--> Skip to main content
Menu

Apa itu Penerjemah Tersumpah - Fungsi dan Tips Memilihnya

Bagi kamu yang sekarang ini berkecimpung dalam dunia bisnis tentu akan membutuhkan yang namanya jasa penerjemah tersumpah. Apalagi jika bisnis tersebut akan dikenalkan secara luas ke kacah Internasional. Hal ini tentunya akan mengharuskanmu untuk mengenalkan bisnis tersebut dengan memakai bahasa Internasional. Supaya pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah maka kamu dapat memanfaatkan jasa penerjemah tersumpah seperti penerjemah tersumpah jakarta.

Apa itu Penerjemah Tersumpah

Apa itu Penerjemah Tersumpah

Sebelum kamu akan menggunakan jasa penerjemah tersumpah ada baiknya kamu mengetahui apa itu penerjemah tersumpah. Penerjemah tersumpah merupakan sebutan bagi mereka yang ahli dalam bahasa yang sudah berkiprah dalam bidang penerjemahan dengan melewati berbagai jenis tes kualifikasi penerjemahan dan sudah dinyatakan lulus dengan minimal nilai 80. Setelah berhasil lulus dari kualifikasi, selanjutnya secara resmi mereka akan memperoleh sertifikat dari himpunan Penerjemah Indonesia. Tidak hanya itu, pengukuhan mereka harus disahkan diambil sumpahnya di hadapan Gubernur DKI Jakarta. Jika telah melalui serangkaian prosedur tersebut barulah akan memiliki status sebagai jasa penerjemah tersumpah dan diperbolehkan membuka jasa penerjemah tersumpah.

Jika dibanding dengan penerjemah biasa, penerjemah tersumpah jelas berbeda. Letak perbedaannya yaitu pada bidang yang akan diterjemahkan. Penerjemah biasa dapat memberikan layanan terjemahan untuk hal yang bersifat umum, sementara penerjemah tersumpah dapat memberikan layanan terjemahan hal yang ada kaitannya dengan legalitas. Untuk dapat menjadi penerjemah tersumpah tentu bukan hal mudah karena harus melewati berbagai tes dan uji coba. Dengan demikian maka bisa dipastikan bahwa kemampuan yang dimiliki penerjemah tersumpah dalam menerjemahkan bahasa dijamin sangat baik.

Fungsi Penerjemah Tersumpah

Fungsi dari penerjemah tersumpah yaitu membantu untuk menyelesaikan berbagai masalah administratif di lingkup internasional baik itu dalam hal kepentingan personal, perusahaan maupun pemerintahan. Fungsi penerjemah tersumpah secara umum adalah menerjemahkan dokumen legal seperti akta pendirian, perizinan usaha dagang atau SIUP, dokumen akademis, dokumen finansial, dokumen teknikal, dokumen pribadi hingga dokumen legalisasi.

Tips Memilih Penerjemah Tersumpah

Sekarang ini jasa penerjemah tersumpah bisa kamu temukan dengan mudah. Ada berbagai layanan penerjemah tersumpah baik itu secara online maupun offline dengan tarif yang murah hingga mahal. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memilih jasa penerjemah tersumpah sebaiknya kamu perlu memperhatikan tips memilih penerjemah tersumpah berikut ini.

  1. Mempunyai Standar Operasional
  2. Mempunyai standar operasional yang baik sangatlah perlu diperhatikan agar bisa membantumu dalam memberikan hasil terjemahan yang akurat dan efisien.

  3. Mempunyai Sertifikat
  4. Jasa penerjemah tersumpah yang bersertifikat dapat menjadi jaminan akan kualitasnya karena telah diakui. Utamakan memilih jasa penerjemah tersumpah yang memiliki kelulusan uji tes sertifikasi standar nasional bersertifikat dari HPI.

  5. Mintalah sampel terjemahannya
  6. Supaya lebih yakin dengan kualitas terjemahannya, ada baiknya kamu meminta sampel hasil terjemahannya. Kamu bisa meminta hasil proyek yang sebelumnya pernah dikerjakannya atau dapat juga mengambil sampel dokumen untuk diterjemahkan.

  7. Mempunyai layanan dalam lingkup luas
  8. Tentunya ini akan memudahkan kamu dalam memilih ragam pilihan penerjemah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Selain memberikan kemudahan ini akan membuat waktumu menjadi lebih efisien.

  9. Mendapatkan banyak testimoni positif
  10. Semakin mendapatkan banyak testimoni positif, maka kualitas jasa penerjemah tersumpah dapat lebih dipertimbangkan. Dengan melihat testimoninya, maka akan tahu berapa banyak klien yang pernah menggunakan jasanya.

Demikian penjelasan tentang apa itu penerjemah tersumpah beserta fungsi dan tips memilihnya, yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai referensi dalam memilih jasa penerjemah tersumpah. Akan tetapi apabila kamu masih bingung dalam menentukan pilihan jasa penerjemah tersumpah, mungkin Jasa penerjemah tersumpah jakarta dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pilih.