Pengertian Sedimentasi

Pengertian SedimentasiSedimentasi adalah/ Sedimentasi yaitu/ Sedimentasi merupakan/ yang dimaksud Sedimentasi/ arti Sedimentasi/ definisi Sedimentasi.
Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut oleh air, angin, gelombang laut, atau gletser. Tempat pengendapatn material batuan dapat terjadi di sekitar aliran sungai, di pantai, di daratan, dan di kaki-kaki pegunungan. Berikut beberapa contoh hasil sedimentasi.
1. Hasil Sedimentasi oleh air sungai.
a. delta
material buatan yang diangkut oleh air sungai akan diendapakan di muara-muara sungai. Jika ketinggian endapan telah melampaui ketinggian permukaan air laut atau air sungai, maka terbentuklah daratan baru yang disebut delta. Delta adalah endapan yang terdapat di muara sungai dan bentuknya seperti segitiga
b. Daratan Banjir (Flood Plain)
Dataran banjir adalah daerah di sekitar sungai yang sering tergenang air pada waktu banjir dan berupa daratan ketika air surut.
c. Meader
Meader terjadi jika aliran sungai melalui daerah hampir datar atau datar sehingga arus sungai sangat lemah. Pengikisan tidak lagi terjadi ke arah dasar sungai, tetapi ke tepi sungai. Akibatnya aliran sungai menjadi berkelok-kelok. Lama-kelamaan, bila proses pengikisan terus berlangsung dapat mengakibatkan putusnya aliran sungai sehingga terbentuk danau tapal kuda.
2. Hasil sedimentasi oleh air gelombang laut
Gelombang air laut yang terus-menerus bergerak sepanjang waktu menghasilkan berbagai bentukan di pantai seperti berikut ini.
a. Beting, yaitu onggokan pasir di pantai dan muara sungai yang tampak pada waktu pasang surut dan digenangi air laut pada waktu pasang naik.
b. Nehrung, yaitu beting-beting (bukit pasir) yang panjang dan terletak di dekat pantai.
c. Tombolo, yaitu suatu tanggul pasir alami yang menghubungkan antara daratan dan pulau yang berada di dekat pantai.
3. Hasil Sedimentasi oleh Angin
Aktivitas angin yang berembus di permukaan bumi menghasilkan bentuk-bentuk kenampakan alam seperti berikut ini:
a. Beac/ pasir yaitu bentukan hasil pengendapan material buatan di sepanjang pantai. Beach terbentuk di daerah pantai yang terlindungi seperti di teluk.
b. Sand dune, yaitu bukit pasir rendah yang terbentuk karena embusan angin yang membawa butir-butir pasir. Sand dune terjadi jika angin berembus di daerah pasir yang luas di sepanjang pesisir. Pasir tersebut mungkin bisa terbawa angin jauh ke pedalaman.
c. Barchan, yaitu gemuruk pasir atau gundukan-gundukan yang terbentuk seperti kapal kuda.
4. Hasil Sedimentasi oleh Gletser
Kegiatan gletser menuruni lereng-lereng pegunungan akan menyisakan sedimen berupa monera. Monera adalah kumpulan batuan-batuan kecil, pasir, bongkah, dan sebagainya yang ditinggalkan oleh sisa-sisa gletser setelah gletser terseebut menuruni lereng pegunungan. Monera biasanya tertumpuk pada ujung gletser
Itulah yang bisa saya jelaskan tentang Pengertian Sedimentasi semoga apa yang saya jelaskan diatas biasa dijadikans sebagai referensi anda.

Artikel Terkait