--> Skip to main content

Pengertian Multimedia Fungsi Dan Manfaatnya

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk dapat saling memahami antara satu dengan yang lain. Dalam berkomunikasi dulu manusia sangat mengandalkan komunikasi secara lisan. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini ada cara lain untuk berkomuniksi yaitu dengan teknologi multimedia. Nah, apa itu multimedia? Bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan multimedia, kamu bisa mempelajari definisi multimedia di sini. Selain membahas tentang pengertian multimedia di sini juga akan kami bahas tentang fungsi dan manfaat multimedia dalam kehidupan sehari hari.

Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia

Pengertian multimedia berasal dari dua kata yaitu multi dan media, multi berarti banyak sedangkan media berarti alat atau perantara. Jika digabungkan maka multimedia mempunyai makna melibatkan berbagai media. Multimedia adalah interaksi teks, suara, gambar, animasi dan video yang dapat di sajikan melalui penggunaan komputer dengan bantuan alat/ aplikasi. Disini bisa digambarkan bahwa multimedia merupakan suatu kombinasi data atau media yang dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi sehingga informasi tersebut dapat tersaji lebih menarik.

Multimedia biasanya dimanfaatkan di dalam dunia pendidikan dan dunia bisnis. Sebagai contoh didalam dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik di dalam kelas maupun secara autodidak. Dalam dunia bisnis multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning, selain itu digunakan juga sebagai media informasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi multimedia menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Multimedia Menurut Rosch (1996)

Bahwa multimedia adalah kombinasi atau gabungan dari komputer dan data digital dalam bentuk video.

Pengertian Multimedia Menurut Mccormick (1996)

Menurut mccormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu gambar, suara dan teks.

Pengertian Multimedia Menurut Robin Dan Linda (2001)

Bahwa multimedia adalah sebuah media atau alat yang interaktif dan dinamis yang bisa digunakan untuk membantu saat presentasi dimana penggunanya bisa mengkombinasikan atau menggabungkan berbagai jenis data seperti teks, audio, vido dan animasi.

Pengertian Multimedia Menurut Hofstetter (2001)

Multimedia merupakan pemanfaatan media seperti laptop atau komputer yang digunakan sebagai pembuat data seperti teks, gambar, audio dan data digital yang lain dan menyatukannya menggunakan software yang bisa membuat penggunanya berinteraksi, berkomunikasi dan berkreasi.

Pengertian Multimedia Menurut Vaughan (2008)

Multimedia adalah kombinasi dari berbagai media yang kemudian disampaikan menggunakan komputer atau alat elektronik dan dengan manipulasi digital.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Multimedia

Beberapa fungsi multimedia dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Dapat memperjelas informasi atau materi yang disampaikan.
  • Dapat membangkitkan motivasi untuk lebih memahami isi dari meteri yang disampaikan.
  • Dapat memudahkan untuk fokus dan memahami isi dari materi yang disampaikan.
  • Dapat mengulang kembali materi yang disampaikan.
  • Dapat membangkitkan rasa keingintahuan seseorang terhadap informasi atau materi yang disampaikan.
  • Dapat membangkitkan respon dalam mempelajari isi dari materi yang disampaikan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Multimedia

Adapun manfaat multimedia dalam kehidupan sehari hari diantaranya ialah sebagai berikut:

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan manfaat multimedia sangat banyak, selain bisa digunakan sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi pelajaran, multimedia juga bisa digunakan untuk meningkatkan fokus siswa dalam memahami isi materi pelajaran. Selain itu multimedia juga bisa memberikan kesan materi pelajaran yang terkesan lebih canggih dan penuh dengan ilmu pengetahuan. Multimedia juga bisa menjadi sarana hiburan sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih interaktif dan lebih menyenangkan.

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Kesehatan

Multimedia dalam bidang kesehatan bermanfaat bagi para petugas medis yaitu untuk melihat detak jantung, tekanan darah, ataupun melihat organ-organ dalam pasien sehingga informasi yang ditampilkan bisa lebih informatif dan detail.

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Transportasi

Dalam bidang transportasi, multimedia sangatlah bermanfaat. Misalnya untuk menampilkan informasi jadwal pemberangkatan, jadwal penerbangan dan informasi penting yang lainnya. Dengan adanya multimedia, kru transportasi, para penumpang, petugas terminal, stasiun, bandara, pelabuhan bisa menerima informasi yang lebih informatif, tidak membosankan dan tentunya menarik.

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Perfilman

Membahas tentang manfaat multimedia di dalam dunia perfilman sangatlah banyak, karena untuk dapat menghasilkan film yang menarik dan berkesan dihati para penonton, efek-efek multimedia wajib untuk dimasukan, seperti efek audio, video, gambar, teks dan animasi.

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Perbankan

Dalam bidang perbankan multimedia berfungsi untuk menampilkan informasi yang menarik dan lebih informatif. Misalnya untuk menampilkan informasi kurs mata uang, pengenalan fitur-fitur layanan, pengumuman, dan lain-lain.

Manfaat Multimedia Dalam Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis, hal yang sangat penting dalam mengenalkan suatu produk atau layanan adalah bagaimana mengemasnya dengan lebih informatif dan menaik. Dengan begitu maka pelanggan atau mitra bisnis yang menjadi sasaran bisa langsung mengerti, memahami dan tertarik dengan produk atau layanan yang telah kita tawarkan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Komponen Multimedia

Multimedia di dalamnya menggabungkan berbagai macam komponen. Berdasarkan prosesnya komponen tersebut terbagi menjadi 2 jenis yaitu komponen penyusun dan komponen pengoperasian. Berikut ini adalah penjelasan dari 2 jenis komponen tersebut.

1. Komponen Penyusun

Komponen penyusun multimedia merupakan elemen-elemen yang biasa digunakan untuk pembuatan sajian multimedia. Adapun yang termasuk dalam komponen penyusun diantaranya adalah teks, suara, grafik, foto, gambar dan animasi.

2. Komponen Pengoperasian

Komponen pengoperasian multimedia meliputi perangkat yang digunakan untuk membuat, mengontrol, memutar atau menampilkan hasil karya multimedia. Adapun yang termasuk dalam komponen pengoperasian adalah komputer, software, speaker, layar multimedia, CD, DVD, jaringan internet dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Multimedia

Berdasarkan sifat penggunaannya, beberapa jenis-jenis multimedia adalah sebagai berikut ini:

Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan jenis multimedia yang dapat memungkinkan penggunanya untuk bisa mengontrol berbagai komponen di dalamnya. Jenis multimedia ini lebih mengutamakan personalisasi penggunaan multimedia yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Multimedia Hiperaktif

Multimedia hiperaktif adalah jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar tiap komponen dalam multimedia. Jenis multimedia ini bersifat interaktif sehingga penggunanya bisa memilih berbagai macam asupan informasi sesuai selera yang diinginkan melalui berbagai tautan yang telah tersedia.

Multimedia Linier

Multimedia linier merupakan jenis multimedia yang mempunyai sifat tidak interaktif, itu artinya pengguna hanya bisa menikmati berbagai sajian informasi secara linier. Ini dilakukan tanpa mempunyai kesempatan secara mandiri untuk mengontrol.

Multimedia Kits

Multimedia kits merupakan jenis multimedia yang digunakan sebagai pembelajaran, di mana dalam jenis multimedia ini melibatkan lebih dari satu jenis media yang diorganisir oleh suatu topil tunggal. Adapun perangkat yang termasuk dalam multimedia kits yaitu kaset audio, CD-ROM, gambar statis, transparansi overhead dan lain-lain. Jenis multimedia ini banyak dimanfaatkan karena ideal dan multi sendorik untuk digunakan pada berbagai proyek kecil, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian multimedia, fungsi dan manfaatnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar