--> Skip to main content
Menu

Tips Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate Yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Melamar pekerjaan bagi seorang yang masih fresh graduate, tentu akan menjadi sebuah tentangan yang besar agar bisa di terima di tempat kerja. Ditambah lagi, ini mungkin merupakan hal yang pertama kalinya dilakukan setelah baru menyelesaikan jenjang pendidikan.

Tips Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

Tanpa memiliki pengalmaan kerja sama sekali, tentu bisa membuat beberapa orangg yang masih fresh graduate merasa bingung dalam melamar kerja. Nah, bagi kamu yang masih fresh graduate dan sedang ingin mulai berkarir, maka melamar kerja menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik. Untuk itulah kamu perlu menyimak beberapa tips melamar kerja bagi fresh graduate yang akan kami bagikan di sini.

Tips Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate

Adapun beberapa tips untuk melamar kerja bagi kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkapkan Dokumen dan Data Diri

Setelah kamu berhasil menyelesaikan pendidikan terakhirmu dan kamu memutuskan untuk melamar karja untuk bisa mendapatkan pekerjaan, maka hal yang perlu kamu persiapkan adalah dokumen dan data diri. Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting sebagai syarat utama yang dibutuhkan dalam melamar kerja.

Jadi, silahkan untuk menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Adapun dokumen yang diperlukan biasanya yaitu KTP, ijazah, daftar riwayat hidup atau portofolio, sertifikat pendukung, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), karena beberapa perusahaan ada yang mewajibkan untuk melampirkan SKCK. Selain beberapa dokumen tersebut, mungkin kamu juga perlu menyiapkan dokumen yang lain yang dirasa diperlukan untuk melamar pekerjaan.

2. Membuat Surat Lamaran

Dalam melamar pekerjaan, surat lamaran kerja merupakan hal yang sangat penting. Hal itu karena melalui surat lamaran kerja inilah perusahan bisa mengenal dirimu sebagai pelamar kerja. Untuk itu, sebisa mungkin kamu harus bisa membuat surat lamaran kerja dengan baik.

Surat lamaran kerja yang baik dan terstruktur dapat memberikan peluang untukmu bisa diterima kerja. Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan terstruktur mungkin kamu bisa mempelajari beberapa contoh surat lamaran kerja dari situs SuratPlus.

3. Membuat CV (Curriculum Vitae)

Curriculum Vitae atau yang disingkat CV merupakan dokumen yang penting selain surat lamaran kerja dan dokumen-dokumen lain. CV sendiri merupakan dokumen yang berisi tentang detail data diri, background pendidikan, background pekerjaan, organisasi yang sudah pernah diikuti, dan penghargaan yang sebelumnya telah berhasil diraih.

Bagi kamu seorang yang masih fresh graduate yang belum memiliki latar belakang pekerjaan sebelumnya, mungkin kamu hanya perlu menuliskan profil data diri yang menarik, detail riwayat pendidikan, engalaman dalam organisasi, pencapaian terbaik kamu.

Itulah beberapa tips melamar kerja bagi fresh graduate, lalu yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara mudah untuk membuat surat lamaran dan CV yang baik dan terstruktur? Untuk memudahkan dalam pembuatan surat lamaran dan CV kamu bisa memanfaatkan platform bernama SuratPlus.

Apa Itu SuratPlus?

SuratPlus

SuratPlus merupakan sebuah platform generator surat otomatis yang menyediakan lebih dari 60+ template surat yang dapat kamu gunakan secara gratis. Proses pembuatan surat menggunakan platform ini cukup cepat yaitu hanya 5 menit saja sudah jadi. Selain cepat, membuat membuat surat lamaran pekerjaaan dan CV menggunakan SuratPlus hasilnya juga baik dan terstruktur. Tentunya surat lamaran pekerjaan dan CV kamu akan terlihat rapi dan profesional.

Kelebihan SuratPlus

Kelebihan dari SuratPlus adalah memudahkan kamu dalam membuat surat lamaran pekerjaan, CV dan berbagai dokumen lainnya. Selain itu terdapat juga beberapa kelebihan dari SuratPlus yang lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mudah dan Cepat

Dengan menggunakan sistem generator secara otomatis, kamu hanya perlu mengisikan data saja dan surat akan dibuat otomatis secara cepat.

2. Otomatis

Tanpa repot mengatur layout, format dan desain, melalui SuratPlus dokumen bisa dibuat secara otomatis.

3. Auto Save

Dokumen dapat tersimpan secara otomatis di dalam sistem cloud.

4. Akses Sangat Mudah

Karena SuratPlus berbasis cloud, maka bisa diakses dengan mudah kapanpun, dimanapun dengan menggunakan perangkat apapun asal terkoneksi dengan internet.

5. Tanpa Install Aplikasi

Membuat dokumen menjadi lebih praktis tanpa repot menginstall aplikasi karena SuratPlus merupakan platform web yang berbasis online.

6. Keamanan Data

Untuk keamanan datanya, SuratPlus menggunakan protokol transfer data secure. Sehingga dengan begitu proses transfer data menjadi lebih aman.

Itulah beberpa kelbeihan dari SuratPlus yang tentunya dapat memudahkan dan membantu kamu dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan, CV mauupun berbagai dokumen yang lainnya.

Demikian penjelasan tentang Tips Melamar Pekerjaan Bagi Fresh Graduate Yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu para Fresh Graduate yang ingin melamar pekerjaan.