Skip to main content

Pengertian World Wide Web (www)

Pengertian world wide web (www) – Di dalam dunia maya/ internet tentunya anda tidak jauh dari penggunaan kata www. untuk menuliskan alamat suatu situs. Namun apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan www (world wide web) tersebut? Bisakah kamu menjelaskan pengertian www (world wide web)? Bagi kamu yang belum tahu tentang apa itu www world wide web, maka kamu bisa menemukan jawabannya di sini. Karena di sini kami akan membahas tentang definisi www (world wide web). Selain membahas pengertian www secara umum di sini juga kami bahas tentang pengertian www (world wide web) menurut para ahli. Tidak hanya itu saja di sini juga kami berikan penjelasan tentang manfaat world wide web, contoh world wide web dan sejarah world wide web.
Pengertian World Wide Web (www)

Pengertian world wide web (www)

Pengertian www atau world wide web adalah suatu ruang informasi pada internet yang dipakai untuk pengenal global yang disebut sebagai pengidentifikasi sumber ragam / URL mengenali sumber daya berguna. World wide web (www) berisi kumpulan peladen web dari berbagai seluruh penjuru dunia untuk menyediakan informasi dan data yang dapat digunakan secara bersama.

Atau www atau yang di sebut dengan World Wide Web adalah fasilitas yang berisi database terdistribusi yang mengandung informasi-informasi seperti teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Melalui www kita dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web baik yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Jadi www merupakan sistem yang dapat digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data melalui jaringan internet pada skala besar di seluruh dunia.

Menurut masyarakat yang masih awam, www yaitu keseluruhan dari internet itu sendiri yang digunakan untuk mencari apapun menggunakan mesin pencari Google, namun pada kenyataannya www hanya sebagian saja.

Pengertian www (world wide web) Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami tentang apa definisi www, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang pengertian www. Berikut ini adalah pengertian www menurut para ahli:
  • Pengertian www menurut V. Djong
  • www yaitu fasilitas yang ada di internet untuk layanan website yang memakai protocol http, sering kali kita lihat bahwa sebuah nama domain ditulis lengkap, contohnya www.google.com.
  • Pengertian www menurut MCLoad (Pearson)
  • www adalah informasi yang bisa diakses lewat internet di mana berbagai macam dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan selanjutnya diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  • Pengertian www menurut Lisa Kuswayanto
  • www adalah sebuah layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling terkait.
  • Pengertian www menurut Akbar Kaelola
  • www ialah media bagi manusia yang digunakan dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik, informasi serta untuk menjual barang maupun jasa di internet.
  • Pengertian www menurut F. Budi Hardiman
  • www ialah sebuah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun dalam lingkup jarak jauh.
  • Pengertian Yuhefizar
  • www yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menampilkan informasi yang ada di internet yang bisa diakses melalui browser/ paladen.

Manfaat world wide web

Apa sajakah kegunaan world wide web? Tentunya teman-taman ada yang sudah tahu tentang apa manfaat world wide web. Bagi yang belum tahu di sini teman-teman bisa menemukan jawaban tentang fungsi dan manfaat world wide web. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa manfaat world wide web untuk aktivitas internet saat ini:

Fungsi www yaitu untuk menyediakan data dan informasi apapun dari manapun supaya bisa diakses oleh orang lain dari seluruh penjuru dunia. Adanya www di internet, bisa memberikan kemudahan serta kecanggihan pengguna internet secara lebih mudah dan cepat. Dengan www dapat memungkinkan pengguna internet berselancar dengan mudah hanya melalui sebuah alamat URL. (Silahkan baca: Pengertian URL). Untuk dapat mengakses www kita perlu menggunakan koneksi internet.

Secara umum terdapat 4 layanan dan manfaat world wide web, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Web Mail Service
  2. Web Mail Service dipergunakan untuk mengirim surat elektronik ke orang lain. Layanan ini dapat diperoleh secara gratis maupun secara berbayar. Sebagai contoh layanan email gratis yaitu gmail.com, yahoo.com dan hotmail.com. Sedangkan untuk email yang berbayar biasanya digunakan untuk kepentingan perusahaan dengan menggunakan nama domain sendiri.
  3. Search Engine
  4. Mesin pencari (Search Engine) adalah layanan gratis yang digunakan untuk mencari informasi berdasarkan dari kata kunci tertentu. Saat ini search engine yang cukup populer yaitu Google, Bing dan yahoo.
  5. Web Hosting
  6. Web hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan database sebuah website. Sebuah website hanya dapat diakses apabila domain website tersebut tersambung dengan web hosting yang menjadi tempat penyimpanan database.
  7. Portal
  8. Portal adalah sebuah layanan yang ada di internet, di mana di dalamnya terdapat beberapa layanan sekaligus. Misalnya layanan news, email, tanya jawab, dan chatting. Salah satu portal yang saat ini cukup terkenal yaitu yahoo.com.

Contoh world wide web

Para pengguna internet tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah www (world wide web). Pada awal nama domain website di internet sebagian besar menggunakan wwww (world wide web). Apa saja contoh www world wide web? Berikut ini adalah 5 contoh world wide web:
  1. www.google.com
  2. www.youtube.com
  3. www.yahoo.com
  4. www.twitter.com
  5. www.facebook.com

Sejarah World Wide Web

Sejarah world wide web dan perkembangannya - WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Sejarah singkat world wide web berawal dari Berners-Lee yang ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

Sejarah perkembangan world wide web (WWW) pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet. Itulah sejarah singkat lahirnya world wide web, yang sampai sekarang kita dapat kita rasakan manfaatnya di dunia internet.

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian world wide web (www). Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar