Pengertian Lipatan

Pengertian LipatanLipatan adalah/ Lipatan yaitu/ Lipatan merupakan/ yang dimaksud Lipatan/ arti Lipatan/ definisi Lipatan.
Lipatan yaitu

Lipatan atau kerutan adalah bentuk muka bumi hasil gerakan tekanan secara mendatar (horizontal) yang menyebabkan lapisan kulit bumi yang elastis menjadi berkerut dan melipat. Lipatan mempunyai dua bagian yaitu sinklinal dan antiklinal. Sinklinal addalah bagian dari sebuah lipatan yang lebih rendah dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sedangkan antiklinal adalah bagian dari lipatan yang paling tinggi dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Kumpulan sinklinal dalam sebuah lipatan disebut sinklonorium, sedangkan kumpulan antiklinal dalam sebuah lipatan disebut antiklinorium. Lipatan memiliki beberapa bentuk sebagai berikut:
1. Lipatan tegak (Symmetric Folds)
Lipatan tegak addalah lipatan yang dihasilkan dari kekuatan yang sama yang mendorong dua sisi dengan seimbang.
2. Lipatan Miring (Asymmetric Folds)
Lipatan miring adalah lipatan yang dihasilkan ketika kekuatan tenaga pendorong di salah satu sisinya lebih kuat, sehingga akan menghasilkan kenampakan salah satu sisinya lebih curam.
3. Lipatan Rebah (Overturned Folds)
Lipatan rebah adalah lipatan yang arah lipatannya mendatar. Lipatan ini terjadi karena arah tenaga horizontal hanya dari satu arah.
4. Lipatan Menutup (Recumbent Folds)
Lipatan menutup adalah lipatan yang terbentuk pada saat lipatan yang satu menekan sisi yang lain dan menyebabkan sumbu lipat hampir datar.
5. Lipatan Sesar Sungkup (Overthrust)
Lipatan sesar sungkup adalah lipatan yang terbentuk ketika tenaga tekan menekan satu sisi dengan kuat sehingga menyebabkan lipatan menjadi retak.
Itulah definisi Lipatan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait