Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Hyperlink

Pengertian dan fungsi hyperlink – Untuk dapat menghubungkan semua halaman yang terdapat pada sebuah website, maka diperlukan alat penghubung yang disebut sebagai link atau hyperlink. apa itu hyperlink? Bisakan kamu menjelaskan pengertian dan fungsi dari hyperlink? Bagi kamu yang sering membuat website tentunya sudah tahu dengan apa yang dimaksud dengan hyperlink. Namun bagi kamu yang masih awam akan hal itu tentunya kesulitan jika harus menjelaskan pengertian fungsi hyperlink. Untuk itulah pada pembahasan ini akan kami bahas definisi hyperlink dan fungsi hyperlink. Selain itu untuk lebih bisa memahaminya di sini juga kami tambahkan penjelasan tentang jenis jenis hyperlink, cara membuat hyperlink, dan contoh hyperlink.
Pengertian Hyperlink

Pengertian Hyperlink

Pengertian hyperlink adalah teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain. Hyperlink sering dikenal sebagai link. Jika anda Mengklik hyperlink pada suatu website berarti anda telah mem-browse WWW (World Wide Web) dan menuju ke halaman lain/ ke dokumen lain.

Atau hyperlink yaitu acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen lain (sumber lain). Jadi, hyperlink merupakan sebuah cara untuk menghubungkan bagian tertentu di dalam slide, dokumen, file, program atau halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang tersebut.

Hyperlink umumnya ditampilkan dalam font yang berwarna berbeda, apabila kursor mouse didekatkan ke hyperlink tersebut maka font akan kelihatan bergaris bawah dan kursor akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Apabila link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi/ diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu. Hyperlink dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah untuk menghubungkan beberapa file, objek, halaman website dan lainnya. Ketika hyperlink di klik, maka kita akan diarahkan menuju ke halaman lain sehingga fitur hyperlink dapat memudahkan kita dalam membuka antar file atau dokumen.

Dapat juga dikatakan bahwa fungsi dari hyperlink adalah untuk memudahkan pembaca dalam menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada dalam sebuah halaman website. Hyperlink atau yang disingkat Link merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung suatu web untuk menelusuri informasi yang tersimpan dalam website yang dikunjungi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Hyperlink

Sebutkan dan jelaskan jenis jenis hyperlink? Jenis atau macam macam hyperlink adalah sebagai berikut ini:
  • Absolute Address
  • Absolute address adalah jenis hyperlik yang menggunakan koneksi internet untuk membuat shortcut alamat URL pada situs tertentu. Secara mutlak shortcut tersebut berbentuk full alamat URL yang meliputi protocol, network location, path dan nama file. Hyperlink jenis ini biasanya diterapkan pada website untuk menghubungkan halaman satu ke halaman lainnya agar pengunjung tidak berhenti hanya pada satu halaman saja. Dapat juga hyperlink tersebut mengarah ke website lain.
  • Relative address
  • Hyperlink relative address hampir seperti absolute address dalam penerapan maupun fungsinya, alamat URL yang tercantum berupa alamat relatif. Di mana alamat tersebut tidak menyebutkan protocol dan network location, tetapi hanya hanya path dan nama filenya.
  • Link section
  • Link section adalah membuat sebuah lik ke wilayah “section” tertentu dari sebuah artikel atau dokumen. Bisa juga digunakan untuk membuat kamus dengan melakukan hyperlink pada istilah-istilah asing dalam artikel dengan file yang bisa menjelaskan istilah tersebut.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Membuat Hyperlink

Cara membuat hyperlink di html yaitu dengan menggunakan tag <a></a>, penulisan hyperlink pada HTML secara default adalah sebagai berikut ini:
<a href=”URL”>Achor Text</a>
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Hyperlink

Contoh hyperlink html adalah sebagai berikut ini:
  • Hyperlink, contohnya:
<a href=”https://www.temukanpengertian.com/”>Temukan Pengertian</a> dan hasilnya yaitu Temukan Pengertian
  • Hyperlink file download: membuat hyperlink yang apabila diklik maka akan menampilkan download file pada komputer, Contohnya:
<a href=”https://4.bp.blogspot.com/-sa-X-GFLiSI/XSAXMkwTSOI/AAAAAAAASZo/SRjU3TKRDkEDfzkfbrWw7v233fWaBXqWACK4BGAYYCw/s1600/temukanpengertianheader.png” download>
  • Hyperlink rel nofollow: menentukan hubungan antar dokumen saat ini dengan dokumen terkait. Value yang digunakan yaitu nofollow, author, alternative, hel, bookmark, next, license, prev, tag, search. Contohnya:
<a href=”https://www.temukanpengertian.com rel=”nofollow”>Temukan Pengertian</a>
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian dan fungsi hyperlink serta jenis jenis hyperlink, cara membuat hyperlink, dan contoh hyperlink. Semoga apa yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar