--> Skip to main content

Pengertian Keanekaragaman Hayati Dan Tingkatannya

Pengertian keanekaragaman hayati dan tingkatannya – Keanekaragaman hayati merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Adanya keanekaragaman hayati dapat berperan sebagai indikator dari sistem ekologi juga sebagai sarana untuk dapat mengetahui terjadinya perubahan spesies. Lantas seperti apa itu keanekaragaman hayati? Bagi kamu yang mungkin belum mengerti seperti apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati, kamu bisa menyimak penjelasan arti keanekaragaman hayati di sini. Karena dalam artikel ini akan kami ulas tentang definisi keanekaragaman hayati beserta dengan tiga tingkatan keanekaragaman hayati dan contohya. Langsung saja silahkan simak, berikut ini adalah pembahasannya.

Pengertian Keanekaragaman Hayati Dan Tingkatannya

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Pengertian keanekaragaman hayati adalah beranekaragamnya makhluk hidup di lingkungan. Keanekaragaman tersebut didasarkan pada ciri-ciri dan sifat yang diamati. Keanekaragaman ditimbulkan oleh dua faktor yaitu faktor gen dan faktor lingkungan. Keanekaragaman menyebabkan berjenis-jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitara kita. Keanekaragaman tidak saja terjadi antarjenis, tetapi di dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Adanya warana, bentuk, dan ukuran dalam satu jenis disebut variasi.

Variasi adalah perbedaan yang terdapat dalam individu dalam satu spesies. Macam-macam variasi adalah: variasi bentuk, variasi penampilan, variasi jumlah, dan variasi sifat.

Faktor penyebab terjadinya variasi:

  1. Faktor luar, misalnya suhu, tanah, dan makanan.
  2. Faktor dari dalam, misalnya rekombinasi gen.

Keanekaragaman hayati atau biodiversity ditunjukkan dengan adanya keanekaragaman spesies makhluk hidup (hewan, tumbuhan dan mikroorganisme) serta proses ekologi dalam ekosistem di mana mereka berada.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tingkatan Keanekaragaman Hayati Dan Contohnya

Terdapat 3 tingkatan keanekaragaman hayati. Adapun penjelasan tentang tingkatan keanekaragaman hayati beserta contohnya adalah sebagai berikut ini:

1. Keanekaragaman Gen (Genetika)

Keanekaragaman gen adalah keanekaragaman yang terjadi antara individu satu dengan yang lainnya yang masih berada dalam satu spesies. Keanekaragaman gen terjadi karena adanya variasi susunan atau kommposisi gen pada tiap-tiap individu meskipun meraka merupakan satu spesies. Itulah yang membuat tidak ada makhluk hidup yang sama persis di dunia ini.

Contoh keanekaragaman gen adalah variasi pada spesies ayam yang meliputi ayam bangkok putih, ayam kampung, ayam cemani, dan ayam arab.

2. Keanekaragaman Jenis (Spesies)

Keanekaragaman jenis adalah keanekaragaman individu yang berbeda spesies. Keanekaragaman ini memperlihatkan adanya variasi bentuk, kenampakan, dan variasi sifat yang lainnya antara satu spesies dengan yang lain.

Contoh keanekaragaman jenis adalah variasi yang terjadi pada berbagai spesies uanggas, diantaranya meliputi ayam, itik, bebek, angsa dan lain sebagainya.

3. Keanekaragaman Ekosistem

Keanekaragaman ekosistem adalah keanekaragaman makhluk hidup baik itu bentuk, kenampakan, dan sifat-sifat yang lainnya berinteraksi dengan lingkugnan abiotiknya dan juga dengan jenis makhluk hidup lain yang bervariasi yang akan membentuk berbagai macam ekosistem. Sehingga terjadilah keanekaragaman ekosistem.

Contoh keanekaragaman ekosistem adalah keanekaragaman ekosistem di indonesia yang meliputi ekosistem hutan bakau, ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem hutan rawa gambut, dan ekosistem pantai.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah uraian singakat yang bisa kami tuliskan tentang pengertian keanekaragaman hayati dan tingkatannya. Semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar