Pengertian Surat pribadi

Pengertian Surat pribadi Surat pribadi adalah/ Surat pribadi yaitu/ Surat pribadi merupakan/ yang dimaksud Surat pribadi/ arti Surat pribadi/ definisi Surat pribadi.
Surat pribadi yaitu

Surat pribadi adalah surat perseorangan kepada orang lain atau kepada organisasi. Pengirim surat pribadi harus menyebut dirinya dengan kata saya atau kata ganti orang pertama. Jika dilihat dari segi isinya, surat pribadi dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam seperti berikut.
- Surat pribadi yang isinya bersifat tidak resmi, yaitu surat yang dikirim kepada teman, kerabat, atau keluarga. Surat ini memiliki kebebasan dalam pemakaian bentuk dan pemakaian bahasa. Bentuk surat pribadi boleh menyimpang dari aturan bentuk surat resmi dan bahasanya pun boleh tidak baku.
- Surat pribadi yang isinya bersifat resmi, yaitu surat yang dikirim kepada pejabat suatu instansi atau kepada organisasi, misalnya surat pernyataan, surat pemberitahuan tidak masuk sekolah/ tidak masuk kerja, dan surat lamaran pekerjaan. Surat pribadi yang bersifat resmi harus menggunakan bentuk dan bahasa yang baku.
Bagian suat-surat pribadi yaitu, tempat dan tanggal surat, alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat, kalimat penutup dan salam penutup, tanda tangan dan nama terang.

Artikel Terkait