Skip to main content

Pengertian Data dan Fungsi Data serta Jenis Data

Pengertian data dan fungsi data – Informasi merupakan hal yang banyak dibutuhkan setiap orang untuk menyelesaikan berbagai masalah. Tanpa adanya data maka tidak akan ada yang namanya informasi. Sangat disayangkan sekali jika kita tidak tahu apa itu data. Namun bagi teman-teman yang belum tahu apa yang dimaksud dengan data, maka di sini bisa membaca penjelasan tentang definisi data, fungsi data dan jenis-jenis data. Silahkan simak berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian data dan kegunaan data beserta dengan jenis-jenis data.

Pengertian Data dan Fungsi Data

Pengertian Data

Pengertian data adalah kumpulan keterangan atau fakta mentah yang dapat berupa kata-kata, angka, maupun simbol yang diperoleh melalui proses pengamatan ataupun pencarian ke sumber-sumber tertentu. Data bisa dioleh ke dalam bentuk yang lebih kompleks yaitu database, informasi ataupun solusi untuk masalah-masalah tertentu.

Dapat pula dijelaskan bahwa definisi data adalah deskripsi dasar atau fakta mentah dari kejadian, hal yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, namun tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Data merupakan representasi dari dunia nyata yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf, simbol, warna, gambar, atau paduan dari semua hal tersebut. Data merupakan bagian dari sebuah informasi karena data yang diolah bisa menjadi informasi yang mempunyai arti.

Selanjutnya pengertian data secara etimologi, istilah “data” berasal dari bahasa latin, yakni “Datum” yang mempunyai arti diberikan. Dengan kata lain, data adalah hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bisa berbentuk kata-kata, angka, simbol, warna atau citra.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Supaya bisa lebih memahami tentang apa yang dimaksud data, maka berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi data menurut para ahli:

Pengertian Data Menurut Mcleod

Bahwa data adalah sekumpulan fakta dan gambaran yang secara umum tidak bisa digunakan dikarenakan ukurannya yang besar dan belum diolah.

Pengertian Data Menurut Sugiyono

Definisi data menurut sugiyono yaitu data terdiri dari 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang berbentuk kata, kalimat maupun gambar. Sedangkan data kuantitatif yaitu data dalam bentuk angka, data kualitatif yang diangkakan (scoring).

Pengertian Data Menurut The Liang Gie

Data menurut the liang gie, bahwa data (bahan keterangan) adalah suatu hal, peristiwa atau kenyataan apapun yang mengandung sebuah pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai dasar guna dalam penyusunan keterangan, penerapan keputusan atau pembuatan kesimpulan. Jadi data itu ibarat bahan mentah yang dengan melalui proses pengolahan tertentu kemudian dapat menjadi informasi (keterangan).

Pengertian Data Menurut Kristanto

Data yaitu suatu fakta mentah tentang objek yang bisa mengurangi derjat ketidak pastian mengenai suatu kejadian atau keadaan.

Pengertian Data Menurut Nuzulla Agustina

Data merupakan keterangan tentang suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, huruf, kata gambar, grafik tabel, lambang yang menyatakan suatu pemikiran, objek serta situasi dan kondisi.

Pengertian Data Menurut Suharsimi Arikunto

Bahwa data adalah semua fakta dan angka-angka yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk penyusunan sebuah informasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Data

Dalam berbagai aspek kehidupan manusia pada dasarnya sering berhubungan dengan data. Akan tetapi, penggunaan data lebih banyak digunakan dalam bidang teknologi komputer dan dalam kegiatan penelitaian. Mengacu pada pengertian data, maka fungsi data adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagai acuan dalam membuat keputusan terbaik untuk memecahkan suatu masalah.
  • Dapat dijadikan sebagai pedoman atau dasar dalam suatu perencanaan ataupun penelitian.
  • Dapat digunakan sebagai acuan dalam implementasi suatu kegiatan atau aktivitas.
  • Sebagai bahan evaluasi terhadap suatu kegiatan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Data

Dikarenakan data berhubungan dengan segala aspek kehidupan, maka tidak heran jika data dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Adapun jenis-jenis data dikelompokan berdasarkan cara memperolehnya, sumbernya, sifatnya, dan waktu pengumpulannya. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis data dan contohnya tersebut:

1. Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Adapun jenis data berdasarkan cara memperolehnya dan contohnya adalah sebagai berikut ini:

  • Data primer adalah data baru atau data asli yang dikumpulkan secara langsung oleh seseorang yang melakukan sebuah penelitian. Contoh data primer adalah data penelitian yang baru dilakukan.
  • Data sekunder adalah data tersedia yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber yang sebelumnya sudah ada. Contoh data sekunder adalah data dari perpustakaan, data dari dokumen penelitian yang terdahulu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Untuk penjelasan tentang jenis data menurut sumbernya dan contohnya adalah sebagai berikut:

  • Data internal adalah data yang diperoleh dari internal suatu organisasi yang menggambarkan kondisi organisasi tersebut. Contoh data internal adalah data jumlah karyawan, data jumlah produksi, data jumlah modal dan lain-lain.
  • Data eksternal adalah data yang didapatkan dari luar organisasi yang menggambarkan berbagai faktor yang bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja organisasi tersebut. Contoh data eksternal adalah data tentang daya beli masyarakat, data tentang perubahan kebiasaan masyarakat dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Berikut ini adalah jenis data berdasarkan sifatnya dan contohnya:

  • Data kualitatif adalah sebuah data yang dinyatakan dalam bentuk verbal, simbol maupun gambar. Contoh data kualitatif adalah kuesioner tentang tingkat kepuasan customer terhadap pelayanan sebuah perusahaan.
  • Data kuantitatif adalah sebuah data yang dinyatakan dalam bentuk bilangan atau angka. Contoh data kuantitatif adalah nilai pendapatan, harga saham dan lain sebagainya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis data menurut waktu pengumpulannya beserta dengan contohnya.

  • Data cross section adalah data yang dikumpulkan hanya pada saat tertentu saja untuk mengetahui keadaan yang terjadi pada waktu tersebut. Contoh data cross section adalah data penelitian dengan kuesioner.
  • Data berkala adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu secara berkala untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian dalam periode tertentu. Contoh data berkala yaitu data tentang harga sembako.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami tuliskan tentang pengertian data dan fungsi data serta jenis-jenisnya. Semoga penjelasan di atas yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar