--> Skip to main content
Menu

Mengenal Sejarah dan Kegiatan RSUD Kebayoran Lama

RSUD Kebayoran Lama merupakan salah satu rumah sakit pemerintah tipe D yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 846 Tahun 2018. Berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, rumah sakit ini telah beroperasi sejak 15 Agustus 2018.

Mengenal Sejarah dan Kegiatan RSUD Kebayoran Lama

RSUD Kebayoran selalu mengutamakan kepentingan pasien, sehingga tidak heran kalau rumah sakit ini tetap mempunyai reputasi yang sangat baik di mata masyarakat. Selain itu, RSUD Kebayoran juga terus melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sejarah RSUD Kebayoran Lama

Sebagai Rumah Sakit Umum Daerah Kebayoran Lama, RSUD Kebayoran Lama berdiri dengan tujuan memberikan layanan kesehatan yang mudah dijangkau bagi warga Kebayoran Lama di Jakarta, Indonesia. Meskipun detail sejarahnya mungkin beragam, rumah sakit umum sering kali dimulai dari upaya menyediakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Rumah sakit ini didirikan dan didanai oleh pemerintah daerah untuk memenuhi kmemenuhi kebutuhan medis masyarakat di wilayahnya. Sebagai hasilnya, rumah sakit tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan layanan kesehatan, termasuk rawat jalan, perawatan medis, dan pembedahan yang lebih spesialis.

Kegiatan Yang dilakukan RSUD Kebayoran Lama

RSUD Kebayoran Lama, sebagai lembaga pelayanan kesehatan umum, aktif melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan misinya. Beberapa kegiatan umum yang sering dilakukan oleh RSUD Kebayoran Lama antara lain:

1. Pelayanan Medis

Pelayanan medis yang diberikan di RSUD Kebayoran Lama mencakup rawat jalan, rawat inap, layanan darurat, tes diagnostik, pembedahan, dan konsultasi spesialis.

2. Promosi dan Edukasi Kesehatan

Di samping memberikan layanan medis yang komprehensif, rumah sakit ini juga menggelar promosi dan edukasi kesehatan. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Pelatihan dan Pendidikan

Dalam rangka meningkatkan mutu layanan kesehatan, RSUD Kebayoran Lama mengadakan program pendidikan dan pelatihan. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi profesional medis seperti perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

4. Penelitian dan Pengembangan

RSUD Kebayoran Lama turut serta dalam proyek penelitian medis demi kemajuan praktik dan perawatan kesehatan.

5. Program Kesehatan Masyarakat

Salah satu program andalan yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut adalah program kesehatan masyarakat. Rumah sakit ini turut serta dalam kampanye kesehatan, upaya pencegahan dan penanganan penyakit, kegiatan vaksinasi, serta memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan ibu dan anak. Kegiatan inilah yang dapat mencerminkan keseriusan rumah sakit dalam memperhatikan kesehatan masyarakat.

6. Layanan Dukungan Pasien

Menyediakan layanan dukungan kepada pasien dan keluarganya, termasuk konseling, layanan sosial, hingga advokasi pasien.

7. Layanan Administratif dan Pendukung

Melakukan pengelolaan operasional rumah sakit, diantaranya termasuk administrasi, pemeliharaan, dan logistik demi menjaga kelancaran fungsi.

Sejauh ini, hanya informasi tersebut yang dapat kami sampaikan tentang sejarah dan kegiatan RSUD Kebayoran Lama. Untuk informasi lebih rinci, silakan akses situs web rsudkebayoranlama.id.