--> Skip to main content
Menu

Apa itu Pipa HDPE: Pengertian dan Kegunaan

Penggunaan pipa plastik untuk pengaliran air memang telah menjadi hal yang umum. Dipilihnya pipa plastik sebagai pengaliran air karena tidak mempunyai bau menyengat yang bisa menempel pada air. Nah, jenis pipa plastik yang sering dipakai salah satunya yaitu Pipa HDPE. Karena Pipa HDPE sering digunakan maka tidak heran jika banyak orang yang mencari informasi tentang harga pipa HDPE. Lalu sebenarnya seperti apa itu Pipa HDPE? Berikut adalah penjelasannya.

Apa itu Pipa HDPE

Pengertian Pipa HDPE

Apa itu Pipa HDPE? Pipa HDPE atau High Density Polyethylene adalah pipa plastik yang dibuat dari bahan campuran minyak bumi. Pipa ini mempunyai ciri khas berwarna hitam pekat dengan 4 garis biru di sepanjang pipanya. Pipa HDPE bisa digunakan di segala kondisi tanah karena pipa HDPE bersifat elastis. Selain itu, pipa HDPE mudah untuk dibawa kemana-mana karena bobotnya yang ringan. Ditambah lagi bahannya yang sangat awet sehingga bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Jika dibanding dengan pipa yang lain, pipa HDPE ini bisa dibilang lebih bagus karena sistem penyambungannya yang sangat kompleks dengan menggunakan alat khusus yaitu butt fusion. Dengan demikian sambungan antar pipa tidak akan mudah lepas meskipun pipa terkena guncangan, berada di tempat yang bersuhu tinggi maupun rendah.

Kegunaan Pipa HDPE

Karena keunggulannya, maka pipa HDPE ini telah digunakan untuk berbagai macam hal. Sedikitnya ada 5 contoh kegunaan pipa HDPE yang dapat diterapkan dan bisa dibilang sangat efektif. Adapun kegunaannya yaitu sebagai berikut ini:

1. Untuk kebutuhan pengaliran air

Untuk kebutuhan pengaliran air, pipa HDPE sudah sering kali digunakan baik untuk jarak dekat maupun untuk jarak jauh. Hal tersebut sesuai dengan sifat pipa HDPE yang sangat awet sehingga pengaliran dapat dipastikan aman untuk jangka waktu yang sangat lama. Tidak hanya itu saja, bahan pembuatan pipa HDPE yang memang dari plastik tidak akan mencemari air yang mengalir di pipa. Lain halnya apabila menggunakan pipa besi tentu bisa berkarat dan bisa membuat air tercemari.

2. Sebagai pembungkus kabel

Tidak hanya untuk kebutuhan pangaliran air saja, pipa HDPE juga dapat digunakan untuk membungkus kabel karena bersifat awet dan tidak gampang rusak. Biasanya perusahaan-perusahaan besar menggunakan pipa HDPE untuk membungkus kabel, misalnya sebagai pelindung saluran pengaman pada kabel optik.

3. Untuk saluran gas bertekanan tinggi

Pipa HDPE dapat digunakan untuk penyaluran gas yang bertekanan tinggi. Ada perbedaan dengan pipa untuk menyalurkan air dilihat dari segi jenis warna maupun teknologi untuk penyambungannya. Biasanya warna yang digunakan untuk gas itu berwarna kuning agar lebih mencolok sehingga lebih mudah dalam memberi peringatan kepada orang yang melintasinya bahwa terdapat pipa gas. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya gas bocor, pipa gas tidak disambung menggunakan teknik butt fusion. Akan tetapi penyambungannya menggunakan metode electric fusion yang membutuhkan mesin khusus.

4. Sebagai Solusi perpipaan di daerah yang rawan bencana

Dikarenakan mempunyai sistem penyambungan yang kompleks dan kecil kemungkinan pipa terlepas, maka jenis pipa HDPE ini sangat cocok digunakan di daerah yang mempunyai kontur tanah tidak stabil dan rawan terkena bencana alam, seperti di daerah pegunungan yang rawan mengalami longsor maupun di daerah yang rawan terjadi banjir.

Demikian penjelasan tentang Apa itu Pipa HDPE dari Pengertian dan Kegunaannya, semoga penjelasan yang telah kami bagikan di atas dapat bermanfaat.