Skip to main content

Pengertian dan Contoh Hypermedia (Fungsi, Konsep, Kelebihan)

Pengertian dan contoh hypermedia – Jelaskan apa itu hypermedia? Seperti apakah yang dimaksud hypermedia? Tentunya diantara kamu ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan hypermedia. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pengertian hypermedia agar kamu yang belum tah bisa tahu definisi dari hypermedia. Di sini selain membahas pengertian istilah hypermedia dan contoh hypermedia, juga kami bahas tentang fungsi hypermedia, hypermedia design model, konsep hypermedia dan kelebihan hypermedia. Oke langsung saja berikut ini pembahasannya.

Pengertian dan Contoh Hypermedia

Pengertian Hypermedia

Hypermedia adalah media yang tidak hanya memuat teks saja, namun juga foto, audio dan video dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu. Istilah Hypermedia merupakan istilah yang diciptakan oleh Ted Nelson. Hypermedia merupakan perpanjangan logis dari istilah hypertext di mana teks, grafis, video, audio biasa dan hyperlink untuk menciptakan umumnya non-linear media informasi. Hal tersebut kontras dengan istilah multimedia yang merupakan istilah yang lebih luas, yang mampu digunakan untuk menjelaskan presentasi non-interaktif linier serta hypermedia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Hypermedia

Contoh hypermedia adalah World Wide Web, sedangkan contoh dari multimedia standar adalah presentasi bioskop non-interaktif, alasannya karena tidak adanya hyperlink. Dalam aplikasi berbasis web, informasi yang disajikan dalam pendekatan hypermedia, yang dimungkinkan untuk melakukan pengolahan melalui antarmuka web.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Hypermedia

Berikut ini adalah fungsi dari hypermedia:

  • Untuk bergerak dalam serangkaian informasi tanpa harus melalui struktur yang telah ditetapkan.
  • Untuk browsing (pengguna dapat browsing, bernavigasi melalui informasi dengan memilih rute yang menarik).
  • Untuk link (pengguna bisa membuat link atau koneksi mereka sendiri dengan sebuah informasi).
  • Untuk authoring (pengguna bisa membuat atau menulis, koleksi informasi khusus mereka sendiri, dengan cara menghubungkan atau menambahkan teks, grafik, serta audio yang mereka inginkan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Hypermedia Design Model

4 konsep yang menjadi inti model HDM (Hypermedia Design Model):

  1. In-the-large adalah susunan dan kelakuan aplikasi hypermedia secara keseluruhan.
  2. In-the-small adalah rincian susunan dan kelakuan aplikasi.
  3. Structure (in-the-large, in-the-small) adalah cara penyusunan isi aplikasi.
  4. Dynamics (in-the-large, in-the-small) adalah deskripsi dan cara kelakuan aplikasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Konsep Hypermedia

Pada dasarnya konsep dasar hypermedia bersifat interaktif dan eksploratif. Maksudnya, lingkungan seperti itu membutuhkan masukan dan tindakan dari pengguna dan pengguna mengarahkan jalnnya sendiri melalui lingkungan tersebut. Teknologi komputer memberikan tingkat tertinggi dalam interaksi antara pengguna dengan informasi yang tersimpan pada hyperdocument. Yang akan membantu pengguna dalam menemukan topik untuk membentuk karakteristiknya. Konsep hypermedia yang diharapkan yaitu adanya peningkatan tingkat interaktivitas dan mekanisme pendukungnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan Hypermedia

Kelebihan hypermedia yaitu sebagai berikut ini:

  • Hypermedia dapat memungkinkan mengakses ke sebagian besar informasi secara non linear.
  • Pengguna bisa mencari informasi sesuai dengan keinginannya secara lebih mendalam.
  • Interaksi dengan materi pembelajaran bisa diulang-ulang.
  • Hypermedia dapat mempresentasikan cara kerja pikiran manusia.
  • Hypermedia menarik untuk digunakan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian pembahasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian dan contoh hypermedia. Semoga pembahasan yang kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar