--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pipa PVC, Fungsi, dan Kelebihannya

Pipa PVC telah menjadi salah satu produk yang banyak digunakan untuk berbagai hal terutama untuk saluran air. Karena banyak sekali penggunaan pipa PVC dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak heran jika banyak yang mencari Pipa PVC Murah dan berkualitas. Lalu seperti apa sih sebenarnya pipa PVC itu? Simak penjelasan selengkapnya tentang pengertian pipa PVC, fungsi, dan kelebihannya berikut ini.

Pengertian Pipa PVC

Pengertian Pipa PVC

Pipa PVC adalah jenis produk pipa termoplastik yang terbuat dari polymer PVC (Polyvinyl Chloride). Karena berbahan PVC, maka pipa ini memiliki sifat lentur, fleksibel, dan tidak mudah rusak. Pipa PVC dibanderol dengan harga yang murah dan pada saat proses pemasangannya mudah untuk dirangkai. Umumnya Pipa PVC yang dijual di Indonesia itu mempunyai standard: SNI, AW/D (standard pabrik) dan juga JIS. Jenis pipa PVC ini telah banyak digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia, karena memang mempunyai banyak fungsi.

Fungsi Pipa PVC

Dalam kehidupan sehari-hari pipa PVC mempunyai banyak fungsi. Adapun beberapa fungsi dari pipa PVC diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai pengaliran air dalam rumah tangga, supply untuk air bersih hingga sistem irigasi.
  • Sebagai saluran pembuangan air kotor atau selokan, pembuangan limbah, dan pembuangan air di jalan raya.
  • Sebagai material pelindung atau pembungkus kabel listrik yang ditanam di tanah atau di dinding.
  • Sebagai saluran untuk bahan kimia.

Kelebihan Pipa PVC

Terdapat beberapa kelebihan pipa PVC yang membuat pipa PVC ini banyak digunakan untuk berbagai hal. Adapun beberapa kelebihan dari pipa PVC ini diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Mudah untuk dipasang dan tidak membutuhkan peralatan khusus

Pipa PVC ini ringan, sehingga untuk melakukan pemasangan pipa PVC akan lebih mudah. Selain itu untuk proses penyambungan pipa PVC tidak membutuhkan peralatan khusus seperti las, cukup menggunakan lem PVC saja, penyambungan mudah dilakukan.

2. Tidak bisa berkarat dan mampu tahan terhadap bahan kimia

Karena pipa PVC terbuat dari bahan polymer plastik, maka tidak mungkin jika pipa PVC ini bisa berkarat. Dengan demikian aliran air bersih tidak akan khawatir tercemar oleh karat. Selain itu pipa PVC ini tahan terhadap bahan kimia sehingga aman jika digunakan untuk mengalirkan cairan kimia, misalnya aliran limbah.

3. Harga lebih murah dan waktu pemakaiannya yang panjang

Pipa PVC mempunyai harga yang lebih terjangkau sehingga pipa ini tersedia secara meluas untuk masyarakat . Selain itu pipa PVC ini mempunyai daya tahan yang kuat sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu panjang.

4. Kokoh dan tidak mudah pecah

Mengingat material ini terbuat dari bahan plastik, tentunya produk ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tidak mudah pecah atau rusak. Selain itu, pipa ini juga tahan terhadap serangan rayap maupun serangan serangga lainnya.

5. Memiliki permukaan yang licin

Pipa PVC mempunyai permukaan yang licin. Sehingga kecepatan alirannya bisa konstan, tidak menimbulkan endapan kotoran, tahanan alirannya kecil dan tidak mudah tergerus akibat adanya suatu partikel tertentu.

6. Tidak menghantarkan nyala api

Jika terjadi kejadian pipa PVC terbakar maka tidak akan meneruskan titik nyala apinya. Bahkan titik nyala api tersebut dapat padam dengan sendirinya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Pipa PVC, Fungsi, dan Kelebihannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan di blog temukan pengertian tersebut dapat bermanfaat.