--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kain Satin dan Jenisnya

Dalam dunia fashion ada banyak bahan yang dapat digunakan untuk membuat busana atau pakaian, salahsatunya yaitu kain satin. Kain satin sendiri mempunyai beberapa jenis dengan memiliki karakteristik dan kelebihan tersendiri. Lalu, seperti apa itu kain satin? Simak penjelasan tentang pengertian kain satin dan jenisnya berikut ini.

Pengertian Kain Satin dan Jenisnya

Pengertian Kain Satin

Kain satin adalah kain yang permukaannya mempunyai karakteristik mengkilap dan pada bagian permukaan dalam dan belakangnya tidak terasa licin. Kain satin merupakan kain yang proses pembuatannya ditenun dengan teknik yang khas menggunakan serat tiruan seperti asetat, nilon, rayon, dan polyester. Teknik inilah yang dapat membuat kain satin menjadi tampak glossy dan mengkilap.

Kain satin awalnya dikenal di wilayah eropa, meskipun lebih dahulu orang mengenal kain satin berasal dari Negeri Tiongkok. Namun, dalam kenyataannya dari kedua kain satin tersebut terdapat perbedaan. Meskipun tampak mirip, bahan serat yang digunakan untuk membuat kain berbeda.

Kain satin yang bagus bisa digunakan untuk membuat berbagai macam produk fashion seperti dress, jilbab, blus, baju tidur, hingga berbagai aksesoris seperti sepatu dan bandana. Kain satin yang bagus itu memiliki beberapa karakteristik diantaranya yaitu:

  • Bahan bersifat sangat lembut.
  • Bahan bersifat cenderung jatuh.
  • Memiliki kesan mengkilap atau glossy pada tekstur permukaannya.
  • Mempunyai pola atau motif dari beberapa jenis kain satin.
  • Bahan yang cukup terasa adem.
  • Tampilannya yang terkesan elegan dan mewah.

Jenis Kain Satin Yang Bagus

Terdapat beberapa jenis kain satin yang bagus digunakan untuk berbagai macam produk fashion. Jenis-jenis kain satini ini penggunaannya bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Adapaun penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kain Bridal atau Satin Duchesse

Kata Duchesse meruapakan kata Dallam bahasa Perancis yang artinya “bangsawan”. Jenis kain ini memiliki kesan elegan, mewah, dan anggun sehingga sering kali digunakan untuk membuat gaun pengantin ataupun untuk acara-acara penting. Beberapa orang menyebut kain satin ini dengan sebutan kain bidral. Hal itu karena mempunyai arakteristik yang mengkilap dan kaku. Untuk harga kain ini cukup mahal. Meskipun demikian banyak para perancang busana melirik kain ini untuk membuat baju pernikahan.

Satin Slipper

Kain satin slipper merupakan jenis kain satin yang sering digunakan untuk membuat berbagai produk pakaian. Kain ini tampak terlihat anggun dan berkesan elegan. Apabila diperhatikan sekilas, kain jenis ini cenderugn terlihat tebal.

Kain Damask

Kain satin Damask merupakan salah satu kain satin yang bagus. Kain ini merupakan kain yang banyak diincar oleh para wanita. Hal itu karena kain satin Damask mempunyai motif yang beragam dengan tekstur yang anggun. Selain itu, kain ini juga dibuat pola tampak timbul yang dihasilkan dari bahan yang bernama beludru.

Kain Cloth

Kain Cloth atau yang disebut kain satin de laine merupakan kain satin wol. Kain satin jenis ini terbuat dari wol perancis. Inilah yang dapat membuat jenis kain ini tampak lebih halus, lembut dan mengkilap. Karena itulah, banyak yang menggunakan kain ini sebagai bahan pembuatan dress.

Kain Clarissa

Berikutnya, kain satin yang bagus digunakan adalah kain satin clarissa. Biasanya kain jenis ini sering digunakan sebagai bahan kelambu atau horden, sehingga banyak orang yang menyebut kain ini sebagai kain satin gorden. Tidak hanya itu saja, kain satin ini juga dapat digunakan sebagai bahan dalam membuat bawahan pakaian seperti rok dan kebaya. Alasan digunakannya kain ini adalah karena lembut dan tidak kaku.

Kain Kahatex

Kain satin kahatex merupakan jenis kain seringkali digunakan sebagai hiasan atau perlengkapan dekorasi ruangan. Ciri dari kain ini adalah mempunyai serat yang tergolong tebal dengan sedikit agak kaku sehingga kurang cocok apabila dipergunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakaian.

Kain Faconne

Kain satin faconne atau yang disebut sebagai kain jacquard merupakan kain yang mempunyai tekstur bermotif. Bagi yang suka dengan motif yang unik, tentu kain ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Meskipun bermotif, kain ini tetap terasa lembut saat disentuh.

Itulah penjelasan tentang pengertian kain satin dan jenisnya yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk-produk fashion. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar fashion silahkan baca tips dan panduan fashion lainnya di Inoui Print.