Skip to main content

Pengertian Informasi dan Contohnya (Ciri, Fungsi, dan jenis)

Pengertian informasi dan contohnya – Istilah informasi sering kali kita temukan dalam lingkup teknologi, misalnya istilah teknologi informasi. Namun informasi itu mempunyai pengertian yang luas bukan hanya dalam teknologi saja. Meskipun dalam kenyatannya tidak dapat dipungkiri kalau informasi itu berhubungan erat dnegan teknologi, itu terjadi karena perkembangan teknologi membuat informasi menjadi berkembang pesat. Lalu apa itu informasi? Nah jika kamu belum tahu apa yang dimaksud informasi, maka dalam artikel ini kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi informasi secara umum maupun menurut pendapat para ahli. Selain itu juga terdapat contoh informasi, ciri-ciri informasi, fungsi informasi dan jenis-jenis informasi yang dapat menambah pemahaman kamu tentang informasi.

Pengertian Informasi dan Contohnya

Pengertian Informasi

Pengertian informasi adalah sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerim. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data. Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

Dapat pula dijelaskan bahwa definisi informasi adalah sekumpulan data ataupun fakta yang sudah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menjadi sesuatu yang mudah dipahami dan memberikan manfaat bagi penerimanya.

Dilihat dari definisi informasi tersebut, kita bisa mengetahui bahwa arti informasi adalah berbeda dengan definisi data. Data merupakan fakta yang masih mentah dan belum diolah, setelah data mengalami suatu proses, atau pengolahan maka bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Namun tidak semua data atau fakta bisa diolah menjadi suatu informasi bagi penerimanya. Apabila suatu data yang diolah tetapi tidak memberikan manfaat bagi si penerimanya, maka hal tersebut belum dapat dikatakan sebagai sebuah informasi.

Secara etimologis pengertian dari informasi adalah berasal dari bahasa latin yaitu “informatinem” yang berarti ide, garis besar atau kode. Informasi bisa disajikan ke dalam berbagai bentuk mulai dari tulisan, gambar, diagram, tabel, audio, video dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa definisi informasi menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto

Definisi informasi menurut jogiyanto HM (1999:692), bahwa informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya yang memberikan gambaran kejadian-kejadian yang nyata dan dapat digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan.

Pengertian Informasi Menurut Gordon

Pengertian informasi menurut Gordon B. Davis (1991:28), bahwa informasi yaitu data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk yang penting atau berarti bagi penerimanya serta memiliki nilai yang nyata yang bisa dirasakan manfaatnya dalam pengambilan keputusan yang sekarang atau yang akan datang.

Pengertian Informasi Menurut Burch dan Starter

Bahwa informasi ialah pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan suatu keterangan atau pengetahuan.

Pengertian Informasi Menurut George

Menurut George R. Terry, Ph.D. informasi yaitu sebuah data penting yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi penerimanya.

Pengertian Informasi Menurut The Liang Gie

Bahwa keterangan atau informasi menurut the liang gie yaitu rangkaian perkataan, kalimat, gambar maupun tanda tulis yang lain yang mengandung pengetahuan apapun yang bisa digunakan oleh pemimpin organisasi dalam membuat keputusan-keputusan yang tepat berdasarkan dari kenyataan.

Pengertian Informasi Menurut Abdul Kadir

Menurut Abdul Kadir (2002:310, bahwa informasi adalah suatu data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga bisa meningkatkan pengetahuan seseorang yang memanfaatkan data tersebut.

Pengertian Informasi Menurut Kusrini

Informasi yaitu data yang telah diolah ke dalam bentuk yang berarti bagi penggunanya, yang dapat memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau sebagai pendukung sumber informasi.

Pengertian Informasi Menurut McLeod

Informasi menurut raymond mcleod yaitu data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau di waktu mendatang.

Pengeertian Informasi Menurut Robert G Murdick

Informasi itu terdiri dari data yang telah didapatkan, diproses/ diolah atau yang digunakan utnuk tujuan penerangan/ penjelasan, uraian atau sebagai suatu dasar dalam pembuatan sebuah keputusan.

Pengertian informasi menurut Barry E. cushing

Informasi menurut pengertian barry e. cushing adalah sesuatu yang dapat menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menjadi penerimanya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Informasi

Contoh informasi adalah dokumen dalam Microsoft exel, berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk membuat sebuah informasi dari data yang terdapat di dalamnya, seperti laporan untung, rugi dan neraca adalah bentuk informasi dan angka yang terdapat di dalamnya adalah data.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Informasi

Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Mcleod adalah:

  • Akurat, maksudnya yaitu informasi dapat mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
  • Relevan, maksudnya yaitu informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Tepat waktu, maksudnya yaitu informasi harus ada ketika dibutuhkan.
  • Lengkap, maksudnya yaitu informasi harus utuh dan tidak setengah-setengah.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Informasi

Informasi mempunyai banyak fungsi, adapun Fungsi informasi adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang diperoleh seseorang bisa menjadi pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan dalam bidang tertentu. Misalnya yaitu informasi tentang cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang diperoleh dari konten yang ada di internet. Informasi tersebut mungkin merupakan sesuatu yang umum dan sudah banyak yang mengetahuinya. Tetapi, mungkin saja masih ada seseorang yang belum mengetahui tentang informasi tersebut.

2. Sebagai Sumber Berita

Informasi tentang suatu hal tertentu dapat digunakan sebagai sumber berita yang disampaikan kepada para khalayak. Sebagai contohh informasi tentang Asian Games yang di dapatkan dari sebuah website, media tv maupun radio.

3. Dapat Menghapus Ketidakpastian

Kurangnya informasi mengenai sesuatu dapat menimbulkan ketidakpastian. Sehingga untuk menghapus ketidakpastian diperlukanlah informasi yang valid dan lengkap dari sumber yang terpercaya.

4. Sebagai Media Hiburan

Informasi bisa juga berfungsi sebagai media hiburan bagi penerimanya. Sebagai contoh informasi tentang objek wisata yang terdapat di suatu tempat tertentu yang disajikan disajikan dengan gambar dan bahasa yang menarik.

5. Untuk Mempengaruhi Khalayak

Biasanya penyampaian informasi melalui media massa dilakukan untuk tujuan mempengaruhi khalayak. Sebagai contoh informasi tentang suatu produk yang disiarkan melalui media Televisi, tujuannya yaitu supaya masyarakat bisa mengenal produk tersebut dan tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

6. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi merupakan komponen yang penting dalam menjalin komunikasi dengan pihak lain. Salah satunya yaitu untuk menyampaikan sebuah kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi.

7. Untuk Menyatukan Pendapat

Di era sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan media sosial, sehingga akan sangat mudah untuk menyampaikan suatu pendapat ke ruang publik. Akan tetapi, tidak semua pendapat itu sesuai dengan fakta yang ada.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Informasi

Informasi dikelompokkan menjadi 4 jenis. Adapun jenis-jenis informasi adalah sebagai berikut ini:

1. Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan dari sifatnya jenis-jenis informasi dibagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut:

  • Faktual adalah informasi yang dibuat berdasarkan dari fakta dan kebenarannya bisa dibuktikan.
  • Konsep atau opini adalah informasi yang dibuat berdasarkan dari pendapat seseorang mengenai suatu hal.
  • Deskripsi adalah informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan yang terperinci tentang suatu hal.

2. Jenis Informasi Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Jenis informasi berdasarkan fungsi atau kegunaannya adalah sebagai berikut:

  • Informasi yang menambah pengetahuan adalah informasi isinya dapat menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
  • Informasi berdasarkan penyajiannya adalah informasi yang disampaikan/ disajikan dalam beberapa bentuk, misalnya yaitu artikel, gambar, audio, video dan lain-lain.

3. Jenis Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Jenis informasi ini dibuat dalam beberapa kategori, misalnya seperti informasi pendidikan, informasi kesehatan, informasi olahraga, informasi bisnis dan lain-lain.

4. Jenis Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Pengertian informasi berdasarkan lokasi peristiwa yaitu informasi dibuat berdasarkan dari lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dibagi menjadi 2 macam yaitu informasi dalam negeri atau domestik dan informasi luar negeri.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan tentang pengertian informasi dan contohnya beserta dengan hal yang berkaitan dengan informasi. Semoga penjelasan yang sudah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar