Pengertian Metropolitan Area Network (MAN)

Pengertian Metropolitan Area Network (MAN) - Metropolitan Area Network (MAN) adalah/ Metropolitan Area Network (MAN) yaitu/ Metropolitan Area Network (MAN) merupakan/ yang dimaksud Metropolitan Area Network (MAN)/ arti Metropolitan Area Network (MAN)/ definisi Metropolitan Area Network (MAN).
Metropolitan Area Network (MAN) adalah

Metropolitan Area Network atau disingkat MAN adalah jenis jaringan untuk mentransmisikan data atau informasi yang tidak lagi bersifat institusi/ pribadi, tetapi data atau informasi yang bersifat semipublic. Contohnya untuk layanan TV Kabel, Video on Demand, komunitas pendidikan, dan lain-lain.
Pada MAN Hak akses user terhadap informasi yang berada di dalamnya dibatasi oleh berbagai persyaratan. Pada MAN Protokol dan teknologi hampir mirip dengan LAN, yang membedakan hanya terletak pada ukurannya yang lebih besar sehingga disebut dengan MAN, karena MAN merupakan LAN yang berukuran besar. MAN tidak dikelola oleh satu sistem Admin Jaringan. MAN tidak dimiliki oleh suatu institusi, kecuali infrastrukturnya. Setiap orang tidak bisa secara bebas mengakses MAN.
Berikut ini adalah Keuntungan dan Kerugian Metropolitan Area Network (MAN).
Keuntungan MAN:
- Metropolitan Area Network bisa melingkupi kawasan yang lebih luas jika dibandingkan dengan Local Area Network (LAN). Melalui MAN informasi bisa disebarkan dengan lebih cepat, dan meluas.
- Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
- Komunikasi antar kantor dapat melalui chatting, e-mail, serta Video Conference (ViCon).
- Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate pada saat itu juga, contohnya ATM Bank untuk wilayah nasional).
Kerugian MAN:
- Untuk Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
- Memerlukan biaya operasional mahal.
- jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting) untuk mengatasinya sangat rumit.
Itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Metropolitan Area Network (MAN).

Artikel Terkait