--> Skip to main content
Menu

Pengertian E-payment, Manfaat, Cara Menggunakan, & Jenisnya

Pengertian E-payment – Sekarang melakukan transaksi jual beli secara online (e-commerce) tidak hanya mengandalkan fasilitas transfer dana yang disediakan bank saja. Namun bisa juga menggunakan metode pembayaran yang disebut dengan e-payment. Dengan e-payment proses transaksi lebih cepat dan aman. apa itu e-payment? Seperti apakah payment itu? Bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan e-payment, kamu bisa menyimak pembahasan tentang apa pengertian dari e-payment di sini. Selain membahas definisi e payment secara umum di sini juga membahas pengertian e-payment menurut para ahli. Selain itu juga membahas tentang manfaat penggunaan e-payment, pihak yang terlibat dalam e payment, cara menggunakan e-payment, jenis jenis e-payment dan contoh e-payment, serta kelebihan dan kekurangan e-payment.

Pengertian E-payment

Pengertian E-Payment

Arti kata e-payment (electronic payment) adalah pembayaran secara electronik. Pengertian dari e-payment adalah sistem pembayaran melalui media Internet. Umunya suatu perusahaan menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mendukung fasilitas e-payment. Menggunakan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, sesuka hati. Misal pembayar listrik, pembelian tiket bisa dilakukan dengan Internet Banking.

Atau definisi dari e-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai srana perantaranya. Sekarang ini sudah banyak start-up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli memberikan jaminan transaksi e-commerce. Untuk dapat menjamin keamanan dalam transaksi tersebut, start-up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah pihak perbankan untuk memfasilitasi e-payment secara cepat, aman dan praktis.

Pengertian E-Payment Menurut Para Ahli

  • Pengertian E-Payment menurut (Turban, E., & King, D., 2002), bahwa E-Payment adalah sebuah mekanisme pembayaran yang dilakukan melalui internet untuk melakukan transaksi pembelian barang maupun jasa oleh customer.
  • Pengertian E-Payment menurut (Ming-Yen Teoh et al., 2013), bahwa E Payment adalah model pembayaran yang dapat memudahkan dan memberikan kenyawamanan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran. Pengguna hanya perlu bertransaksi secara online dengan memanfaatkan internet, tanpa harus datang jauhjuah untuk bertemu dengan penjual.

Manfaat Penggunaan E-Payment

Manfaat dari e-payment diantaranya yaitu:

  • Memberikan kemudahan pembayaran dan perluasan media pembayaran.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu.
  • Meningkatkan efisiensi pembayaran.
  • Memberikan keamanan bertransakasi yang lebih dibandingkan cash.
  • Meningkatkan customer loyality.

Pihak yang Terlibat Dalam E Payment

Terdapat beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu:

  • Issuer, merupakan bank atau lembaga non banking.
  • Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment.
  • Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
  • Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.

Cara Menggunakan E-Payment

Sesuai dengan namanya, e-Payment bekerja secara online dengan memanfaatkan fasilitas internet sebagai perantaranya. Yang pertama, ketika kamu hendak berbelanja, pilih metode pembayaran e-payment terlebih dahulu, kemudian login ke akun e-payment yang sebelumnya telah kamu daftarkan.

Selanjutnya, cek rincian harga produk yang akan kamu bayar, kemudian masukkan pin atau kode transaksi yang digunakan untuk keamanan. Setelah kamu menyetujui pembayaran tersebut, maka selanjutnya proses pembayaran melalui e-Payment telah selesai.

Jenis jenis E-Payment dan Contoh E-Payment

Sebutkan contoh-contoh e-payment? Contoh-contoh e payment di indonesia adalah sebagai berikut:

1. Payment Card

Payment card adalah media untuk transaksi pembayaran yang bisa dilakukan menggunakan kartu elektronik. Sebagai contoh pada saat seseorang melakukan transaksi pembelian yang pembayarannya menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Fasilitas yang dirasakan jika seseorang bertransaksi dengan payment card yaitu memudahkan pembayaran ketika berbelanja, tanpa perlu membawa uang tunai.

2. E-Wallet

E-wallet adalah dompet elektronik yang di dalamnya terdapat sebuah akun dengan sejumlah data uang yang bisa digunakan untuk transaksi jual beli secara online. Jadi E-wallet bisa menyimpan uang secara virtual. Ketika saldo hampir habis, kamu bisa mengisinya dengan melakukan top-up. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi online.

3. Smart Card

Smart Card pengunaannya mirip seperti kartu atm, ketika melakukan transaksi uang yang ada di dalam kartu akan di debet menggunakan mesin khusus. Smart Card ini mempunyai keunggulan yakni penerima uang bisa mengetahui data informasi tentang pembeli yang sudah melakukan pembayaran.

4. E-Cash

E-Cash adalah uang elektronik yang khusus digunakan untuk jual-beli online. Kelebihannya, nomor rekening yang digunakan untuk e-cash adalah nomor handphone pengguna. Tentunya hal tersebut bisa meminimalisir resiko lupa nomor rekening.

5. E-Check

E-Check adalah cek yang dibuat dalam bentuk digital. Selain digunakan untuk pembayaran, e-check juga dapat digunakan untuk pencairan secara tunai melalui bank. Namun fasilitas e-payment e-check saat ini belum tersedia di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan E-Payment

Keunggulan E Payment

Selain mudah digunakan, e-payment juga mempunyai berbagai kelebihan lain. Berikut ini adalah beberapa kelebihan e-payment.

1. Hemat waktu

Biasanya mentransfer melalui ATM membutuhkan waktu yang agak lama. Namun dengan menggunakan E-Payment kamu tidak perlu membuang waktu hanya untuk mentransfer atau melakukan pembayaran.

2. Pengendalian biaya

Dengan menggunakan e-payment, kamu bisa mengatahui atau memeriksa pengeluaran apa saja yang sudah kamu lakukan.Tentunya hal itu bisa membantu kamu dalam mengendalikan pengeluaran.

3. Mengurangi resiko pencurian dan kerugian

E- payment tergolong aman karena kemungkinan terjadinya pencurian atau kerugian sangatlah kecil.

4. Komisi rendah

Biaya untuk penyedia layanan sistem e-payment tergolong rendah karena biayanya hanya 1% dari jumlah total.

5. Kenyamanan

Hanya dengan mempunyai akses internet, transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Kekurangan E Payment

Selain e-payment mempunyai berbagai macam kelebihan, bukan berarti sistem pembayaran e-Payment tidak mempunyai kekurangan. Berikut ini adalah Kekurangan e-Payment:

1. Infrastruktur telekomunikasi belum maksimal

Infrastruktur dalam bidang telekomunikasi yang ada di Indonesia belum begitu maksimal. Harga yang ditawarkan untuk dapat terkoneksi dengan internet masih tergolong mahal.

2. Sosialisasi belum menyebar

Sosialisasi tentang penggunaan kartu pembayaran secara elektronik belum tersebar secara luas, sehingga banyak masyarakat yang masih belum bisa mendapatkan dan menggunakan berbagai macam kemudahan dari fasilitas e-payment.

3. Resiko terbobol

Meskipun dengan e-payment dapat terhindar dari pencurian maupun perampokan, tapi bukan berarti tidak mempunyai resiko sama sekali. Karena e-payment terkoneksi dengan internet maka kemungkinan ada penjahat dunia internet yang bisa membobol uang elektronik dalam e-payment.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan seperti apa yang dimaksud e-payment itu. Semoga penjelasan tentang pengertian e-payment beserta tentang manfaat penggunaan e-payment, juga tentang pihak yang terlibat dalam e payment, cara menggunakan e-payment, jenis jenis e-payment dan contoh e-payment, serta kelebihan dan kekurangan e-payment pada blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.