Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi SosialInteraksi adalah/ Interaksi yaitu/ Interaksi merupakan/ yang dimaksud Interaksi/ arti Interaksi/ definisi Interaksi.
Interaksi adalah

Pengertian Interaksi Sosial Secara etimologis, Interaksi sosial berasal dari istilah dalam bahasa inggris social interaction yang berarti saling berinteraksi. Apabila dua orang bertemu dan terjadi keadaan saling mempengaruhi di antara mereka, maka dapat dikatakan bahwa telah terjadi interaksi sosial di antara kedua orang tersebut. Keadaan saling mempengaruhi dapat berupa persahabatan, permusuhan, percakapan, atau bahkan hanya sekedar sebuah isyarat dari keuda belah pihak.
Apabila didefinisikan secara lebih luas, maka interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis, bersifat tibal balik atarindividu, antarkelompok dan antara individu dengna kelompok. Interaksi sosial menyebabkan adanya proses sosial suatu masyarakat. Dengan adanya proses sosial dalam masyarakat, maka akan muncul perubahan dan perkambangan dalam masyarakat. Itu sebabnya kehidupan masyarakat senantiasa dinamis, karena kehidupan individu-individu dalam masyarakat juga senantiasa dinamis dengan adanya interaksi sosial yang terjadi.
Seorang Sosialogi Indonesia yaitu Soerjono Soekanto menyatakan bahwa interaksi social terjadi karena mereka sadar akan adanya pihak lain yang menimbulkan perubahan pikiran dan perasaan. Kesan yang timbul dalam diri seseorang menentukan tindakan yang akan dilakukannya. Tindakan sosial adalah tindakan manusia yang dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan sistem norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Interaksi sosial semoga bermanfaat.

Artikel Terkait