--> Skip to main content
Menu

Pengertian Planet Venus

Pengertian Planet Venus - Planet Venus adalah planet kedua yang letaknya dekat dengan matahari setelah planet merkurius. Dari planet venus ke matahari jaraknya berkisar 108 juta km. Orbit planet ini mempunyai bentuk lingkaran. Untuk bisa mengelilingi matahari planet venus memerlukan waktu sekitar 224, 7 hari. Sedangkan berputar pada orbitnya, planet venus memerlukan waktu selama 243 hari. Planet venus porosnya tidak sama dengan planet-planet yang lain. Jika planet yang lainnya arah putarnnya searah jarum jam, sedangkan planet venus arah berputarnya berlawanan arah dengan jarum jam. Kecepatan berputar planet venus tergolong sangat lambat. Waktu 1 tahun di planet bumi lebih pendek dari 1 hari di Planet Venus. Atau dengan kata lain, kecepatan untuk mengelilingi matahari lebih cepat dibandingkan dengan kecepatannya berputar pada porosnya.

Pengertian Planet Venus

Ciri dan Karakteristik Planet Venus

Planet Venus selain mempunyai ciri putarannya, planet venus mempunyai ciri yang sangat berbeda dengan planet yang lainnya. Planet Venus mempunyai suhu yang sangat panas sehingga bisa membakar. Permukaannya suhunya bisa mencapai 450 derajat Celcius yang bahkan dapat melelehkan timah. Ciri yang lain yang khas dari planet venus yaitu lapisan atmosfernya padat dengan karbondioksida. Selain itu di palanet venus atmosfernya terdapat lapisan sulfur yang ketebalannya berkilo-kolo meter. Karena itulah di planet venus selalu dijumpai hujan asam yang mematikan. Itulah ciri-ciri planet venus yang menyebabkan tidak mungkin adanya kehidupan di planet venus.

Pengertian Planet Venus
Gambar permukaan planet venus

Karena di planet venus atmosfer  tergolong sangat padat maka planet venus menjadi planet yang sagat panas sehingga mempunyai efek rumah kaca yang sanga besar. Akibat yang lain dari kepadatan atmosfer di planet venus yaitu tidak adanya perbedaan antara suhu siang dan malam. Lapisan kulit planet venus tersusun menurut tingkat kepadatannya. Urutan lapisan tingkat kepadannya yaitu inti, kerak, dan lapisan kulit luar. Selain itu planet venus tidak mempunyai medan magnet yang tinggi seperti pada planet yang lainnya.

Apabila dilihat dari segi volume, kepadatan dan massanya planet venus mempunyai kemiripan dengan bumi. Karena itulah planet venus dikenal dengan sauddara bumi. Planet venus bisa terlihat engan mata telanjang dari bumi ketika matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Karena itulah planet venus ini dikenal dengan sebutan bintang pagi dan bintang malam. Selain itu pada masyarakat umum, planet venus terkenal dengan sebutan bintang penggembala. Planet venus juga merupakan benda langit yang paling bercahaya setelah matahari dan bulan.

Permukaan planet venus terdiri atas area yang mempunyai sedikit perbukitan. Pada saat melakukan penelitian pada permukaan planet ini, tampak banyak pegunungan dan kawah. Ada dua pegunungan dan kawah. Pegunungan di planet ini ada 2 ukurannya sebesar benua. Jadi apabila dibandingkan, luas area dari salah satu pegunungan di planet venus hampir seukuran dengan daratan Amerika Selatan. Di planet venus ini juga ditemukan perbukita, lembah-lembah, kawah-kawah, area vulkanis (gunung berapi) dan juga plato-plato (area luas yang letaknya ada di datarn tinggi).

Lihat juga Artikel tentang:

Demikian penjelasan dari kami tentang Pengertian Planet Venus, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.