--> Skip to main content
Menu

Pengertian Surat Lamaran Kerja, Bagian-bagian, Cara Membuat, dan Contohnya

Pengertian surat lamaran kerja - Surat merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi secara tertulis. Macam-macam surat itu ada banyak tergantung dari penggunaannya. Macam-macam surat diantaranya yaitu surat pribadi, surat resmi, surat niaga, surat dinas dan surat lamaran kerja. Nah yang akan kami di sini yaitu tentang surat lamaran kerja. Sudah tahukah kamu apa itu surat lamaran kerja? Jika belum tahu apa yang dimaksud surat lamaran kerja, maka kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi surat lamaran kerja atau arti surat lamaran kerja  dalam artikel ini. Berikut ini penjelasan tentang pengertian surat lamaran kerja beserta bagian bagian surat lamaran kerja, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan contoh surat lamaran kerja.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran atau surat permohonan pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk dapat memperoleh pekerjaan. Dengan demikian, surat lamaran pada prinsipnya sama dengan surat penawaran. Dalam surat lamaran pekerjaan seseorang menawarkan jasa yang akan diberikan pelamar pada kantor/ instansi yang dilamar. Jasa yang ditawarkan tersebut dapat berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kecakapan, keterampilan, ataupun kepribadian seseorang yang ditulis secara singkat. Data yang ditulis lengkap dan singkat disebut data kualifikasi.

Surat lamaran kerja secara garis besar terbagi menjadi 2 macam yaitu surat lamaran kerja yang berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja berdasarkan dari inisiatif diri sendiri. Surat lamaran kerja termasuk dalam surat dinas atau resmi, sehingga dalam penulisannya ada aspek-aspek tertentu yang perlu untuk diperhatikan.

Bagian bagian surat lamaran kerja

Bagian-bagian dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut ini:

  • Tempat serta tanggal pembuatan surat lamaran kerja.
  • Perihal atau hal.
  • Lampiran berkas.
  • Alamat yang dituju.
  • Salam pembuka.
  • Isi surat yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu paragraf pembuka, isi surat, daftar lampiran serta paragraf penutup.
  • Salam penutup.
  • Nama terang pelamar disertai tanda tangan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah tata cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

  • Bahasa yang digunakan harus baik dan benar. Pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja termasuk surat resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.
  • Penulisan kalimat singkat padan dan jelas. Dalam menulis surat lamaran kerja jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele sebab sebuah perusahaan atau instansi tidak suka dengan surat lamaran kerja yang bertele-tele. Selain itu surat lamaran kerja juga dapat menampilkan jati diri seseorang yang membuat surat lamaran kerja.
  • Di tulis secara manual dengan tangan. Perusahaan cenderung lebih menyukai penulisan surat lamaran kerja secara manual karena dengan tulisan tangan maka dapat dinilai bagaimana kepribadian seorang yang membuat surat lamaran kerja.
  • Kebersihan surat lamaran kerja perlu diperhatikan. Dalam surat lamaran kerja jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus. Apabila terjadi kesalahan dalam menulis sebaiknya tulis ulang saja pada kertas yang baru.
  • Isi data diri secara jelas serta informasi tentang diri anda. Lampirkan juga dokumen-dokumen pendukung seperti fotocopy identitas diri, daftar riwayat hidup dan dokumen-dokumen yang lainnya yang dijadikan sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.
  • Apabila punya sertifikat pendukung yang dapat menambah nilai plus pada diri anda, jangan ragu untuk ikut melampirkannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini kami berikan contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan kerja misal dari Jooble dan contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri, silahkan dipahami.

Contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan

Kudus, 28 februari 2013

Hal          : Lamaran pekerjaan

Lampiran: 1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada di lamaran )
Kepada   : Yth. Kepala bagian personalia
                  PT Teh-Nikmat
                  Jalan sudirman 15 kudus
                 di tempat

  

Dengan hormat

Berdasarkan iklan yang di muat dalam harian suara merdeka yang isinya menyatakan bahwa PT Teh-Nikmat membuka lowongan kerja untuk tenaga produksi maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                       : Johan Cendono
Tempat tanggal lahir: Kudus, 1 Januari 1991.
Pendidikan terakhir  : SMK N 2 Kudus Teknik Komputer.
Status                       : Belum Kawin.
Alamat                     : Jln. Pangeran Cendono no 99 Kudus.
No HP                      : 00814436914.

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Saya mempunyai pengalaman sebagai seorang teknisi dibidang komputer di perusahaan mesin terkemuka di kota Jepara.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
  2. Fotocopy kartu identitas
  3. Fotocopy SKCK dari kepolisian
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Pas foto ukuran 4x6
  6. Surat pengalaman kerja.( jika ada )

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat diterima bekerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang di berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

  

Hormat saya

  

(tanda tangan)

Johan Cendono

Contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri

Kudus, 28 februari 2013

Hal:Lamaran pekerjaan
Lampiran:1 berkas ( tergantung jumlah berkas yang ada di lamaran )

  

Kepada:Yth. Kepala bagian personalia
PT Teh-Nikmat
Jalan sudirman 15 kudus
di tempat

  

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan:

Nama                        : Andi Himawan
Tempat tanggal lahir: Kudus, 23 Mei 1992
Pendidikan terakhir  : SMK N 2 Kudus Teknik Mesin
Status                        : Belum Kawin
Alamat                      : Jln. mawar no 23 kudus
No HP                       : 00814436914

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Saya mempunyai pengalaman sebagai seorang teknisi dibidang mesin di perusahaan mesin terkemuka di kota Jepara.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
  2. Fotocopy kartu identitas
  3. Fotocopy SKCK dari kepolisian
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Pas foto ukuran 4x6
  6. Surat pengalaman kerja.( jika ada )

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan saya dapat diterima bekerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang di berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

  

Hormat saya

  

(tanda tangan)

Andi Himawan

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Pengertian surat lamaran. Semoga apa yang sudah kami bagikan di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.