--> Skip to main content
Menu

Parkit Indonesia Tidak Kalah Indah! Kenali Karakteristik Parkit Lokal

Parkit ternyata bukan hanya banyak dipelihara di Negara tetangga saja. Di Indonesia pun memelihara parkit lokal juga populer dilakukan oleh para pecinta burung. Penasaran seperti apa? Simak Ulasan tentang Parkit Indonesia yang tak kalah indah berikut ini!

Parkit Indonesia Tidak Kalah Indah! Kenali Karakteristik Parkit Lokal

Parkit merupkan salah satu jenis burung yang memiliki paruh bengkok dan burung ini telah populer di pelihara oleh para pecinta burung. Burung ini mempunyai suara yang khas dan memiliki warna bulu yang beragam serta memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Hal tersebut terlihat bahwa parkit dapat dilatih untuk menirukan suara burung lain bahkan suara manusia. Burung parkit itu berasal dari berbagai Negara, beberapa diantaranya ada yang berasal dari Taiwan, Belanda, Australia dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau di Indonesia ini juga ada jenis parkit lokal yang tidak kalah indah dan menariknya? Adapun jenis parkit lokal ini mempunyai ciri tersendiri yang khas dan berbeda dengan jenis parkit impor.

Karakteristik Jenis Parkit Lokal

Di bawah ini merupakan beberapa informasi mengenai Karakteristik jenis parkit lokal yang dapat kamu perhatikan:

Parkit lokal mempunyai bulu berwarna hijau, kuning, violet, biru langit, hitam dan lain sebagainya. Warna bulu pada burung parkit ini dapat bervariasi tergantung dari faktor genetiknya, makanannya dan lingkungannya. Selain itu, parkit lokal juga mempunyai pola garis-garis hitam di bagian ekor dan sayapnya.

Jika dibandingkan dengan jenis parkit impor, parkit lokal mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil. Tubuhnya memiliki panjang sekitar 18 sampai 20 cm dan beratnya antara 30 sampai 40 gram. Karena ukurannya yang kecil inilah, membuat parkit lokal menjadi lebih mudah dipelihara dan ditangani.

Untuk harganya, parkit lokal mempunyai harrga yang lebih terjangkau dibanding dengan parkit impor. Parkit lokal dipasaran dapat dibeli dengan harga antara 50.000 rupiah hingga 80.000 rupaih saja per ekor. Tentu harga terseebut lebih murah apabila dibanding dengan harga dari parkit Holland atau Australia yang dapat mencapai harga hingga jutaan rupiah.

Parkit lokal mempunyai sifat yang ceria, aktif, dan ramah. Dalam hal ini parkit suka berinteraksi dengan burung lain maupun dengan manusia. Selain itu, parkit lokal juga dapat dilatih untuk bersiul atau berbicara dengan memberikan pujian, atau makanan favoritnya sebagai hadiah. Akan tetapi, parkit lokal dapat menjadi stress dan agresif apabila merasa tidak nyaman atau terganggu.

Dapat disimpulkan bahwa burung Parkit lokal dapat menjadi burung peliharaan yang cocok bagi siapa saja yang suka dengan burung warna-warni yang cerdas. Apabila tertarik untuk memelihara burung parkit lokal, pastikan kalau kamu daapt memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan burung parkit. Beberapa hal yang penting untuk diprhatikan dalam memlihara burung parkit adalah membersihkan kurungan, memberikan makan dan minum yang sehat, pemangkasan bulu sayap dan kuku yang dilakukan secara berkala dan memberi perhatian yang cukup kepada burung parkit.