Skip to main content

Pengertian Encryption, Kelebihan dan Kekurangan Encryption

Pengertian Encryption – Encryption merupakan hal yang berhubungan dengan kriptografi. Apa itu encryption? Bagi kamu yang mempelajari tentang kriptografi tentunya sudah tahu dengan apa yang dimaksud dengan encryption. Tetapi apabila masih belum tahu seperti apa yang dimaksud encryption. Maka kamu bisa mengetahui tentang encryption dalam postingan ini karena pada pembahasan ini kami akan membahas tentang definisi encryption serta kelebihan dan kekurangan encryption. Oke langsung saja simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Encryption

Pengertian Encryption

Encryption adalah program penyandi pesan agar tidak dapat dibaca orang lain atau tidak dapat diketahui informasinya oleh orang lain tanpa pengetahuan khusus. Atau arti dari encryption yaitu sebuah proses untuk “mengaburkan” informasi supaya informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa pengetahuan khusus.

Dalam proses encryption, informasi asli disebut sebagai plaintext (dapat kita pahami sebagai teks apa adanya). Kemudian plaintext tersebut disandikan dengan sebuah algoritma yang dilengkapi dengan sebuah kata kunci tertentu yang telah disepakati sehingga menjadi ciphertext. Apabila seseorang membaca ciphertext tersebut maka tidak akan dapat memahami maksud dari isi informasinya karena terlihat acak-acakan. Nah itulah yang dinamakan dengan encryption.

Algoritma penyandian subtitution merupakan yang paling klasik yaitu dengan menukarkan huruf yang satu dengan huruf yang lain. Algoritma “Caesar Cipher” merupakan algoritma yang cukup terkenal (digunakan oleh Julius Caesar) yaitu dengan mengeser huruf (Shift Cipher). Julius Caesar menggunakan shift of 3 yaitu menggeser huruf 3 yaitu A -> D, B -> E dan seterusnya hingga X -> A, Y -> B, Z -> C. Untuk menuliskan PLUA dengan menggunakan algiritma ini menjadi SOXD.

Tingkat keamanan encryption ditentukan berdasarkan:

  • Panjang kunci, semakin panjang kunci tentunya akan semakin aman.
  • Algoritma yang digunakan.
  • Cara menyimpan kunci. Apabila kunci disimpan dengan rapat tentunya akan lebih aman, namun apabila tidak maka kunci tersebut tidak akan aman.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kekurangan Encryption

Kelebihan dari encryption adalah sebagai berikut ini:

  • Kerahasiaan sebuah informasi menjadi lebih terjamin.
  • Menyediakan authentication dan perlindungan integritas.
  • Menanggulangi terjadinya penyadapan.
  • Sebagai digital signature. Digital signature adalah menambahkan suatu baris statement pada sebuah elektronik copy dan mengenkripsi statement tersebut degnan kunci yang kita miliki dan hanya yang mempunyai kunci deskripsinya saja yang dapat membukanya.
  • Untuk digital cash.

Kekurangan encryption adalah sebagai berikut:

  • Pesan tidak dapat dibaca apabila penerima pesan lupa kuncinya atau kehilangan kuncinya.
  • Encryption dapat digunakan untuk hal yang tidak baik.
  • Penyembunyian record tindakan yang tidak baik oleh seseorang.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah pembahasan yang bisa kami tulis tentang pengertian encryption. Semoga pembahasan di atas dalam blog temukan pengertian dapat memberikan manfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar