--> Skip to main content

Pengertian Biaya Total dan Rumusnya

Pengertian biaya total dan rumusnya - Pengelompokan jenis-jenis biaya produksi bisa dikelompokan menjadi beberapa diantaranya yaitu biaya tetap, biaya variabel, biaya rata-rata, biaya marginal dan biaya total. Nah topik pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu biaya total. Teman-teman tahukah kamu dengan apa yang dimaksud dengan biaya total? Jika belum tahu teman-teman bisa menyimak pembahasan tentang definisi biaya total beserta dengan rumusnya di sini.

Pengertian Biaya Total dan Rumusnya

Pengertian Biaya Total (Total Cost)

Pengertian biaya total adalah jumlah keseluruh biaya tetap dan biaya variabel yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan sejumlah produk dalam suatu periode tertentu.

Dapat pula didefinisikan bahwa biaya total yaitu keseluruhan biaya yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi sebuah output. Biaya total bersifat menyeluruh yang mencakup biaya tetap, biaya semivariabel maupun biaya variabel. Salah satu contoh dari biaya total adalah perusahaan melakukan pengkalkulasian total biaya produksi yang telah dikeluarkan. Dimana biaya produksi meliputi biaya bahan baku, biaya pemasaran, biaya administrasi dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Rumus Biaya Total

Berdasarkan pengertian tersebut rumus biaya total (total cost) yaitu sebagai berikut:

TC = FC + VC

Keterangan:

  • TC= biaya total (total cost)
  • FC= biaya tetap (fixed cost)
  • VC= biaya variabel (variable cost)
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah yang dimaksud dengan pengertian biaya total dan rumusnya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

    Buka Komentar
    Tutup Komentar