--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ciri ciri dan Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian ciri ciri dan contoh pasar persaingan tidak sempurna – Berdasarkan dari bentuk dan strukturnya pasar terdiri dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Untuk penjelasan pasar sempurna bisa kamu baca pada artikel: Pengertian Ciri ciri Kelebihan Kekurangan dan Contoh Pasar Persaingan Sempurna. Sedangkan untuk pengertian pasar persaingan tidak sempurna akan kami bahas dalam artikel ini. Sebelumnya sudah tahukah kamu apa itu pasar persaingan tidak sempurna? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud pasar persaingan tidak sempurna? Jika belum tahu atau mungkin sudah tahu dan ingin memahami lebih lanjut, maka kamu bisa membaca penjelasan tentang arti dari pasar persaingan tidak sempurna di sini. Di sini selain membahas definisi pasar persaingan tidak sempurna juga kami bahas tentang ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan contoh pasar persaingan tidak sempurna.

Pengertian Ciri ciri dan Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisir dengan baik, dimana dalam pasar tersebut hanya terdapat sedikit penjual namun jumlah pembelinya sangat banyak. Di dalam pasar persaingan tidak sempurna atau inperfect competition market ada beberapa panjual yang dominan sehingga bisa menguasai pasar, dan penjual tersebut bisa menentukan harga serta mengambil keuntungan yang lebih banyak.

Disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna karena timbul suatu ketidakadilan dalam pasar. Umumnya di pasar ini terdapat berbagai jenis barang/ jasa yang dijual (heterogen) tetapi dalam jumlah yang terbatas.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:

  • Hanya terdapat beberapa penjual, tetapi jumlah pembelinya sangatlah banyak.
  • Terdapat unsur monopoli di dalam pasar karena penjual dapat menentukan sendiri harga barang atau produk yang dijualnya.
  • Interaksi ekonomi (permintaan dan penawaran) kurang mempunyai peranan dalam penentuan harga.
  • Penjual atau produsen baru cenderung sulit untuk masuk ke dalam pasar, hal itu karena para pembeli biasanya lebih memilih belanja di tempat penjual yang sudah lama.
  • Beberapa penjual atau produsen lama cenderung bekerja sama untuk menjatuhkan produsen baru dan hal tersebut menimbulkan suatu ketidakadilan.
  • Terdapat berbagai jenis barang atau jasa tetapi sulit untuk memperoleh barang alternatif dengan fungsi yang sama.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Sebutkan contoh pasar persaingan tidak sempurna? Berikut ini adalah contoh pasar persaingan tidak sempurna dan penjelasannya.

1. Pasar Monopoli

Pasar monopili adalah sebuah pasar yang di dalamnya dikuasai oleh produsen besar yang bisa melayani permintaan dari seluruh konsumennya. Produsen besar tersebut biasanya tidak perlu melakukan sebuah promosi karena sudah dikenal oleh masyarakat. Dalam jenis pasar monopoli, produsen sudah menetapkan hak cipta dan hak eksklusif mengenai produknya. Hal itu tentunya membuat perusahaan lain sulit untuk berkembang karena tidak mampu membuat produk yang serupa. Perusahaan yang menjadi contoh pasar monopoli adalah PLN (Perusahaan Listrik Negara), Perusahaan Minyak Bumi dan Gas, PT Pertamina (persero), dan Telkom Indonesia.

2. Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat banyak produsen dengan produk yang serupa, tetapi semua produk tersebut mempunyai keunikan tersendiri. Produsen dalam pasar ini bisa keluar masuk dengan mudah sehingga membuat jumlah penjualnya menjadi tidak terbatas. Kesuksesan produsen dalam pasar ini ditentukan berdasarkan kemampuannya dalam melakukan inovasi, kreativitas dan promosi-promosi yang dilakukannya. Dalam penentuan harga produk biasanya didasari dari segi fungsi, kualitas, kemasan dana lain sebagainya. Hal itulah yang membuat harga barang dalam pasar monopolistik sangat beragam dan bukan menjadi penentu dalam peningkatan angka penjualan. Contoh pasar monopolistik adalah pasar pakaian, pasar perabotan rumah tangga, pasar makanan kemasan, pasar aneka minuman rasa, toko kelontong, apotek, jasa angkutan dan jasa salon.

3. Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar dimana didalamnya terdapat beberapa penjual atau produsen dan jumlah pembelinya yang banyak. Dalam pasar ini produk yang dijual bersifat homogen, meskipun penjualnya berbeda-beda. Persaingan yang terjadi dalam pasar oligopoli cukup ketat, hal itu dikarenakan angka penjualan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di pasar ini, biasanya penjual baru sulit untuk berkembang karena pembeli lebih cenderung memilih penjual yang lama. Contoh pasar Oligopoli adalah industri sabun, industri pasta gigi, industri rokok, industri baja, industri telekomunikasi, perusahaan semen serta perusahaan yang menjual mobil dan sepeda motor.

4. Pasar Monopsoni>

Pasar monopsoni adalah pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual, tetapi jumlah pembelinya sangatlah sedikit atau tunggal. Dalam pasar ini produk yang dijual mempunyai kualitas yang baik karena pedagang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik saupaya tidak kalah dalam bersaing. Dalam pasar monopsoni, pembeli sangat diuntungkan sebab bisa menentukan harga barang. Tetapi, tentunya penjual juga tetap berusaha untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Contoh pasar monopsoni adalah pasar sayuran yang berada di daerah terpencil biasanya akan kesulitan untuk menjual produknya ke tempat lain.

5. Pasar Oligopsoni

Pasar oligopsoni adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual dan beberapa pembeli. Di dalam pasar oligopsoni biasanya produk yang dijual berupa hasil alam atau bahan mentah. Biasanya konsumennya adalah para pedagang yang akan mengolah bahan mentah tersebut untuk selanjutnya dijual kembali. Di pasar ini harga barang cenderung lebih stabil dan lebih ditentukan oleh konsumennya. Tetapi, tentunya para produsen juga akan berusaha mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang pengertian ciri ciri dan contoh pasar persaingan tidak sempurna. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.