--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Blog Pendidikan

Sekarang ini, keberadaan blog memang sangat membantu dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Blog sendiri merupakan sebuah website yang didalamnya berisi kumpulan artikel yang juga terkadang disertai dengan foto, video maupun link ke website lain sebagai pelengkap. Lalu seperti apa itu blog pendidikan? Nah, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Blog Pendidikan

Apa Itu Blog Pendidikan?

Blog pendidikan (edublog) merupakan sebuah blog yang tujuan pembuatannya untuk pendidikan. Dimana dalam blog pendidikan ini isi artikelnya bisa menjadi sumber informasi atau pengetahuan untuk membantu kegiatan belajar. Misalnya berisi berisi tentang materi mata pelajaran sekolah, soal-soal ulangan, informasi beasiswa, dan lain sebagainya.

Blog pendidikan ini bisa dibuat oleh orang beberapa kalangan, dari mulai guru, dosen, pengamat pendidikan, mahasiswa, siswa sekolah bahkan masyarakat umum. Meskipun demikian, sebagian besar blog pendidikan ini dibuat oleh para pendidik seperti guru, dosen dan pengamat pendidikan. Hal tersebut bisa terjadi karena memang mereka yang benar-benar secara langsung terjun ke dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada banyak contoh-contoh blog pendidikan yang dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan untuk belajar.

Contoh Blog Pendidikan di Indonesia

Adapun beberapa contoh blog pendidikan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. SekolahDasar.net

Blog pendidikan SekolahDasar.net berisi berbagai macam hal seputar mengajar di sekolah dasar contohnya bank soal yang sudah siap untuk digunakan. Di blog ini kamu tidak akan menemukan konten-konten pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, karena blog pendidikan SekolahDasar.net hanya dikhususkan untuk sekolah dasar.

2. GuruSD.blog

Blog pendidikan GuruSD.blog merupakan blog yang berbagi tentang metode mengajar kreatif dan berita pendidikan terkini yang relevan dengan kurikulum maupun kebutuhan siswa SD. Selain itu blog penddikan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru SD dengan konten-konten seputar tips, saran, maupun inspirasi dari berbagai praktisi maupun pakar pendidikan.

3. Gurune.net

Blog pendidikan Gurune.net merupakan blog yang berisi tentang materi pelajaran dan contoh jawaban dari buku siswa sekolah dasar. Blog Gurune.net menjadi salah satu contoh blog pendidikan Indonesia yang tepat bagi kamu yang sedang mencari materi pelajaran dan contoh jawaban.

Hampir setiap harinya blog ini selalu melakukan update konten terbaru. Selain menyediakan materi pelajaran, blog ini juga menyediakan berbagai file administrasi guru, artikel inspiratif maupun informasi lainnya seputar pendidikan. Akan tetapi, jika dilihat secara keseluruhan isi blog pendidikan ini lebih cenderung fokus ke pendidikan sekolah dasar.

4. Informasiguru.com

informasiguru.com merupakan blog pendidikan yang di dalamnya berisi artikel dan file untuk kelengkapan seorang guru sebagai penggajar. Seperti tentang peraturan pendidikan, administrasi guru, bank soal dan lain-lain.

Blog Pendidikan Sebagai Media Untuk Belajar Secara Online

Dapat disimpulkan bahwa blog pendidikan atau edu blog merupakan blog yang pembuatannya bertujuan untuk pendidikan yang dapat memberikan instruksional secara online sebagai sumber daya untuk membantu kegiatan belajar. Dimana sekarang ini sudah banyak sekali kita temui contoh-contoh blog pendidikan diantaranya termasuk yang disebutkan di atas.

Topik pembahasan yang ada dalam blog pendidikan pun juga sangat beragam. Ada topiknya dikhususkan untuk sekolah dasar, dan pula yang mencakup berbagai pengetahuan umum atau berisi informasi terupdate seputar dunia pendidikan. Jadi, beberapa blog pendidikan, selain dapat bermanfaat bagi siswa juga bermanfaat bati para tenaga pengajar.

Demikian penjelasan tentang apa itu blog pendidikan, semoga apa yang telah kami jelaskan di atas dapat bermanfaat.