--> Skip to main content
Menu

Pengertian Hukum I Kirchoff dan Contoh Soalnya

Pengertian hukum i kirchoff - Apa itu hukum kirchoff 1? Sebelumnya kami berikan sedikit penjelasan tentang hukum kirchoff. Hukum kirchoff merupakan salah satu hukum yang terdapat dalam ilmu Elektronika yang fungsinya untuk menganalisis arus dan tegangan dalam rangkaian. Pertama kalinya hukum kirchoff diperkenalkan pada tahun 1845 oleh seorang ahli fisika dari jerman bernama Gustav Robert Kirchoff. Hukum kirchoff sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu Hukum Kirchoff 1 dan 2. Pada pembahasan ini yang kami ulas yaitu tentang apa yang dimaksud hukum kirchoff 1. Untuk hukum Kirchoff 2 akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan hukum kirchoff 1? Mungkin diantara kamu sudah ada yang pernah tahu apa yang dimaksud hukum 1 kirchoff, namun lupa. Mungkin juga ada yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan hukum 1 kirchoff. Untuk itulah di sini kami akan mencoba memberikan definisi hukum 1 kirchoff atau menerangkan arti hukum kirchoff 1 dan juga kami berikan contoh soal hukum kirchoff 1. Silahkan di simak penjelasan dari kami tentang definisi hukum kirchoff 1 berikut ini.

Pengertian Hukum I Kirchoff

Pengertian Hukum Kirchoff 1

Hukum I Kirchoff adalah hukum yang menyatakan bahwa pada suatu rangkaian bercabang, jumlah kuat arus yang masuk titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang meninggalkan titik percabangan tersebut.

Atau hukum kirchoff 1 yaitu hukum kirchoff yang berhubungan dengan arah arus dalam menghadapi titik percabangan. Sehingga hukum kirchoff 1 ini biasa disebut sebagai hukum arus kirchoff atau Kirchoff’s Current Law (KCL).

Berikut ini adalah bunyi hukum kirchoff 1:

Agar lebih jelas tentang bunyi hukum kirchoff 1, perhatikanlah rumus dan rangkaian sederhana berikut ini:

Pengertian Hukum I Kirchoff

Berdasarkan dari rangkaian tersebut, maka bisa dirumuskan sebagai berikut ini :

I1 + I2 +I3 = I4 + I5 + I6

Contoh Soal Hukum Kirchhoff 1

Pengertian Hukum I Kirchoff

Dari rangkian tersebut diketahui bahwa I1 = 5A, I2 = 1A, I3 = 2A. Maka berapakah I4 (arus yang mengalir pada AB?.

Penyelesaian:

Berdasarkan gambar rangkaian yang telah diberikan di atas, belum diketahui apakah arus I4 itu merupakan arus masuk ataukah keluar. Karena itulah kita perlu membuat sebuah asumsi awal, misalkan kita mengasumsikan arus pada I4 adalah arus keluar.

Jadi arus yang masuk ialah:

I2 + I3 = 1 + 2 = 3A

Arus yang keluar yaitu:

I1 + I4 = 5 + I4

3 = 5 + I4

I4 = 3 – 5

I4 = -2

Karena nilai yang diperoleh merupakan nilai negatif, ini berbeda dengan asumsi kita sebelumnya berarti I4 yang sebenarnya ialah arus masuk.

Itulah yang dapat kami jelaskan tentang pengertian Hukum I Kirchoff, semoga yang saya jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat. Baca juga artikel saya tetang Pengertian Hukum Gauss.