--> Skip to main content
Menu

Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Chulalongkorn

Bisa kuliah di luar negeri adalah impian bagi banyak orang Indonesia. Untuk mewujudkan impian tersebut, kamu dapat memilih tempat kuliah di luar negeri yang kamu suka. Jika kamu suka kuliah di luar negeri yang tidak terlalu jauh, kamu bisa mempertimbangkan kuliah di Universitas Chulalongkorn Thailand.

Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn merupakan universitas tertua dan terbaik yang ada di Thailand yang menawarkan berbagai program studi unggulan. Sehingga, tidak heran jika banyak pelajar internasional yang tertarik untuk berkuliah di Universitas Chulalongkorn, termasuk pelajar dari Indonesia. Lalu, kira-kira apa saja ya alasan seseorang Memilih Kuliah di Universitas Chulalongkorn? Silahkan, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Universitas Chulalongkorn

Berikut adalah beberapa alasan kenapa banyak pelajar yang memilih kuliah di Universitas Chulalongkorn:

1. Memiliki reputasi yang tinggi

Berdasarkan QS World University Ranking 2024, Universitas Chulalongkorn berhasil menempati peringkat 1 universitas terbaik di Negara Thailand. Sedangkan di Asia, Universitas Chulalongkorn telah berhasil menempati pringkat 44.

Hal tersebut tentu telah membuktikan kalau Universitas Chulalongkorn ini memiliki kualitas akadamis yang baik. Ditambah lagi, Universitas Chulalongkorn telah menghasilkan bnayak lulusan terbaiknya yang berhasil sukses di berbagai bidang. Adapun beberapa lulusan terbaiknya yaitu Samlee Plianbangchang yang menjadi Direktur WHO Asia Tenggara, Emeritus Vitit Muntarbhorn yang menjadi pejabat PBB dan Urassaya Sperbund yang menjadi Aktris di Thailand.

2. Ada banyak pilihan program studi

Universitas Chulalongkorn telah menyediakan banyak pilihan program studi. Sampai sekrang ini, Universitas Chulalongkorn telah mempunyai 19 macam fakultas, 1 sekolah, sebanyak 506 program studi yang terdiri dari program sarjana sebanyak 113 dan program pasccasarjana sebanyak 393, dengan sebanyak 87 program merupakan program internasional. Adapun program studi unggulan yang terdapat di Universitas Chulalongkorn diantaranya yaitu: Infectious Diseases, Polymer Science, Immunology, Gastroenterology and Hepatology, Food Science and Technology, dan Chemistry.

3. Tresedia Fasilitas dan Infrastruktur yang baik

Universitas Chulalongkorn yang berlokasi di pusat kota Bangkok, tentu memiliki akses yang mudah ke berbagai fasilitas publik sepeerti transportasi, pusat kesehatan, dan hiburan.

Jika dilihat secara keseluruhan, Universitas Chulalongkorn mempunyai infrastruktur yang modern dan lengkap. Meskipun lokasinya berada di pusat kota, namun Universitas Chulalongkorn tetap terlihat asri dengan banyaknya popohonan di sekeliling gedung berarsitektur menawan.

Menariknya, hampir di setiap gedung yang ada tersedia tempat ruang terbuka untuk mahasiswa (student lounge) yang bisa digunakan untuk saling bercengkrama ataupun mengerjakan tugas kelompok. Begitu pula dengan food court atau kantin juga ada di setiap gedung dan hampir setiap kantinnya menyediakan makanan yang halal untuk para mahasiswa muslim. Bukan hanya itu saja, kampus ini juga menyediakan tempat prayer room (mushola) di di hampir setiap fakultas dan di perpustakaan pusat.

4. Banyak Beasiswa

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Chulalongkorn untuk para mahasiswa internasional. Dari mulai beasiswa yang hanya membiayai biaya kuliah, hingga beasiswa yang memberikan fasilitas tambahan seperti biaya akomodasi dan uang saku bulanan ada di kampus ini.

5. Biaya hidup di sana cukup terjangkau

Bisa dibilang biaya hidup di Thailand itu hampir seperti di Indonesia. Sebagai contoh, biaya makan di kantin kampus ฿35 atau sekitar Rp15.000. Untuk bisa kuliah di Universitas Chulalongkorn, setidaknya biaya hidup yang kamu butuhkan antara ฿15.000 sampai ฿40.000 per bulan. Jika dirupiahkan sekitar Rp. 6,5 juta sampai Rp. 17 juta. Biaya hidup tersebut untuk berbagai keperluan seperti untuk biaya akomodasi, transportasi, makan dan pengeluaran harian lainnya.

6. Sistem Trimester

Untuk jenjang S2 di Universitas Chulalongkorn berlaku sistem trimester. Jadi dalam 1 tahun kamu akan menjalanikuliah 3 semester dimana setiap semesternya terdiri dari 4 bulan. Dengan demikian jika kamu kuliah di Universitas Chulalongkorn kamu akan bisa lulus dengan waktu yang cepat. Menariknya lagi, di Universitas Chulalongkorn kamu tidak diwajibkan membuat skripsi ataupun thesis layaknya kuliah di Indonesia. Untuk jenjang S1, kamu cukup membuat sebuah tugas akhir atau final report. Sedangkan untuk jenjang S2, juga ada pilihan non thesis dan sebagai gantinya kamu harus menjalani ujian komprehensif untuk semua mata kuliah yang sudah pernah diajarkan, ditambah dengan mengerjakan sebuah laporan untuk tugas akhir dari hasil field trip yang kamu lakukan.

7. Persyaratan Bahasa Inggris yang mudah

Meskipun di Universitas Chulalongkorn bahasa pengantar utama yang digunakan adalah Bahasa Thailand. Namun, sebagai seorang mahasiswa internasional kamu wajib melampirkan sertifikat berupa TOEFL/IELTS sebagai bukti kamu bisa berbahasa Inggris. EUntuk minmal skor yang dipersyaratkan tidak terlalu besar, jadi kamu tidak perlu khawatir. Adapun rata-rata skor TOEFL/IELTS yang di persyaratkan yaitu minimal 60 untuk TOEFL ITP dan 5,5 untuk IELTS.

Itulah beberapa alasan kenapa memilih kuliah di Universitas Chulalongkorn yang kami rangkum dari sutus Kobi Education. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.