Pengertian Rangkaian Seri

Pengertian Rangkaian Seri - Yang akan kami bahas kali ini yaitu tentang Rangkaian Seri. Dalam pembahasan ini yaitu meliputi Pengertian Rangkaian Seri, Ciri-ciri rangkaian Seri, dan gambar rangkaian seri. Rangkaian Seri dalam kelistrikan merupakan satu dari dua jenis rangkaian yang dikenal secara umum saat ini. Fungsi dari rangkaian seri yaitu untuk memperbesar hambatan dan pembagi tegangan. Yang membedakan antara rangkaian seri dengan rangkaian listrik yang lainnya yaitu berdasarkan padacara  suatu kmponen listrik tersusun. Rangkaian seri mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pola susunannya. Melalui artikel ini kami akan menunjukan kepada anda seperti apa susunan rangkaiannya. Selain itu untuk tambahan kami juga akan memberikan rumus-rumus yang dipakai dalam perhitungan rangkaian seri.

Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian seri yaitu sebuah model rangkaian listrik yang dikenal sekarang ini. Dalam pelajaran tentang listrik, rangkaian seri adalah sebuah rangkaian yang seluruh bagian-bagiannya dihubungkan secara urut, dengan begitu setiap bagian dialiri arus yang sama. Biasanya rangkaian Seri desebut dengan rangkaian tunggal, yaitu rangkaian yang membiarkan listrik mengalir keluar dari sumber  tegangan melewati setiap bagian, dan balik lagi ke sumber tegangan. Di setiap titik sepanjang rangkaian kuat arus yang mengalir selalu sama. Nilai suatu hambatan akan semakin besar apabila suatu hambatan dirangkai secara seri. Sedangkan apbila sebuah lampu dirangkai secara seri maka nyala lampu tersebut akan semakin redup. Apabila lampu satu ada yang mati, maka lampu yang lainnya juga akan ikut mati.

Ciri-ciri Rangkaian Seri

Ciri-ciri rangkain seri adalah seluruh komponen listrik yang akan dipasang dirancang secara berurutan atau berderet. Di sepanjang rangkaian, kabel yang menghubungkan semua komponen tidak mempunyai percabangan, sehingga hanya terdapat satu jalan yang dilewati oleh arus. Ini akan berakibat arus listrik yang mengalir ke berbagai titik dalam rangkaian besarnya sama, tetapi beda potensialnya beda. Itu artinya seluruh komponen yang terpasang akan memperoleh arus yang sama juga. Rangkaian seri mempunyai hambatan total yang lebih besar dibandingkan dengan hambatan penyusunnya.(R Total) Hambaan total ini disebut dengan hambatan pengganti. Tegangan totl (Vtotal) atau beda potensial dari suatu rangkain seri yaitu hasil antara beda potensial pada setiap resistor. Seluruh pernyataan tersebut bisa dirumuskan seperti berikut:
Pengertian Rangkaian Seri

Kelebihan dari menggunakan rangkain seri yaitu bisa mengurangi biaya penggunaan kabel listrik. Sedangkan kelemahan menggunakan rangkaian seri yaitu energi yang diserap tiap-tiap alat listrik akan menjadi semakin kecil. Contohnya: Lampu akan menjadi redup apbila dirangkai secara seri. Apabila terjadi kerusaskan salah satu komponen listrik maka seluruh komponen tidak bisa bekerja. Selain itu, hambatan listrik apabila komponen disusun secara seri seri akan makin besar.

Gambar Rangkaian Seri

Di bawah ini kami tampilkan gambar-gambar yang menunjukan susunan komponen yang disusun secara seri.
Rangkaian Seri pada Lampu
Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian Seri Resistor
Pengertian Rangkaian Seri

Itulah penjelasan yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Rangkaian Seri, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait