--> Skip to main content
Menu

Fungsi Pipa PVC dan Jenis-Jenisnya

Dalam kehidupan sehari-hari, pipa PVC telah banyak digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk saluran air. Penggunaan pipa PVC yang sangat popular ini dikarenakan harga pipa PVC yang terjangkau, pemasangan mudah, flesibel dan anti zat oksidasi. Menariknya lagi pipa PVC ini terseida dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk yang dapat dipilih sesuai dengan fungsinya. Lalu, apa sajakah fungsi dan jenis-jenis pipa PVC ini? Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Pipa PVC dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Pipa PVC

Adapun beberapa fungsi dari pipa PVC diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk pengaliran air dalam rumah tangga, menyalurkan air bersih maupun air limbah.
  • Untuk pembungkus atau pelindung kabel listrik, baik itu yang ditanam di dinding maupun di tanah.
  • Untuk sambungan pipa air bertekanan tinggi, seperti untuk irigasi, penyiram flora, wastafel, air minum hingga untuk saluran limbah/ bahan kimia.
  • Untuk sambungan pipa air yang bertekanan tengah seperti venting bangunan, irigasi dan dapat juga digunakan untuk subduct system di dalam bidang telekomunikasi.
  • Untuk pembuangan air selokan, pembuangan air di jalan raya dan pembuagnan limbah.

Jenis Pipa PVC

Terdapat beberapa jenis pipa PVC yang umum digunakan berdasarkan ukuran dan bentuknya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Ukuran Pipa PVC

Ukuran pipa PVC memang ada banyak, tetapi yang umum ditemui di pasaran adalah pipa PVC yang berikuran panjang 4 meter dengan diameternya dari mulai 5/8 inci, 1/2 inci, 3/4 inci, 1 inci, 1 1/4 inci, 1 1/2 inci, 2 inci, 2 1/2 inci, 3 inci, 4 inci, 5 inci, 6 inci, 8 inci hingga 10 inci

Bentuk Pipa PVC

Ada beragam bentuk pipa PVC yang dapat dijumpai dipasaran seperti tipe pipa polos, pipa Mof, pipa fitting, hingga pipa talang air.

Untuk pipa polos diameternya serupa dan untuk menyambungkan kedua pipa air diperlukan increaser. Kemudian untuk pipa MOF memiliki diameter yang lebih besar pada bagian ujungnya, sehingga untuk menyambung kedua pipa tidak memerlukan increaser.

Kemudian untuk pipa model fitting yaitu pipa yang digunakan ketika menginginkan sambungan lebih dari pipa. Pipa model fitting ini bentuknya seperti bentuk L, T dan lain-lain. Untuk pipa talang umumnya memiliki bentuk U, yang dapat difungsikan sebagai talang air yang dapat mengalirkan air hujan dari atap.

Butuh Pipa PVC Berkualitas, Indopipe.id Solusinya

Indopipe.id atau PT Berkat Jaya Indopipe merupakan pabrik pipa PVC yang menyediakan berbagai jenis pipa PVC dengan beragam pilihan mulai dari ukuran maupun bentuknya. Tentu ini dapat menjadi solusi perpipaan yang lengkap, untuk berbagai keperluan seperti untuk instalasi pipa air bersih, instalasi pipa pelindung kabel listrik atau telekomunikasi, instalasi pipa ac/pendingin, instalasi pipa minyak dan gas, instalasi pipa air limbah, maupun instalasi pipa yang lainnya.

Beberapa alasan yang membuat kamu harus memilih Pipa PVC dari Indopipe yaitu:

  1. Indopipe telah berpengalaman dalam memproduksi pipa PVC terbaik.
  2. Jaminan kualitas pipa prmium yang terbaik di kelasnya.
  3. Harga yang murah namun dengan kualitas terbaik.
  4. Dapat memberikan solusi yang tepat dan praktis.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang fungsi pipa pvc dan jenis-jenisnya, semoga penjelasan yang dapat kami tulis di atas dapat bermanfaat.