--> Skip to main content
Menu

Pengertian Plakat Akrilik, Manfaat dan Kelebihannya

Plakat terdiri dari beberapa jenis berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat plakat. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat plakat diantaranya adalah akrilik, kayu, fiber, resin dan logam. Diantara beberapa jenis plakat, plakat akrilik merupakan plakat yang popular tampilannya yang menarik dan modern. Lalu seperti apa itu plakat akrilik? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian plakat akrilik, manfaat dan kelebihannya.

Pengertian Plakat Akrilik

Pengertian Plakat Akrilik

Plakat akrilik adalah plakat yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari akrilik yaitu plastik transparan yang mempunyai kilauan yang menarik. Bahan akrilik tersebut dibentuk menjadi plakat dengan beragam model dan terdapat karya seni atau desain grafis sehingga plakat terlihat menarik. Plakat dari bahan akrilik mempunyai keunggulan jika dibanding dengan bahan lain, yaitu ketahanannya terhadap goresan, benturan dan lebih mudah dalam membuat desain yang unik dan menarik.

Manfaat Menggunakan Plakat Akrilik

Pada dasarnya pembuatan plakat itu menggunakan contoh desain yang akan dibuat pemesan plakat. Biasanya konsep desainnya disesuaikan dengan tema atau konsep momen atau acara pemberian plakat. Misalnya plakat akan dijadikan sebagai souvenir dan media branding, maka desainnya biasanya akan dibuat menyerupai logo perusahaan. Tujuannya supaya plakat bisa menjadi kenang-kenangan yang membuat orang yang menerimanya atau yang melihatnya bisa ingat dengan perusahaan pemberi plakat tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat plakat:

1. Sebagai Simbol Penghargaan

Pemberian plakat pada dasarnya bertujuan sebagai tanda penghargaaan yang diberikan badan instansi atau perusahaan terkait. Biasanya plakat digunakan dalam ajang perlombaan yang diberikan kepada pemenang lomba sebagai simbol penghargaan.

Plakat yang diberikan sebagai penghargaan dalam suatu lomba biasnaya didesain sesuai tema lomba. Misalnya plakat untuk lomba memperingati hari kemerdakaan Indonesia, maka desainnya bisa dibentuk angka 45 sebagai tahun kemerdekaan.

2. Sebagai Simbol Ucapan Terima Kasih

Plakat juga dapat digunakan sebagai simbol ucapan terimakasih. Misalnya perusahaan memberikan plakat sebatai tanda ucapan terimakasih kepada karyawannya yang berprestasi dalam memajukan perusahaan.

3. Sebagai Simbol Hadiah

Plakat juga kerap kali digunakan sebagai hadiah. Misalnya instansi atau perusahaan yang memberikan plakat kepada para pemagang ketika selesai mengerjakan studinya di tempat instansi atau perusahaan tersebut. Dengan begitu pemagang akan selalu ingat dengan instansi atau perusahaan dimana tempat ia pernah magang tersebut.

Kelebihan Plakat Akrilik

Kelebihan plakat akrilik selain harganya yang terjangkau, juga mempunyai tampilan yang elegan dan mewah. Selain itu, plakat akrilik juga mempunyai kelebiahan lain yaitu proses pembuatannya yang cepat. Lain halnya dengan plakat yang dibuat dengan metode ukir tentu akan lama. Biasanya proses pembuatan plakat akrilik itu menggunakan teknik grafis. Dalam hal ini plakat dibentuk menggunakan mesin khusus berteknologi tinggi sehingga akan cepat jadi.

Pusat Pembuatan Plakat Akrilik

Bagi kamu yang ingin mencetak plakat akrilik atau vandel akrilik custom kamu bisa memesannya di 1Souvenir. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi situs 1souvenir.com. 1Souvenir menyediakan jasa pembuatan plakat custom sesuai permintaan. Jadi kamu bisa memesan plakat akrilik untuk tujuan acara atau momen tertentu.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang Pengertian Plakat Akrilik, Manfaat dan Kelebihannya. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.