--> Skip to main content
Menu

Contoh Teks Deskripsi Menceritakan Keluarga

Teks deskripsi mengenai cerita keluarga dapat dengan mudah dibuat sendiri. Tujuan dari teks deskripsi ini adalah untuk memberikan gambaran secara jelas tentang keluarga dari sudut pandang penulis.

Contoh Teks Deskripsi Menceritakan Keluarga

Sebelum menulis teks deskripsi, seorang penulis sebaiknya membuat kerangka karangan terlebih dahulu dan menentukan objek penulisan. Teks deskripsi memiliki kemampuan untuk menggambarkan makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa sehingga pembaca dapat merasakan pengalaman tersebut seolah-olah mereka sendiri yang mengalaminya.

Ketika menulis deskripsi yang menceritakan keluarga, penulis perlu menggambarkan setiap anggota keluarga secara detail dari sudut pandang penulis. Hal ini dilakukan agar orang lain bisa memperoleh informasi yang lengkap kaitannya dengan suatu objek.

Contoh Teks Deskripsi Yang Menceritakan Tentang Keluarga

Berikut adalah beberapa contoh teks deskripsi yang menceritakan tentang keluarga:

Contoh 1

Saya tinggal bersama keluarga kecil saya. Keluarga ini terdiri dari empat anggota, yaitu ayah saya, ibu saya, kakak laki-laki saya, dan tentu saja saya sebagai yang paling bungsu di keluarga saya.

Ibu saya merupakan seorang wanita paruh baya, usianya kini sekitar 48 tahun. Nama beliau adalah Ibu Aminah. Beliau memiliki wajah yang cantik dan rambut hitam panjang yang lurus. Matanya, seperti umumnya wanita Asia, berwarna hitam.

Meskipun jarang berolahraga karena kesibukan sebagai ibu rumah tangga, beliau berhasil menjaga penampilannya tetap menarik dengan cara mengatur pakaian yang dikenakannya.

Contoh 2

Bagi saya, keluarga adalah harta yang paling berharga. Mereka adalah penyeimbang dan pemberi makna dalam hidup saya. Meskipun dihadapkan pada kekayaan yang melimpah, saya tak akan pernah menukar keluarga saya karena tak ada harta yang bisa menyamai kehadiran mereka dalam hidup saya.

Keluarga saya terdiri dari ayah, ibu, adik, dan saya sendiri. Ayah dan ibu bekerja sebagai pedagang mie ayam. Mereka memberikan inspirasi bagi saya untuk menjadi pekerja keras yang tekun dalam segala hal. Saya selalu membantu mereka setiap hari setelah pulang sekolah, begitu juga dengan adik saya.

Meskipun hampir semua teman di sekolah memiliki orang tua yang bekerja di kantor, tidak ada yang salah dengan orang tua saya yang berdagang mie ayam. Keluarga saya adalah harta berharga bagi saya karena dari merekalah saya belajar nilai-nilai kehidupan yang tak bisa saya dapatkan dari orang lain.

Contoh 3

Pria dan wanita tersebut adalah pahlawan dalam hidup saya. Saya dapat tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini berkat pengorbanan mereka. Tanpa mereka, saya tidak akan menjadi siapa-siapa. Mereka selalu memberikan kasih sayang dan rela berkorban apa pun demi keluarga. Mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan kami dan kami sangat bangga memiliki mereka sebagai orangtua terbaik.

Saya lahir dari keluarga yang sederhana. Ayah saya bekerja sebagai pegawai negeri. Sedangkan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga yang setiap hari mengurus keluarga, memenuhi peran sebagai ibu dan ibu bagi kami anak-anak. Saya adalah anak termuda dari lima bersaudara.

Saya memiliki empat orang kakak (kakak pertama bernama Tini, kedua Dini, ketiga Toni, dan yang keempat Doni) yang selalu penuh kasih dan memberikan dukungan untuk kebahagiaan dan kedamaian dalam keluarga ini serta memberikan warna bagi kehidupan saya.

Itulah beberapa contoh teks deskripsi menceritakan keluarga, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.