--> Skip to main content

Pengertian Virtual Reality dan Contoh Penggunaannya

Semakin pesatnya kemajuan teknologi membuat manusia menjadi semakin kreatif untuk menciptakan berbagai macam teknologi. Salah satunya adalah teknologi virtual reality, nah apa yang dimaksud virtual reality? Sudah tahukah kamu pengertian virtual reality dan contohnya? Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang teknologi virtual reality, bisa menyimak penjelasan tentang pengertian virtual reality dan contoh penggunaannya serta cara kerjanya di sini. Oke langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Virtual Reality

Pengertian Virtual Reality

Virtual reality atau yang disebut dengan realitas maya adalah sebuah teknologi yang dapat memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi terhadap objek nyata yang disimulasikan menggunakan komputer. Virtual reality sebenarnya adalah lingkungan/ objek yang hanya ada dalam imajinasi yang mempu membangkitkan suasana 3 dimensi sehingga membuat pengguna seolah-olah terlibat secara fisik.

Pada saat diri seseorang dilengkapi dengan berbagai macam peralatan virtual reality, maka pancaindera seseorang tersebut seolah-olah dapat merasakan benar-benar berada di dalam lingkungan tersebut seperti nyata. Meskipun, apabila peralatan yang ada pada dirinya dilepas akan terasa bahwa sebenarnya dunia tersebut hanyalah virtual yang mirip sekali dengan kenyataan.

Biasanya sebuah sistem virtual reality dilengkapi dengan berbagai macam peralatan yang mendukung supaya penggunanya bisa lebih merasakan sensasi yang ada dalam lingkungan buatan tersebut. Misalnya dengan penggunaan headset dan berbagai macam properti fisik yang lain tergantung dari detail lingkungan virtual reality tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Virtual Reality Menurut Para Ahli

Pengertian Virtual Reality menurut American Libraries Association (ALA) adalah simulasi gambar atau suatu lingkungan yang dihasilkan oleh komputer yang bisa dialami dengan menggunakan peralatan elektronik khusus, dimana dapat memungkinkan penggunanya terasa hadir dalam lingkungan alternatif seperti dunia nyata terhadap objek dan informasi virtual 3D (3 dimensi) dengan data tambahan seperti grafik dan suara.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Penggunaan Virtual Reality

Contoh penerapan virtual reality adalah simulasi penerbangan. Pilot bisa menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sebenarnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Peralatan Virtual Reality

Beberapa peralatan yang digunakan dalam virtual reality diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Glove
  • Piranti masukan yang bisa menangkap gerakan tangan dan mengirim suatu informasi ke sistem.

  • Headset
  • Piranti yang fungsinya dalah untuk memonitor gerakan kepala.

  • Walker
  • Piranti yang berfungsi untuk memantau adanya gerakan kaki.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Virtual Reality

Cara kerja sistem virtual reality adalah seperti ini: Pengguna memperhatikan suatu dunia semu, yang sebetulnya berbentuk gambar-gambar yang bersifat dinamis. Dengan media perangkat headphone atau speaker, pengguna bisa mendengar suara yang realistis. Dengan menggunakan media headset, glove dan walker, semua gerakan pengguna dapat dipantau oleh sistem yang kemudian sistem akan memberikan reaksi yang sesuai. Sehingga seolah-olah pengguna merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, dan dapat dirasakan baik secara fisik maupun psikologis.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Virtual Reality Dan Augmented Reality

Meskipun antara virtual reality dan augmented reality sama-sama membuat penggunanya merasakan dunia virtual, tetapi perbedaan antara virtual reality dan augmented reality cukup jelas. Virtual reality bekerja dengan cara memutus kontak antara indera manusia dengan dunia nyata. Sedangkan augmented reality bekerja dengan cara menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual.

Untuk bisa benar-benar menghilangkan dunia nyata yang ada di sekitaranya, pengguna virtual reality harus membutuhkan perangkat khusus, sedangkan pengguna augmented reality hanya memerlukan sebuah smartphone untuk bisa menjalankannya. Sebagai contoh sederahana augmented reality yaitu permainan Pokemon Go. Untuk menjalankan permainan tersebut, pengguna hanya perlu menggunakan smartphone untuk menyatukan antara dunia nyata dengan dunia virtual yang berisi berbagai macam pokemon.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan tentang pengertian virtual reality dan contoh penggunaannya. Semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar