--> Skip to main content

Pengertian Kebutuhan dan Faktornya (macam-macam & alat pemuas)

Pengertian Kebutuhan dan Faktornya (macam-macam & alat pemuas) - Apa itu kebutuhan? Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik dan psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia, sehingga kebutuhan manusia menjadi sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan kebutuhan, maka di sini kami akan mengulas tentang definisi kebutuhan. Seperti apa sih arti kebutuhan manusia yang tidak terbatas itu? Oke langsung saja berikut ini adalah pengertian kebutuhan dan faktor yang mempengaruhinya beserta macam-macamnya juga contoh-contoh kebutuhan.

Pengertian Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan

Pengertian kebutuhan adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupunya dalam rangka mencapai kemakmuran.

Kebutuhan itu mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam diri manusia. Misalnya yangang lapar ingin makan, yang haus ingin minum, yang bodoh ingin pintar, dan yang sakit ingin sembuh. Jadi kebutuhan merupakan segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia terus meningkat dan berubah karena disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah:

  • Sifat Alami Manusia.
  • Tingkat pendapatan.
  • Tingkat pendidikan.
  • Kemajuan Teknologi Informasi.
  • Agama dan Kepercayaan.
  • Jumlah Penduduk.
  • Iklan atau promosi produk.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Kebutuhan

Beragamnya kebutuhan manusia dapat dikelompokkan berdasarkan tolak ukur tertentu. Berikut ini adalah macam-macam kebutuhan dan contohnya.

1. Macam macam Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

Berikut ini adalah macam macam kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaan beserta dengan contohnya:

- Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Contoh kebutuhan primer adalah makanan, pakaian, dan tempat tinggal/ rumah.

- Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan promer terpenuhi agar kehidupan manusia bisa berjalan dengan baik. Contoh kebutuhan sekunder adalah peralatan rumah tangga seperti meja, kursi, tempat tidur, radio, komputer, buku, alat tulis dan lain-lain.

- Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang mewah, kebutuhan tersier bisa terjadi apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Contoh kebutuhan tersier adalah mobil ferrari, kapal pesiar, helikopter pribadi, pesawat pribadi, berwisata ke luar negeri, apartemen, dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Macam macam Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

Jenis jenis kebutuhan menurut waktu pemenuhannya dan contohnya adalah sebagai berikut ini:

- Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus terpenuhi sekarang dan tidak bisa ditunda-tunda. Contoh kebutuhan sekarang adalah obat, operasi.

- Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya bisa ditunda, namun harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Contoh kebutuhan masa depan adalah tabungan, asuransi, orang tua yang mempersiapkan pemenuhan anaknya yang hendak masuk sekolah, perlengkapan bayi untuk ibu hamil dan lain-lain.

- Kebutuhan Tidak Terduga

Kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang pemenuhannya datang secara tiba-tiba. Contoh kebutuhan tidak terduga adalah konsultasi kesehatan.

- Kebutuhan Sepanjang Waktu

Kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan yang lama yang bisa dibilang sepanjang waktu. Contoh kebutuhan sepanjang waktu adalah kebutuhan menuntut ilmu atau belajar.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Macam macam Kebutuhan Menurut Sifatnya

Macam macam kebutuhan menurut sifat dan contohnya yaitu sebagai berikut:

- Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh manusia untuk menjaga fisik atau raganya. Contoh kebutuhan jasmani adalah olahraga, istirahat, makan, minum dan pakaian.

- Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan diperlukan untuk pemenuhan batin atau jiwa. Contoh kebutuhan rohani adalah beribadah, rekreasi, kesenian, membaca buku, dan berkumpul dengan orang tua.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Macam macam Kebutuhan Menurut Subjek

Berikut ini adalah macam macam kebutuhan menurut subjeknya dan contohnya:

- Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk perorangan atau individu. Contoh kebutuhan pribadi adalah kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan, kebutuhan cleaning service dengan kebutuhan tentara.

- Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contoh kebutuhan sosial adalah jalan, jembatan, rumah sakit, pasar, sekolahan dan angkutan umum.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Alat Pemuas Kebutuhan

1. Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaannya

Macam macam alat pemuas kebutuhan menurut kelangkaannya yaitu:

- Benda Bebas/ Nonekonomi

Benda bebas adalah benda yang bisa didapatkan secara bebas (gratis), batu di sungai, pasir di pantai.

- Benda Ekonomi

Benda ekonomi adalah benda yang cara mendapatkannya melalui pengorbanan, yang biasanya pengorbanannya dapat berupa uang. Contoh benda ekonomi beras yang kita beli.

- Benda Illith

Benda illith adalah benda yang jumlahnya berlebihan dan bisa membayakan. Contoh benda illith adalah debit air yang besar bisa menyebabkan banjir bandang, api yang besar bisa menyebabkan kebakaran.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Macam macam Alat Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Penggunaan

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

- Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang yang penggunaannya bisa menggantikan barang lain atau saling menggantikan. Contoh barang substitusi adalah apabila sabun cuci harganya mahal maka bisa diganti dengan sabun cuci krim.

- Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang pemuas kebutuhan yang dapat bermanfaat apabila digunakan bersama dengan barang lain. Contoh barang komplementer adalah sepeda motor dan mobil tidak dapat jalan apabila tidak ada bahan bakarnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Macam macam Alat Pemuas Kebutuhan Menurut Proses Pembuatannya

Macam macam alat pemenuhan kebutuhan menurut proses pembuatannya adalah:

- Bahan Mentah

Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi. Contoh barang mentah adalah kapas, timah, batu bara, the, tebu dan lain-lain.

- Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang hasil pengolahan bahan mentah, namun belum menjadi produk akhir dan masih harus diolah lagi. Contoh barang setengah jadi adalah benang yang akan dijadikan kain, kain yang akan dijadikan pakaian.

- Barang Jadi

Barang jadi adalah barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang jadi adalah sepatu, baju, celana dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Alat pemuas kebutuhan manusia menurut tujuan penggunaannya ialah sebagai berikut ini:

- Barang Produksi

Barang produksi adalah barang yang masih perlu diolah sebelum digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang produksi adalah tepung terigu, kain, kayu glondongan dan lain-lain.

- Barang Konsumsi

Benda konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang konsumsi adalah makanan, minuman, sepatu dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kegunaan Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Sebutkan kegunaan benda sebagai alat pemuas kebutuhan manusia? Berikut ini penjelasannya:

  • Element utiliti/ kebutuhan elemen = peningkatan dari bahan dasar menjadi barang jadi sehingga mempunyai nilai guna yang lebih tinggi dari pada bahan asalnya. Sebagai contoh kapas merupakan bahan dasar dalam membuat benang, benang adalah bahan dasar dalam membuat kain/ tekstil, dan kain/ tekstil adalah bahan dasar dalam membuat pakaian.
  • Time utility/ Kebutuhan waktu = Perbedaan nilai guna suatu barang akibat adanya perbedaan waktu. Payung akan lebih berguna apabila digunakan ketika hujan atau ketika hari panas. Begitu pula dengan obat jika diminum di saat sehat tentu tidak baik dan tidak mempunyai nilai guna dibanding ketika sedang sakit. Kedua contoh tersebut menunjukkan kalau barang yang sama mempunyai nilai guna yang berbeda karena ada perbedaan waktu.
  • Place utility/ kebutuhan tempat = Perbedaan nilai guna barang yang diakibatkan adanya perbedaan tempat. Contohnya air di daerah yang sedang kekeringan akan mempunyai nilai guna yang lebih tinggi dibandingkan dengan air yang berada di daerah yang tersedia banyak air.
  • From utility/ kebutuhan bentuk = Perbedaan nilai guna suatu barang akibat adanya perbedaan bentuk. Misalnya sebatang kayu akan mempunyai nilai jual atau nilai guna yang lebih tinggi apabila bentuknya diubah menjadi kursi.
  • Ownership utility/ kebutuhan hak milik = Perbedaan nilai guna suatu barang yang diakibatkan oleh perbedaan kepemilikian. Sebagai contoh barang yang tersedia di toko akan mempunyai nilai guna yang lebih tinggi apabila dimiliki oleh orang yang sedang membutuhkan barang tersebut.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang pengertian kebutuhan dan faktornya (macam-macam & alat pemuas). Semoga penjelasan yang kami tulis di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah wawasan kita.
Buka Komentar
Tutup Komentar