--> Skip to main content
Menu

Pengertian dan Cara Menggunakan Kalkulator Hipotek Online

Hipotek atau mortgage (dalam bahasa Inggris) merupakan instrument utang yang dilakukan dengan memberikan hak tanggungan properti dari pihak kreditur (peminjam) kepada debitur (pemberi pinjaman) sebagai bentuk jaminan atas kewajibannya untuk pembayaran hutang. Untuk mempermudah dalam perhitungan hipotek terdapat sebuah alat yang bisa digunakan yaitu kalkulator hipotek online. Apa itu kalkulator hipotek online dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini penjelasannya.

Kalkulator Hipotek Online

Pengertian Kalkulator Hipotek Online

Kalkulator hipotek online merupakan sebuah tool yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki keinginan untuk membeli sebuah rumah impian. Dengan memakai kalkulator hipotek online, maka akan lebih mudah dalam menghitung estimasi cicilan hipotek, jumlah pinjaman, suku bunga dengan cepat dan praktis.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan kalkulator hipotek online ini kamu juga bisa sangat terbantu karana bisa menghemat waktu maupun biaya yang dibutuhkan dalam mengestimasi biaya hipotek dengan cara manual. Dengan memanfaatkan kalkulator hipotek online, kamu bisa mengestimiasi besarnya biaya hipotek hanya dalam hitungan menit dan memastikan kalau jumlah pinjaman yang akan kamu ajukan itu bisa sesuai dengan penghasilanmu.

Cara Menggunakan Kalkulator Hipotek

Cara menggunakan kalkulator hipotek online, pertama kamu harus mengunjungi situs yang menyediakan layanan perhitungan hipotek. Setelah mengakses situs tersebut, lagkah selanjutnya yaitu:

  • Memasukkan besarnya pinjaman hipotek yang akan diajukan. Pastikan besaran pinjaman yang kamu masukkan itu realistis sesuai anggaran yang kamu miliki.
  • Tentukan jangka waktu pinjaman yang diinginkan. Sesuaikan dengan kemampuanmu dalam membayar cicilan setiap bulannya.
  • Masukkanlah suku bunga yang berlaku sekarang ini. Informasi tentang suku bunga yang berlaku, kamu bisa mendapatknya dari bank atau bisa juga mengikuti berita tentang suku bunga hipotek terkini.
  • Apabila kalkulator hipotek yang kamu pakai itu tersedia lebih banyak pilihan, seperti biaya-biaya yang lain, pastikan kamu mengisi seluruhnya secara lengkap dan benar.
  • Pilih tombol “Hitung” maka hasil perhitungannya akan tampil. Kamu dapat melihat estimasi cicilan bulan yang dibayarkan, jumlah yang harus dibayarkan keseluruhan, dan berapa banyaknya bunga yang harus dibayarkan selama dalam jangka waktu peminjaman.

Jadi, intinya kalkulator hipotek online merupakan alat yang sangat berguna dalam membantu mengestimasi besarnya cicilan bulanan dan membandingkan berbagai macam pilihan hipotek. Nah, salah satu kalkulator hipotek online yang dapat kamu gunakan adalah https://www.mortgagecalculator.uk/, yang penjelasannya akan kami sampaikan berikut ini.

Apa itu Mortgage Calculator?

Mortgage calculator merupakan sebuah tool online yang dapat memudahkan calon pembeli rumah untuk menghitung estimasi cicilan, suku bunga dan besarnya pinjaman yang dibutuhkan untuk membeli sebuah rumah impian. Mortgage calculator ini dapat membantu dalam membuat suatu keputusan investasi real estate secara tepat.

Biasanya mortgage calculator terdiri atas formulir dengan beberapa bidang masukkan, termasuk diantaranya suku bunga, besarnya pinjaman, dan jangka waktunya. Setelah formulir terisi lengkap, maka tool akan melakukan perhitungan estimasi cicilan bulanan atau besarnya pembayaran hipotek selama masa peminjaman. Hasil perhitungan tersebut dapat membantu calon pembeli rumah untuk menentukan besarnya pinjaman yang mampu mereka bayarkan secara lancar.

Bagi kamu yang ingin membeli rumah impian, mortgage calculator dapat menjadi tool yang sangat berharga untuk kamu gunakan. Selain itu mengguakan mortgage calculator sangat penting jika ingin berinvestasi dalam bidang real estate, untuk menghitung jumlah pinjaman dan cicilan bulanan demi memastikan investasi yang berkelanjutan.

Salah satu tool dari mortgage calculator yang dapat membantu dalam menentukan besarnya jumlah pinjaman yang tepat untuk membeli rumah impian adalah kalkulator amortisasi hipotek. Selain itu, tool ini juga bisa digunakan untuk mengetahui pembayaran hipotek sepanjang masa pinjaman, termasuk juga jumlah bunga yang harus dibayarkan. Lalu, bagaimanakah cara menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menggunakan Kalkulator Amortisasi Hipotek

Adaun cara untuk menggunakan kalkulator amortisasi hipotek dari mortgage calculator adalah sebagai berikut:

Isikan Jumlah Pinjaman

Isikan jumlah pinjaman yang dibutuhkan untuk pembelian rumah. Pastikan jumlah pinjaman yang dimasukkan tersebut sesuai kebutuhan.

Isikan Suku Bunga

Suku bunga merupakan persentase yang ditetapkan pihak bank untuk memberikan suatu pinjaman. Isikan suku bunga yang berlaku supaya kalkulator bisa menghitung pembayaran bunganya.

Isikan Jangka Waktu Pinjaman

Isikan jangka waktu pinjaman yang akan diambil. Hal ini dapat membantu kalkulator dalam memproyeksikan besarnya jumlah untuk pembayaran bulanan.

Tekan Tombol Hitung

Jika informasi yang diminta telah kamu isi semua, selanjutnya tekan tombol hitung untuk menampilkan hasil perhitungan. Kalkulator amortisasi hipotek akan menampilkan informasi mengenai jumlah total pembayarannya, pembayaran bulanannya, dan besarnya bunga yang dibayarkan selama masa peminjaman.

Dengan memanfaatkan tool kalkulator hipotek online, kamu bisa terhindar dari risiko mengambil pinjaman yang lebih besar dari kemampuanmu yang sebenarnya. Tidak hanya itu saja, kalkulator hipotek online juga bisa membantumu dalam mengambil keputusan apakah investasi rumah impianmu itu bisa terjangkau secara finansial