--> Skip to main content
Menu

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas: Manfaat dan Cara Klaim

Kecelakaan lalu lintas sudah sering terjadi yang menimbulkan kerugian hingga korban jiwa. Kejadian ini tidak bisa diprediksi akan terjadi pada siapa dan kapan terjadinya. Oleh sebab itu, penting untuk setiap orang memiliki asuransi kecelakaan lalu lintas untuk berjaga-jaga.

Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Apalagi dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi dibanding kecelakaan di tempat lain. Dengan memiliki asuransi khusus kecelakaan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan atau manfaat seperti berikut.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Bagi Anda yang belum tahu, asuransi kecelakaan lalu lintas adalah jenis asuransi khusus yang dirancang untuk pengguna jalan, baik itu pengendara, pejalan kaki, dan orang-orang yang berada di sekitar jalan besar yang berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas.

Jenis asuransi ini juga menjadi perlindungan bagi pengguna angkutan umum, mulai dari angkutan darat, laut hingga udara. Asuransi sosial kecelakaan lalu lintas memberikan beberapa perlindungan seperti berikut.

1. Biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit

Salah satu manfaat memiliki asuransi kecelakaan adalah penggantian biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit. Biasanya ini diberikan pada tertanggung yang mengalami luka ringan hingga berat sehingga membutuhkan penanganan medis.

Asuransi dapat memberikan uang pertanggungan untuk sebagian maupun keseluruhan biaya rumah sakit. Dengan uang pertanggungan tersebut, dapat meringankan kondisi finansial saat mengalami kecelakaan.

2. Perlindungan terhadap keluarga jika terjadi risiko pada tertanggung

Kecelakaan lalu lintas bukan hanya berpengaruh pada korban tetapi juga keluarga. Risiko kehilangan sumber pendapatan karena kecelakaan yang mengakibatkan seseorang tidak bisa bekerja atau yang lebih fatal sampai meninggal dunia.

Kecelakaan yang terjadi dapat mempengaruhi kondisi finansial keluarga yang ditinggalkan. Jika Anda memiliki asuransi ini, penghasilan tertanggung yang terdampak karena kecelakaan akan digantikan dengan pertanggungan dari asuransi.

Uang pertanggungan untuk kecelakaan lalu lintas bisa dalam bentuk santunan cacat, meninggal dunia, atau bahkan tunjangan atas penghasilan yang terhenti. Santunan yang diberikan dapat sekaligus atau bertahap sesuai dengan kesepakatan.

3. Jaminan hari tua

Asuransi ini menawarkan manfaat jangka panjang sebagai jaminan hari tua. Dengan memiliki asuransi, Anda memiliki simpanan yang dapat melindungi kondisi finansial di masa depan. Apabila risiko-risiko terjadi di kemudian hari, Anda sudah lebih terjamin secara finansial.

Asuransi dapat memberikan jaminan untuk biaya rumah sakit, santunan cacat, hingga santunan meninggal dunia dan biaya pemakaman. Anda pun akan lebih mudah mengatur rencana keuangan untuk masa depan.

Jaminan finansial yang ditawarkan juga memberikan kenyamanan untuk hari tua yang lebih baik. Keuangan keluarga tidak akan terlalu terbebani jika risiko kecelakaan terjadi di kemudian hari. Anda tetap bisa melindungi keuangan keluarga dan menjaga rencana masa depan dengan baik.

Cara Klaim Asuransi

Beberapa syarat harus dipenuhi agar proses klaim asuransi lancar. Berikut syarat-syaratnya.

  1. Kecelakaan terjadi tiba-tiba (tidak bisa diprediksi)
  2. Kecelakaan bukan disengaja
  3. Kecelakaan tidak disertai kekerasan
  4. Penyebab kecelakaan harus jelas
  5. Kecelakaan menyebabkan luka fisik

Adapun mengenai prosedur klaim asuransi dapat menyesuaikan ketentuan perusahaan asuransi. Namun, secara umum prosedur klaim asuransi kecelakaan lalu lintas terdiri dari beberapa langkah berikut.

  1. Mengisi formulir klaim dengan benar dan lengkap
  2. Melampirkan surat keterangan dokter terkait perawatan yang dilakukan di rumah sakit
  3. Melampirkan salinan polis asuransi
  4. Menyertakan salinan kartu identitas (KTP)
  5. Melampirkan dokumen tambahan yang diminta oleh penanggung (perusahaan asuransi)

Klaim asuransi yang Anda ajukan selanjutnya akan diproses oleh perusahaan asuransi untuk menentukan ahli waris dan jenis santunan yang akan diberikan. Perusahaan akan melihat kondisi tertanggung yang mengalami kecelakaan untuk menentukan jenis santunan.

Kemudian, ditentukan berapa nilai santunan yang diberikan sesuai dengan risiko kecelakaan yang dialami. Proses pencairan santunan asuransi akan dilakukan jika semua syarat dan dokumen terpenuhi.

Pemberian santunan bisa berupa santunan tunai atau ganti rugi (cashless). Santunan tunai biasanya dikirim ke rekening korban kecelakaan atau tertanggung. Sedangkan ganti rugi secara cashless diberikan untuk biaya perawatan rumah sakit sesuai dengan kuitansi biaya perawatan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Kecelakaan

Di Indonesia, kecelakaan yang menyebabkan korban luka maupun korban jiwa akan mendapatkan santunan dari asuransi. Anda juga bisa membeli asuransi sendiri untuk proteksi terhadap risiko kecelakaan.

Anda bisa cek produk asuransi dari Garda Oto untuk proteksi kecelakaan diri dan lalu lintas. Asuransi Garda Me bisa menjadi pilihan bagi perlindungan diri dan keluarga dengan berbagai manfaat. Mulai dari santunan perawatan rumah sakit, santunan cacat tetap dan meninggal dunia, santunan pemakaman hingga tunjangan kehilangan pendapatan.

Itulah beberapa manfaat memiliki asuransi kecelakaan lalu lintas dan cara klaim asuransi yang perlu diketahui. Penting untuk setidaknya memiliki satu asuransi khusus kecelakaan untuk melindungi diri dari berbagai jenis risiko yang bisa terjadi kapan saja.