Tujuan Negara

Tujuan Negara - Negara yaitu sebuah organisasi persekutuan masyarakat yang mempunyai kekuasaan dan merupakan alat untuk meraih tujuan bersama. Jika suatu tujuan negara diketahui maka akan bisa dikaji legitimasi kekuasaan serta sifat dari organisasi negara tersebut. Di samping itu juga bisa dipahami motivasi dan orientasi terbentuknya sebuah negara dan bisa diarahkan ke mana cita-cita yang akan diraih oleh organisasi negara tersebut. Memahami tujuan suatu negara bisa juga dikenal pengendalian dan tatanan organisasinya dengan kondisi lingkungan warga negara. Tujuan negara di setiap negara berbeda-beda hal ini dikarenakan terdapat perbedaan budaya, latar belakang sejarah, dan idiologi suatu bangsa atau suatu masyarakat.
Tujuan Negara
Lalu, apa itu tujuan negara? Di bawah akan kami jelaskan secara rinci tentang tujuan negara. Penjelasan ini kami bagi menjadi 2 yaitu tujuan negara secara umum dan tujuan negara menurut para ahli.
Baca juga Artikel: Pengertian Negara

Tujuan Negara Secara Umum

Tujuan negara merupakan sesuatu yang telah ditetapkan dan disepakati oleh masyarakat, dan juga cara yang akan dilalui untuk menggapainya. Tujuan negara merupakan arah atau pedoman untuk menjalankan pemerintahan bagi penyelenggara negara, karena itulah maka setiap negara pastinya mempunyai tujuan. Pada umumnya tujuan negara adalah untuk mensejahterakan rakyatnya, karena kesejahteraan merupakan sebuah cita-cita yang diharapkan oleh sebuah bangsa. Sebagai organisasi tertinggi sebuah bangsa, maka setiap negara mempunyai kewajiban untuk mewujudkan tujuan negaranya.

Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Para ahli kenegaraan telah mengemukakan pendapat tentang tujuan negara. Berikut ini adalah penjelasan tentang tujuan negara menurut para ahli.
Tujuan Negara Menurut Imamnuel Kant
Tujuan negara menurut Imamnuel Kant yaitu menjamin kebebasan dan hak setiap manusia. Menurut Imamnuel Kant bahwa kedudukan setiap warga negara harus dijamin oleh negara. Karena itulah penguasa tidak diperbolehkan bertindak sewenang-wenang terhadap setiap warga negara. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka negara perlu membentuk hukum yang mengatur hal tersebut, sehingga dengan begitu maka setiap tindakan negara akan berpedoman pada hukum yang berlaku.
Tujuan Negara Menurut R. Kranenburg
Menurut R. Kranenburg tujuan negara adalah untuk mensejahterakan rakyat (mewujudkan kesejahteraan). Negara, dalam hal ini di anggap sebagai alat yang diciptakan manusia untuk menggapai tujuan bersama, keadilan sosial bagi semua raykat, dan juga kemakmuran.
Tujuan Negara Menurut Niccolo Machiavelli
Tujuan negara menurut Niccolo Machiavelli yaitu membentuk kekuasaan negara. Niccolo Machiavelli menjelaskan dalam bukunya II Principle (Sang Pangeran), bahwa pemerintahan merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan dan menjalankan kekuasaan. Niccolo Machiavelli menegaskan bahwa pemerintah bisa berbuat apa saja untuk membentuk kekuasaan Negara. Bila perlu pemerintah juga dapat berbuat kecurangan untuk menyelamatkan negaranya. Karena itulah pemerintah yang sudah lemah tidak akan bisa bertahan lama bahkan bisa mengalami kehancuran.
Tujuan Negara Menurut Dante Alighieri
Tujuan negara menurut Dante Alighieri yaitu negara bertujuan untuk menggapai perdamaian dunia. Pendapat Dante Alighieri dalam teori perdamaian dunia menyatakan bahwa sebaiknya di dunia ini hanya ada satu negara yang mempunyai kedaulatan penuh dan letak kekuasaannya pada satu orang. Apabila di dunia ada banyak negara yang merdeka, maka perdamaian dan ketentraman tidak akan bisa terwujud. Itu dikarenakan setiap negara mempunyai kepentingan dan tujuan yang berbeda sehingga akan menimbulkan koflik atau benturan yang bisa mengarah ke peperangan.
Tujuan Negara Menurut Shang Yang
Satu-satunya tujuan negara menurut pendapat Shang Yang yaitu untuk mengumpulkan kekuasaan negara sebanyak-banyaknya melalui cara menyediakan tentara yang disiplin dan kuat. Apabila negara ingin kuat maka rakyat harus lemah.
Tujuan Negara Menurut Harold J. Laski
Menurut Harold J. Laski tujuan negara yaitu untuk menciptakan sebuah keadaan yang bisa membuat rakyat bisa mengapai keinginan-keinginannya secara maksimal.
Tujuan Negara Menurut J. Barents
Terdapat 3 tujuan negara menurut J. Barents, yaitu:
- Untuk mempertahankan kekuasaan
- Menjaga ketentraman dan ketertiban.
- Untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
Tujuan Negara Menurut Roger H. Soltau
Menurut Roger H. Soltau tujuan negara yaitu sebisa mungkin membuat rakyat dapat berkembang dan sebebas mungkin menyelenggarakan daya ciptanya.
Tujuan Negara Menurut Kaum Sosialis
Menurut pendapat kaum sosialis tujuan negara yaitu memberikan kebahagiaan kepada segenap manusia yang sebesar-besarnya dan secara merata. Supaya hal tersebut dapat berjalan maka negara harus memiliki seluruh alat-alat distribusi dan produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak.
Baca juga Artikel: Fungsi Negara
Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Tujuan Negara semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait