--> Skip to main content
Menu

Pengertian Video Explainer, Manfaat dan Tujuannya

Di internet, sekarang ini video explainer telah manjadi salah satu tipe video yang sangat populer. Banyak pihak dari berbagai industri yang menggunakan tipe video explainer untuk menyampaikan pesan-pesannya kepada para audiensnya. Dari mulai pesan yang bersifat marketing, training, hingga edukasi, video explainer bisa menjadi media yang efektif untuk berkomunikasi secara sederhana. Untuk itu, mari kenali lebih lanjut tentang apa itu video explainer melalui pengertian video explainer dan hal-hal yang berkaitan dengan video explainer dalam artikel ini.

Pengertian Video Explainer

Pengertian Video Explainer

Video explainer adalah jenis video yang bisa digunakan untuk menjelaskan suatu hal supaya bisa lebih mudah dimengerti oleh penontonnya. Jenis video ini umumnya menggunakan sentuhan grafis dan animasi untuk memberikan penjelasan yang menarik dan mudah dimengerti. Meskipun dalam video explainer disampaikan data-data statistik yang cenderung rumit, akan tetapi berkat adanya sentuhan animasi dan grafis maka dapat menjadikan pembahasan dalam video menjadi lebih seru, informatif, enak dilihat dan mudah dipahami.

Karena hal itulah, tidak heran jika jenis video explainer lebih efektif digunakan untuk memancing perhatian penonton dibanding dengan media yang lain. Dalam penggunaannya, video explainer ini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti untuk pembelajaran online, periklanan, pelatihan karyawan, presentasi dan lain sebagainya.

Manfaat Video Explainer

Jika kita berbicara mengenai manfaat dari video explainer, ada banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan video ini. Namun, manfaat video explainer secara jelasnya adalah untuk memperoleh perhatian penanton dan membangun hubungan dengan penonton.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, ada ribuan konten yang diupload setiap detiknya di internet. Dari situlah, bisa menadapat perhatian penonton yang banyak bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, dengan memanfaatkan video explainer, maka bisa lebih mudah mendapatkan perhatian penonton. Jika kamu telah berhasil mendapatkan perhatian penonton, maka kamu akan lebih mudah dalam menciptakan branding dan mengundang ketertarikan mereka terhadap konten-kontenmu.

Tujuan Dibuatnya Video Explainer

Salah satu prinsip yang harus ada dalam video explainer adalah adanya kejelasan. Jadi, tujuan utama dibuatnya video explainer adalah untuk penyampaian pesan secara jelas dan mudah dimengerti dengan menggunakan video animasi yang menarik.

Sebuah video explainer yang efektif hanya akan menjelaskan pesan-pesan penting yang perlu untuk diketahui para penontonnya tanpa harus berbelit-belit. Dari hal inilah, maka tipe video ini cenderung mempunyai durasi yang pendek. Meskipun durasinya pendek dan penjelasannya yang singkat, tapi jangan salah bahwa video explainer yang baik akan bersifat informatif dan komunikatif. Dapat pula dikatakan bahwa dibuatnya video explainer ini adalah untuk memberikan suatu jawaban atau penyelesaian terhadap masalah yang dialami oleh para target penontonnya.

Itulah penjelasan tentang pengertian video explainer, manfaat dan tujuannya. Bagaimana sekarang kamu sudah lebih paham kan tentang apa itu video explainer. Untuk itu, jangan kamu sia-siakan waktu berhargamu dengan berpedoman pada strategi video marketing yang masih tradisional. Karena, akan lebih baik jika kamu mulai merencanakan membuat video explainer sebagai video marketing untuk mengenalkan brandmu ke banyak orang secara lebih efektif.