Skip to main content

Pengertian Zat Tunggal dan Contohnya beserta Jenis-jenisnya

Pengertian zat tunggal dan contohnya – Ilmu kimia termasuk dalam ilmu pengetahuan alam, dimana ilmu kimia mempelajari berbagai hal tentang materi. Materi sendiri merupakan segala sesuatu yang dapat menempati ruang dan memiliki massa serta volume. Misalnya air, udara, batu tanah dan lain-lain. Secara umum, materi dibedakan menjadi 2 macam yaitu zat tunggal dan zat campuran. Nah di sini kami akan membahas tentang arti zat tunggal dan contohnya, untuk zat campuran mungkin di lain kesempatan. Seperti apa sih definisi zat tunggal dan contohnya? Bagi kamu yang mungkin belum tahu apa itu zat tunggal dan contohnya, kamu bisa menyimak penjelasannya di sini. Karena di sini kami akan membahas tentang pengertian dari zat tunggal dan contohnya beserta jenis-jenisnya. Langsung saja berikut ini pembahasannya.

Pengertian Zat Tunggal dan Contohnya

Pengertian Zat Tunggal

Pengertian zat tunggal adalah zat yang hanya terdiri dari sejenis materi saja. Atau pengertian dari zat tunggal adalah materi yang tidak bisa dipisahkan dengan cara fisik, karena mempunyai komposisi yang tetap sehingga untuk merubah jenis dan sifatnya harus melalui reaksi kimia. Dengan kata lain zat tunggal atau zat murni adalah suatu zat yang mempunyai komposisi penyusun yang konstan atau homogen dan mempunyai sifat yang sama pula. Contoh zat tunggal adalah emas (Au), Tembaga (Cu), garam (NaCl), gas oksigen (O2), dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Zat Tunggal

Jenis-jenis zat tunggal adalah sebagai berikut ini:

1. Unsur

Unsur adalah zat tunggal zat tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi ke dalam bentuk yang lebih sederhana.

Contoh unsur adalah Emas (Au), Perak (Ag), Tembaga (Cu), Alumunium (Al), Besi (Fe), Platina (Pt), Seng (Zn), Karbon (C), Oksigen (O2), Hidrogen (H2), Nitrogen (N2), Silikon (Si), Boron (B) dan Arsen (As) dan lain-lain.

Berdasarkan sifat logamnya unsur-unsur dibedakan menjadi 3 sebagai berikut:

Unsur-unsur logam

Unsur logam adalah unsur yang mempunyai sifat-sifat logam. Contohnya yaitu Emas, Perak, Tembaga, Alumunium, Besi, Platina dan seng.

Unsur-unsur non logam

Unsur non logam adalah unsur yang tidak mempunyai sifat-sifat logam. Contohnya yaitu Karbon, Oksigen, Hidrogen, dan Nitrogen.

Unsur-unsur Semilogam/ Metaloid

Unsur semilogam adalah unsur yang mempunyai beberapa sifat logam dan non logam. Contohnya yaitu Silikon, Boron dan Arsen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Senyawa

Senyawa adalah zat yang bisa diuraikan menjadi 2 jenis zat atau lebih ke dalam bentuk yang lebih sederhana.

Contoh senyawa adalah gula (C6H12O6), garam (NaCl), kapur (CaCO3), natrium bikarbonat (NaHCO3) dan lain lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian zat tunggal dan contohnya beserta jenis-jenisnya. Semoga penjelasan kami dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar