamanan data. Data engineer harus dapat memastikan bahwa data perusahaan dapat terlindungi dengan baik dan aman dari berbagai ancaman tindak pencurian data atau hacking. Selain itu mereka juga harus memastikan bahwa pada infrastruktur data telah diterapkan sistem keamanan yang tepat.

Demikian penjelasan tentang pengertian data engineer dan tugasnya yang telah kami rangkum dari situs pusdiklatkemnaker.com. Dimana dalam hal ini keberadaan data engineer sangat penting dalam sebuah perusahaan karena mereka dapat membantu membangun dan menjaga infrastruktur data agar lebih terorganisir dan bisa lebih efisien. Dengan begitu maka data bisa dimanfaatkan dengan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis.