--> Skip to main content
Menu

Pengertian Metaverse dan Potensinya Dalam Dunia Pendidikan

Hadirnya teknologi digital dalam kehidupan kita memang telah membawa perubahan yang pesat. Perusahaan-perusahaan teknologi yang ada tidak tinggal diam melihat hal itu. Mereka terus melakukan inovasi untuk bisa menghasilkan produk yang dapat menarik banyak pengguna. Salah satu produk teknologi yang telah ramai diperbincangkan belakangan ini adalah metaverse. Apa itu metaverse? Nah berikut ini adalah pengertian metaverse dan potensinya dalam kehidupan terutama dalam dunia pendidikan.

Pengertian Metaverse dan Potensinya Dalam Dunia Pendidikan

Pengertian Metaverse

Metaverse adalah teknologi yang dapat memungkinkan kamu bisa masuk dalam sebuah representasi diri yang berbentuk avatar. Nantinya avatar tersebut dapat mewakili diri kamu untuk melakukan berbagai interaksi sosial. Misalnya berbicara maupun menyentuh barang-barang yang terdapat dalam dunia virtual.

Kamu mungkin akan bertanya-tanaya, bagaimana bisa merakaan sesuatu pada saat berada dalam dunia virtual? Tentunya bisa dengan menggunakan alat yang dapat mengirimkan sinyal-sinyal tersebut. Selain membutuhkan alat yang memadai untuk mendukung aktivitas virtual juga dibutuhkan software. Software tersebut berfungsi untuk membuat scenario dan memahami suara, bahasa, dan gerakan-gerakan kamu. Dengan demikian kamu akan bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung dalam dunia virtual tersebut. Meskipun hanya virtual, akan tetapi metaverse dibentuk seperti dunia nyata, misalnya suasana seperti perumahan, ruang kelas dan lain-lain. Kecanggihan teknologi metaverse tersebut tentu dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan.

Potensi Metaverse Dalam Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan sekarang ini telah terbiasa dengan pembelajaran secara daring atau virtual. Lalu, bagaimana jika dalam dunia pendidkan menerapkan teknologi metaverse? Tentu ini merupakan perubahan baru dalam dunia pendidikan, dimana dengan metaverse ini akan dapat menciptakan ruang belajar secara virtual yang menarik dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang tidak terbatas dengan interaksi dan komunikasi secara virtual, tentu dapat membuat imajinasi dan kreativitas siswa menjadil lebih berkembang.

MetaNesia Sebagai Platform Belajar Bahasa di Metaverse

Salah satu potensi metaverse dalam dunia pendidikan adalah untuk belajar bahasa. Terdapat beberapa platform Belajar Bahasa di Metaverse yang dapat digunakan, salah satunya yaitu MetaNesia. MetaNesia merupakan sebuah platform penyedia layanan dan jasa metaverse, virtual tour, dan produk teknologi seperti VR/AR dan blockchain yang menjadi bagian dari Telkom Indonesia.

MetaNesia sendiri mengadakan kelas bahasa Korea dan Jepang. Untuk kelas bahasa korea diadakan setiap hari senin jam 20.00-21.00 WIB dan untuk kelas bahasa jepang diadakan setiap hari kamis jam 19.00-20.00 WIB di virtual office MetaNesia.

Kelas bahasa MetaNesia ini memiliki mentor yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Untuk bisa mengikuti kelas bahasa ini terlebih dahulu harus mendownload aplikasi MetaNesia di ponsel, laptop atau PC melalui website MetaNesia. Setelah itu baru masuk dengan menggunakan akun google, melakukan kustomisasi avatar, mengubah username dana nama. Lakukan kustomisasi avatar yang dapat merepresentasikan diri kamu pada saat masuk ke MetaNesia dan ubahlah username dan nama untuk memperkenalkan diri kamu, pastikan username yang kamu buat belum digunakan orang lain. Jika sudah mengkustmoisasi avatar dan mengubah username dan nama, maka kamu siap untuk mengikuti kelas bahsa di MetaNesia. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya langsung saja download aplikasi MetaNesia.

Itulah penjelasan tentang pengertian metaverse dan potensinya dalam dunia pendidikan, semoga dapat bermanfaat.