Skip to main content

Pengertian Ciri ciri Kelebihan Kekurangan dan Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian ciri ciri kelebihan kekurangan dan contoh pasar persaingan sempurna - Jenis jenis pasar menurut bentuk serta strukturnya dibagi menjadi 2 yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Yang akan kami bahas dalam pembahasan ini yaitu tentang apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna. Sedangkan untuk pasar persaingan tidak sempurna akan kami bahas di lain waktu. Nah apa itu pasar persaingan sempurna? Bisakah kamu menjelaskan definisi dari pasar persaingan sempurna? Jika belum tahu kamu di sini bisa menemukan jawaban tentang arti pasar persaingan sempurna. Selain membahas pengertian pasar persaingan sempurna secara umum di sini juga kami bahas tentang pengertian pasar persaingan sempurna menurut para ahli, ciri-ciri pasar persaingan sempurna, kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna, serta contoh pasar persaingan sempurna. Oke langsung saja simak penjelasannya tentang pengertian ciri ciri kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna serta contohnya berikut ini.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan jenis produk yang dijualnya serupa atau sama. Dalam pasar persaingan sempurna tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga sehingga harga pasar benar-benar merupakan hasil dari kesepakatan dan interaksi antara penawaran dengan permintaan.

Dalam hal ini penawaran bisa dikatkan mencerminkan keinginan konsumen sedangkan permintaan terbentuk dari keinginan konsumen. Struktur dalam pasar persaingan ini disebut paling sempurna dan ada sebuah jaminan dalam menjalankan proses produksi barang dan jasa sehingga menjadi lebih efisien dibanding dengan jenis pasar persaingan yang lain.

Umumnya pasar persaingan sempurna dibuka untuk mempertemukan banyak perusahaan yang menjual produk yang sama meskipun mempunyai kualitas yang berbeda akan tetapi harga jualnya disamakan sesuai yang telah ditentukan oleh pasar. Sebagai contoh perusahaan kecil yang jumlahnya banyak, di mana jenis produk yang dijualnya sama, misalnya beras, gandum, jagung, sayuran dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi pasar persaingan sempurna menurut para ahli.
  • Pengertian pasar persaingan sempurna menurut Sadono Sukirno, bahwa pasar persaingan sempurna adalah industri di mana ada banyak sekali penjual dan pembeli, dan masing-masing dari penjual dan pembeli tidak bisa saling mempengaruhi harga produk di pasar.
  • Pengertian pasar persaingan sempurna menurut Wilson Bangun, menyatakan pasar persaingan sempurna yaitu bentuk pasar yang paling tua di dunia. Pasar bentuk ini efektif digunakan di sebuah negara yang butuh kebebasan dalam bertransaksi bagi para pelaku ekonomi.
  • Pengertian pasar persaingan sempurna menurut Adiwarman A. Karim, bahwa pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual tidak bisa menentukan harga dan hanya dapat menjual dengan harga yang berlaku di pasar. Pasar persaingan sempurna dalam kondisi paling ekstrim yaitu pada saat penjual tidak bisa menentukan harga sama sekali.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
  • Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli.
  • Produk-produk homogen (sama).
  • Bebas keluar masuk pasar (kebebasan dalam membuka dan menutup usaha).
  • Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna.
  • Faktor-faktor produksi bergerak bebas.
  • Perpindahan sumber ekonomi cukup sempurna.
  • Tidak ada campur tangan pemerintah dalam penentuan harga pasar.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini kami jelaskan kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna:

1. Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan pasar persaingan sempurna adalah:
  • Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi karena produk yang dijual bersifat homogen.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
  • Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Harga barang maupun jasa yang dijual ditentukan oleh semua penjual dan pembeli secara bersama-sama dan pada umumnya harga cenderung stabil.
  • Penentuan harga yaitu berdasarkan dari transaksi tawar-menawar antara penjual dengan pembeli.
  • Dalam pasar persaingan sempurna para penjual tidak memerlukan iklan untuk melakukan promosi.
  • Penjual dan pembeli bebas melakukan transaksi. Pembeli bebas membeli barang mana saja yang mereka inginkan dan dari produsen mana saja yang ingin mereka beli.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Kelemahan pasar persaingan sempurna adalah
  • Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
  • Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah sama, sehingga membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  • Para pekerja cenderung menerima gaji atau upah yang rendah.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Salah satu contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual produk komoditi makanan pokok masyarakat, misalnya beras. Dalam pasar beras sudah memenuhi kriteria pasar persaingan sempurna karena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Penjual dan pembeli beras mengikuti harga beras sesuai dengan harga yang sudah ditentukan, sehingga tidak bisa menentukan harga sendiri.
  • Penentuan harga beras merupakan hasil kesepakatan dari tawar-menawar permintaan beras di masyarakat.
  • Walaupun ada beberapa jenis beras yang dijual, namun pasar komoditi beras relatif homogen. Umumnya harga masing-masing jenis beras sedikit berbeda.
  • Pada komoditi beras, produsen dan konsumen jumlahnya sama-sama banyak.

Dalam pasar komoditi beras terdapat campur tangan dari bulog, tetapi dalam hal penentuan harga biasanya stabil sesuai dengan permintaan dari masyarakat dan faktor yang lain. Dalam praktiknya, harga akan mengikuti hukum supply and demand, yakni harga akan mengalami kenaikan apabila permintaan naik, begitu pula sebaliknya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian ciri ciri kelebihan kekurangan dan contoh pasar persaingan sempurna. Semoga apa yang sudah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar