--> Skip to main content
Menu

Apa Itu GERD dan Cara Pengobatan Yang Alami Dan Efektif

Anxiety atau kecemasan bukan sekedar masalah perasaan belaka. Ternyata kegelisahan yang dialami oleh seseorang juga dapat berdampak pada kesehatan tubuhnya. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan GERD. Nah, apa itu GERD, apa saja gejala-gelalanya dan bagaimana cara mengobati GERD secara alami yang efektif? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu GERD dan Cara Pengobatan Yang Alami Dan Efektif

Mengenal Tentang Apa Itu GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi dimana refluks asam lambung terjadi yang menyebabkan beberapa gejala seperti kesulitan menelan, rasa terbakar di tenggorokan dan mulas. Jika refluks asam lambung hanya terjadi sekali merupakan hal umun. Namun dalam kasus GERD, refluks asam lambung sering terjadi sehingga dapat mengiritasi lapisannya dan terkadang bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

Gaya hidup tertentu yang dilakukan oleh seseorang bisa juga memperburuk refluks asam lambung, misalnya kebiasaan makan yang buruk, seperti makan dengan porsi yang berlebihan, setelah makan berbaring, sering makan makanan yang berlemak atau gorengan. Selain itu, stres yang erat kaitannya dengan Anxiety atau kecemasan juga dapat memperburuk refluks asam. Kecemasan atau anxiety merupakan respons alami tubuh terhadap stress. Meskipun GERD dan anxiety merupakan 2 kondisi yang berlainan, namun para peneliti mempercayai bahwa keduanya merupakan hal saling berkaitan. Sehingga, GERD yang dipicu oleh anxiety disebut sebagai GERD anxiety. Lalu bagaimana cara mengobati GERD anxiety? Sebelum itu terlebih dahulu perlu mengenali apa saja gejala-gejala GERD anxiety.

Gejala GERD Anxiety

Secara umum Gejala GERD anxiety yaitu terjadi masalah pencernaan seperti mual, heartburn, dan rasa sakit di perut. Selain itu penderita juga bisa merasakan sensasi globus yakni perasaan seperti terdapat benjolan di tenggorokan atau sesasi tercekik atau sesak, akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit. Biasanya, seseorang yang mengalami sensasi globus akan mengalami suara serak dan batuk kronis.

Jika tidak segera dilakukan cara mengobati GERD dengan cepat maka penderita GERD anxiety akan bisa mengalami masalah sulit tidur (insomnia). Hal tersebut dikarenakan refluks asam lambung dapat memburuk ketika berbaring, sehingga dapat membuat penderitanya sering terbangun. Selain itu anxiety juga dapat mempengaruhi pola tidur penderitanya.

Cara Mengobati GERD Secara Alami

GERD dapat terjadi karena kebiasaan buruk seperti makan dengan porsi berlebihan, setelah makan berbaring, sering makan makanan yang berlemak hingga Anxiety atau kecemasan. Adapun beberapa cara alami yang merupakan cara mengobati GERD di rumah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Makan makanan yang sehat.
  • Makan Teratur Dalam Porsi yang Tidak Banyak.
  • Hindari makanan yang bisa memicu refluks asam lambung seperti makanan pedas.
  • Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol.
  • Melakukan olahraga secara teratur, misalnya berjalan-jalan.
  • Melakukan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan (Anxiety), seperti melakukan yoga, meditasi, atau tai chi.

Selain beberapa tindakan diatas yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati GERD alami, anda juga perlu menyediakan obat dan nutrisi untuk mengatasi GERD.

  • Menyediakan obat yang mengandung antasida sebagai pereda sakit GERD
  • Obat yang mengandung antasida dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat GERD. Obat yang mengandung antasida bisa dalam bentuk tablet, kunyah ataupun cairan suspense. Anda dapat memilih sesuai kebiasaan anda ketika mengkonsumsi obat. Sebaiknya sediakan obat untuk berjaga-jaga sebelum penyakit GERD datang.

  • Mengkonsumsi Nutriflakes
  • Nutriflakes bukanlah obat tetapi sereal umbi garut yang banyak mengandung nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi Sereal umbi garut Nutriflakes. Beberapa manfaatnya yaitu dapat menguatkan dan melancarkan pencernaan, menurunkan asam lambung atau GERD, meredakan gejala maag kronis, dan mencegah Obesitas.

Demikian penjelasan tentang Apa Itu GERD dan cara mengobati GERD asam lambung secara alami yang dapat anda terapkan untuk kehidupan sehari-hari anda. Untuk informasi lebih banyak tentang pentingnya menjaga kesehatan asam lambung anda bisa mengunjungi Official Instagram Nutriflakes.