Pengertian Teks Eksplanasi

Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan tentang teks eksplanasi, yaitu sebuah materi dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013. Materi teks eksplanasi ini sejauh pengamatan dari penulis pada kurikulum sebelumnya belum ada dalam buku-buku teks. Selain itu di internet, ketersediaan referensi mengenai materi ini juga tergolong minim. Namun faktanya jumlah permintaan atau pencari informasi tentang materi “teks eksplanasi” di mesin pencari google cukup tinggi. Maka dari itulah kami akan menguraikan secara rinci tentang Pengertian teks eksplanasi. Mungkin di antara anda ada yang masih bingung atau belum tahu apa yang dimaksud teks eksplanasi itu? Silahkan simak saja penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Teks Eksplanasi
Apa itu teks eksplanasi? Kata eksplanasi secara etimologi yaitu sebuah istilah yang berasal dari kata dalam bahasa inggris “explanation”. Yang artinya “keterangan” atau “penjelasan”. Secara sederhananya eksplanasi merupakan sebuah teks yang bisa diartikan sebagai teks yang isinya keterangan atau penjelasan mengenai suatu hal. Tetapi telah disepakati secara spesifik kalau pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang isinya uraian mengenai berbagai fenomena yang ada di sekitar. Dalam teks eksplanasi fenomena yang dijelaskan yaitu seperti fenomena budaya, fenomena alam, fenomena sosial dan lain-lain. Yang menjadi ciri utama sekaligus fungsi teks eksplanasi yaitu uraian yang diberikan bersifat memberikan keterangan atau penjelasan tentang sesuatu hal disertai dengan fakta yang ada.
Bagian Bagian Teks Eksplanasi
Sebagai fungsi pendukung tersebut, maka untuk menyusun tubuh teks eksplanasi terdiri dari bagian-bagian untuk dapat menjadi sebuah uraian keterangan atau penjelasan. Yang dimaksud bagian-bagian tersebut yaitu: bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup.
- Bagian pembuka teks eksplanasi bisa berisi pernyataan umum dari penulis.
- Bagian isi teks eksplanasi yaitu berisi penjelasan mengenai fenomena apa yang sedang diceritakan.
- Bagian penutup teks eksplanasi yaitu isinya berupa interpretasi dari apa yang telah dijelaskan pada teks.
Sebagaimana yang sudah anda baca dalam uraian di atas, materi yang kami sampaikan dalam artikel ini hanya membahas tentang pengertian teks eksplanasi. Jadi sampai di sini, artinya kita telah memasuki pembahasan mengenai struktur teks eksplanasi. Namun penjelesan tentang struktur teks eksplanasi akan kami berikan dalam artikel selanjutnya.
Demikian penjelasan dari kami tentang Pengertian Teks Eksplanasi, semoga apa yang kami jelaskan di atas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait