--> Skip to main content
Menu

Pengertian ROI (Return on Investment) dan Cara menghitung ROI

Terdapat berbagai macam metode yang dapat digunakan dalam menentukan keberhasilan sebuah investasi. Salah satunya yaitu ROI (Return on Investment). Nah, apa itu ROI? Mungkin diantara anda ada yang sudah sering mendengar istilah tersebut, namun belum tahu pengertiannya. Untuk itulah dalam kesempatan ini akan kami bagikan tentan pengertian ROI dan cara menghitung ROI.

Pengertian ROI (Return on Investment) dan Cara menghitung ROI

Pengertian ROI

ROI (Return on Investment) adalah sebuah metode yang dipergunakan untuk mendapatkan rasio pengembalian dana atas investasi yang telah dilakukan. Pengembalian tersebut dapat berupa keuntungan bersih yang telah diterima.

ROI merupakan rasio keuntungan dan kerugian dari suatu investasi yang kemudian dibandingkan dengan jumlah uang yang telah diinvestasikan. ROI menjadi metric keuangan yang telah banyak dipakai dalam mengevaluasi seberapa baik kinerja dari sebuah investasi. Dalam hal ini ROI dinyatakan dalam bentuk presentasi yang dihitung dengan cara membagi laba bersih investasi dengan biaya atau pengeluaran awal.

Jadi dalam menghitung ROI ini terdapat 2 komponen yaitu keuntungan besih dan biaya investasi. Dikarenakan perhitungannya sederhana, maka metode ROI ini bisa diterapkan ke dalam semua jenis investasi. ROI dapat dikatakan baik apabila besarnya lebih dari 10,5 %. Adanya standar tersebut itu atas dasar nilai rata-rata return dari suatu investasi saham S&P 500 Index. Jika persentasenya semakin tinggi, maka keberhasilan investasinya akan semakin baik.

Bagi para investor, perhitungan ROI ini sangat diperlukan. ROI secara tidak langsung dapat menggambarkan seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan oleh para investor jika menginvestasikan modalnya ke dalam sebuah bisnis tertentu.

Cara menghitung ROI

Bagaimana cara menghitung roi? Berikut adalah Cara menghitung ROI (Return on Investment):

ROI= (Net Profit / Cost of Investment) x 100

Keterangan:

  • Net Profit: Mencakup pertambahan pendapatan sesudah dilakukannya investasi.
  • Cost of Investment: Mencakup uang yang telah dikeluarkan dalam sebuah investasi (Biaya promosi, biaya produksi konten, biaya iklan, biaya konsultan dan lain sebagainya).

Menghitung Net Profit dan Cost of Investment:

  • Menghitung Net Profit : Untuk menghitung Net Profit bisa dilakukan dengan cara menghitung selisih antara pendapatan yang telah diterima dengan biaya investasi yang telah dikeluarkan. (Pendapatan Investasi-Biaya Investasi).
  • hitung Cost of Investment: Untuk menghitung Cost of Investment caranya bisa dengan menjumlahkan semua biaya investasi yang telah dikeluarkan.

Contoh perhitungan ROI:

Sebuah perusahaan xyz telah melakukan investasi dengan nominal Rp 500.000.000 kepada usaha penjualan peralatan komputer. Keuntungan atas penjualan peralatan tersebut yaitu Rp 700.000.000. Maka, perhitungan ROI yaitu sebagai berikut ini:

ROI = (700.000.000-500.000.000) / 500.000.000 x 100%

= 200.000.000 / 500.000.000 × 100%

= 0,4 atau 40%

Nilai ROI investasinya yaitu sebesar 40 %.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian ROI (Return on Investment) dan cara menghitung ROI, semoga apa yang telah kami tuliskan di atas dapat bermanfaat.