Pengertian Daur Nitrogen

Pengertian Daur NitrogenDaur Nitrogen adalah/ Daur Nitrogen yaitu/ Daur Nitrogen merupakan/ yang dimaksud Daur Nitrogen/ arti Daur Nitrogen/ definisi Daur Nitrogen.
Daur Nitrogen adalah

Atmosfer mengandung lebih kurang 80 % atom nitrogen dalam bentuk gas nitrogen (N2). Di dalam orgnisme, nitrogen ditemukan dalam semua asam amino yang merupakan penysun protein. Bagi tumbuhan, nitrogen tersedia dalam bentuk amonium (NH4+) dan Nitrat (NO3-) yang masuk ke dalam tanah melalui air hujan dan pengendapan debu-debu halus atau butiran lainnya. Beberapa tumbuhan, seperti Bromeliaceae, epifit yang ditemukan di hutan hujan tropis, memiliki akr udara yang dapat mengambil NH4+ dan NO3- secara langsung dari atmosfer.
Jalur lain penambahan nitrogen dalam ekosistem adalah melalui fiksasi nitrogen (nitrogen fixation). Fiksasi nitrogen merupakan proses perubahan gas nitrogen (N2) menjadi mineral yang digunakan untuk menyintesis senyawa organik seperti asam amino. Nitrogen difiksasi oleh bakteri Rhizobium, Azotobacter, dan Clostridium yang hidup bebas dalam tanah. Selain dari sumber alami, sekarang ini fiksasi nitrogen dibuat secara industri yang digunakan sebagai pupuk. Pupuk bernitrogen ini memberikan sumbangan utama dalam daur nitrogen/ siklus nitrogen di suatu ekosistem akibat kegiatan pertanian. Meskipun tumbuhan dapat menggunakan amonium secara langsung, tetapi sebagian besar amonium dalam tanah digunakan oleh bakteri aerob tertentu sebagai sumber energi. Aktivitas ini mengubah amonium menjadi nitrit (NO2-) kemudian menjadi nitrat (NO3-). Proses ini disebut nitrifikasi. Nitrit yang dibebaskan bakteri ini kemudian diubah oleh tumbuhan menjadi bentuk organik, seperti asam amino dan protein. Beberapa hewan akan mengasimilasi nitrogen organik dengna cara memakan tumbuhan atau hewan lain. Pada kondisi tanpa oksigen (aerob), beberapa bakteri dapat memperoleh oksigen untuk diubah menjadi N2 yang kembali katmosfer. Perombakan dan penguraian nitrogen organik kembali menjjadi amonium yang disebut amonifikasi dilakukan oleh bakteri dan jamur pengurai. Proses-proses tersebut akan mendaur ulang sejumlah besar nitrogen di dalam tanah.
Demikian penjelasan dari kami, sekarang anda sudah mengerti kan apa yang dimaksud daur nitrogen itu, semoga bermfaat.

Artikel Terkait