Pengertian Gerhana bulan

Pengertian Gerhana bulanGerhana bulan adalah/ Gerhana bulan yaitu/ Gerhana bulan merupakan/ yang dimaksud Gerhana bulan/ arti Gerhana bulan/ definisi Gerhana bulan.
Pengertian Gerhana bulan

Gerhana bulan adalah peristiwa tertutupnya bulan oleh bayangan bumi. gerhana disebabkan oleh bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan terletak dalam satu garis. Gerhana bulan terjadi jika bulan memasuki bayangan bumi. Bumi berada diantara matahari dan bulan. Akhirnya bulan tidak mendapat cahaya matahari sehingga bulan tidak terlihat oleh pengamat di bumi. Apabila bulan berada di daerah umbra, bulan tidak tampak sama sekali dari bumi. Pada saat ini terjadi gerhana bulan total. Selanjutnya bulan muncul dalam daerah redup saat masuk kembali ke daerah penumbra. Gerhana berakhir saat bulan keluar dari daerah penumbra. Gerhana bulan berlangsung cukup lama karena bayangan bumi cukup besar. lamanya dapat mencapai 6 jam bila bulan melewati tengah bayangan.
Jika bulan hanya menyinggung bayangan penumbra, gerhana hanya berlangsung beberapa saat. gerhana seperti ini disebut gerhana bulan sebagian (parsial). Bayangan bumi pada saat gerhana bulan terdiri dari 2 bagian sebagai berikut:
1. Bayangan umbra atau bayangan inti. Umbra berbentuk kerucut yang semakin mengecil begitu menjauh dari bumi. Umbra merupakan bayangan paling gelap. Umbra bumi panjangnya kira-kira 1.376.000 km.
2. Bayangan penumbra. Penumbra merupakan bayangan yang kurang gelap.
Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Gerhana bulan, semoga bermanfaat. Baca juga penjelasan tentang Gerhana Matahari.

Artikel Terkait